Pantai Celeng Tibo Surga Dunia Bagi Para Pemancing


Gunung Kidul terkenal dengan wisata pantainya yang eksotis. Pantai di sana pun variatif, ada yang berpasir putih, dan bertebing. Wisata pantai di gunung kidul selalu ramai pengunjung, baik di hari biasa maupun di hari libur. Pantai-pantai di Gunung Kidul memang menarik. Pantainya khas dengan pasirnya yang berwarna putih dipadu dengan biru air laut. Tebing-tebing pantai juga turut membuat pantai menjadi lebih eksotis.
Sebenarnya masih banyak pantai indah di Gunung Kidul yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Pantai Celeng Tibo adalah salah satu pantai tersebut. Mungkin nama Pantai Celeng Tibo masih terdengar asing. Pantai ini memang tidak setenar pantai di Gunung Kidul lainnya seperti, Pantai Baron, Indrayanti, Krakal, Sadranan, dll.
Bagi yang hobi mancing di laut, Pantai Celeng Tibo sudah tidak terdengar asing. Sebab, tempat ini salah satu tempat kesukaan para pemancing. Banyak ikan-ikan besar di Pantai Celeng Tibo
Lokasi Pantai Celeng Tibo
Pantai Celeng Tibo beralamat di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Masih satu lokasi dengan Pantai Kesirat yang waktu tempuhnya hanya sekitar 10 menit. Perjalanan dari Pantai Kesirat - Pantai Celeng Tibo atau sebaliknya hanya bisa dilakukan dengan jalan kaki.
Rute Perjalanan ke Pantai Celeng Tibo
Apabila anda pernah mengunjungi Pantai Kesirat, anda bisa melewati rute yang sama. Bagi yang belum pernah, rute menuju ke sana adalah Yogyakarta - Ring Road Ketandan - Jalan wonosari - Perempatan Sampaan - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Hutan Wanagama - Lapangan Terbang Gading - Arah kanan menuju Pasar Playen - Paliyan - Saptosari - Menuju arah Pantai Gesing/Pantai Kesirat - Girikarto - Desa Nglaos - Pertigaan pertama ambil arah ke kanan - Pantai Kesirat - Pantai Celeng Tibo.
Pengunjung tidak bisa membawa kendaraan parkir di Pantai Celeng Tibo. Kendaraan diparkir di area parkir Pantai Kesirat. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki. Wisatawan disarankan untuk waspada. Hindari untuk memakai alas kaki yang licin, sebab medan yang dilalui cukup curam.
Asal-Usul Nama Pantai Celeng Tibo
Dulu, masyarakat sekitar pantai sering berburu babi hutan (Bahasa Jawa: Celeng). Mereka berburu babi hutan dengan menggunakan alat menyerupai tombak. Babi hutan yang dikejar tak jarang yang jatuh ke laut, karena tidak menyadari ada tebing yang langsung menghadap ke laut. Dari kisah itulah, maka pantai tersebut dinamakan dengan pantai Celeng Tibo, yang artinya babi hutan jatuh.
Keistimewaan Pantai Celeng Tibo
Pantai Celeng Tibo tergolong pantai yang alamnya masih sangat alami. Keindahan alamnya yang menakjubkan dan eksotis. Pengunjung wajib mengunjungi pantai ini apabila sedang berlibur ke Gunung Kidul. Wisatawan nuga bisa sekalian mengunjungi pantai lainnya yang dekat dengan wisata ini. Misalnya, Pantai Kesirat dan Pantai Wohkudu. Kedua pantai tesebut tak kalah indahnya dengan Pantai Celeng Tibo.

Selain panoramanya, Pantai Celeng Tibo juga terkenal dengan spot mancingnya. Banyak ikan-ikan besar yang didapatkan oleh pemancing. Tak mengherankan jika Pantai Celeng Tibo menjadi surganya para pemancing. Pengunjung yang punya hobi memancing bisa membawa alat pancing sendiri apabila ingin mancing di sana.
Pantai Celeng Tibo merupakan tempat alternatif untuk rock fishing, jika Pantai Kesirat sudah penuh dengan pemancing. Tempat ini sangat disukai oleh para pemancing. Sudah banyak pemancing yang berhasil mendapatkan ikan-ikan besar di sana.
Fasilitas di Pantai Celeng Tibo
Wisatawan yang datang ke pantai ini masih belum banyak. Kebanyakan yang datang adalah para pemancing. Belum banyak yang mengenal Pantai Celeng Tibo. Pantai ini juga belum masuk ke dalam daftar wisata di Gunung Kidul. Oleh karena itu, fasilitas di sana belum ada. Hanya terdapat spot memancing dan tempat istirahat para pemancing.
Tips Berkunjung ke Pantai Celeng Tibo
Sedikit bagi anda yang ingin ke pantai ini. Jalan menuju pantai Celeng Tibo ini cukup terjal dan curam. Pastikan kondisi badan anda fit dan sehat. Jangan lupa membawa perbekalan dari rumah. Sebaiknya jangan pergi ke sana saat hujan. 


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA