Melihat Ornamen Bebatuan Indah di Goa Kidang Kencana



Yogyakarta mempunyai banyak wisata yang bermacam-macam. Ada wisata budaya, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata religi, wisata alam, dan lain-lain. Dengan banyaknya pilihan wisata yang ada, orang-orang menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi tempat liburan favorit. Siapa saja yang pernah ke Yogya pasti ingin ke sana lagi.

Agak jauh dari pusat kota Yogya, tepatnya di daerah Kulon Progo terdapat wisata goa yang bisa menjadi tujuan wisata anda. Goa Kidang Kencana, begitu orang-orang sekitar goa menamainya. Lokasi Goa Kidang Kencana terletak di Dusun Sabrangkidul, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kalau perjalanan ditempuh dari Kota Jogja, waktu yang akan diperlukan adalah sekitar satu jam. Jarak dari Kota Yogya kira-kira 33 kilometer.

Goa Kidang Kencana letaknya ada di pegunungan Menoreh yang ada di bagian Kabupaten Kulon Progo. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung akan melewati jalan yang menanjak. Dikarenakan tempat wisata goa ini agak terpencil, belum ada penunjuk jalan. Maka hal yang sebaiknya dilakukan adalah bertanya mengenai letak lokasi kepada warga atau penduduk sekitar.

Keistimewaan Goa Kidang Kencana

Buat anda yang suka berpetualang, mengunjungi Goa Kidang Kencana ada keharusan. Tempat ini memang cocok untuk berpetualang. Goa Kidang Kencana memiliki lorong dengan panjang mencapai 350 meter. Apabila terus ditelusuri sampai dalam, maka nanti akan sampai di Goa Kiskendo. Di dalam goa juga terdapat sungai bawah air yang eksotis.
Goa ini mempunyai pintu masuk berdiameter sekitar 2 meter. Sebelum menjelajah goa, pengunjung akan diberi arahan oleh pemandu. Pemandu juga akan meminjamkan helm, senter, sepatu karet, dan rompi. Perlengkapan keselamatan tersebut wajib digunakan saat akan memasuki goa.


Keadaan di dalam goa gelap, dingin, dan lembab. Karena memang tidak ada sinar matahari yang masuk ke dalam goa. Dengan berbekal senter, pengunjung menyusuri setiap lorong goa. Suara kelelawar yang bergelantungan di langit-langit goa akan menyambut kedatangan dari wisatawan.

Meskipun suasana di dalam goa gelap sunyi, dan mencekam, namun pengunjung akan melihat keeksotisan batuan stalaktit dan stalakmit. Batuan-batuan tersebut sangat indah dan ukirannya tidak bisa disamai oleh buatan manusia. Dinding-dinding gua masih bersih belum ada coretan-coretan tangan jahil manusia. Goa Kidang Kencana memang masing perawan, sehingga keadaannya masih asri dan alami.

Pengunjung akan disuguhi dengan ornamen-ornamen indah yang ada di dalam goa. Orneman indah tersebut dinamakan Ringin Kurung. Ornamen bernama Ringin Kurung ini merupakan batuan kapur yang cukup besar, bentuknya menyerupai pohon beringin.
Di dalam Goa juga ada semacam tiang hasil bentukan dari pertemuan batuan stalagktit dan stalakmit. Kedua batu tersebut menyatu  dan menghasilkan bentuk menyerupai tiang. Tiang ini dinamakan Soko Bentet. Ada batu lainnya yang menyerupai Candi Sewu, Bulus, Pancoran, Bungkus Angkrem, dan Langit Kuntoro.

Saat menyusuri goa, wisatawan diharapkan berhati-hati. Beberapa jalur di lorong goa ada yang sempit, jadi wisatawan musti berjalan jongkok. Belum lagi batuan di dalam goa yang menjadi pijakan kaki kondisinya licin. Pengunjung harus ekstra hati-hati dan mengikuti petunjuk yang telah diarahkan oleh pemandu.

Fasilitas di Obyek Wisata Goa Kidang Kencana

Fasilitas di obyek wisata Goa Kidang Kencana bisa dikatakan masih kurang lengkap. Di sana masih belum ada toilet umum, warung makan, dan area parkir. Untuk memarkirkan kendaraannya, pengunjung menggunakan halaman rumah warga sekitar.

Meski fasilitas pengunjung belum lengkap, di sisi lain jalan menuju Goa Kidang Kencana sudah bagus. Perlengkapan untuk susur goa yang disewakan oleh pemandu juga sudah lengkap. Untuk keselamatan, pengunjung tidak perlu khawatir. Sebelum masuk goa pengunjung dibekali dengan  peralatan keselamatan yang lengkap.

Rute Menuju Goa Kidang Kencana

Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps di smartphone untuk mengetahui rute menuju ke sana. Tinggal mengetik "Goa Kidang Kencana" nanti akan muncul rutenya.

Biaya Masuk Wisata Goa Kencana

Pengunjung hanya akan dikenakan biaya masuk goa seikhlasnya saja. Sebelum memasuki goa, disarankan agar pengunjung menggunakan jasa pemandu. Wisatawan cukup membayar biaya Rp. 25.000 per orang untuk menggunakan jasa pemandu. Biaya tersebut sudah termasuk untuk menyewa helm, rompi, sepatu karet dan senter.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA