Embung Batur, Wisata Baru dan Menarik di Kulon Progo Jogja Yogyakarta



Kabupaten kulon progo menjadi salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menawarkan banyak sekali objek wisata menarik. Saat ini semakin banyak objek wisata baru yang bisa dibangun demi untuk menarik para wisatawan. Pembangunan objek wisata di kabupaten kulon progo sebenarnya ada juga yang bukan hanya bertujuan untuk menarik wisatawan saja namun juga untuk keperluan lain. Contohnya adalah pembangunan waduk atau embung.

Embung biasanya dibangun untuk menampung air yang nantinya air dapat dipergunakan untuk mengairi lahan pertanian yang ada di sekitarnya. Namun karena embung dibangun dengan konsep yang baik dan cantik maka kebanyakan embung saat ini juga menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Salah satu embung di kabupaten kulon Progo yang cukup menarik adalah embung batur yang berlokasi di daerah pengasih.

Embung yang satu ini banyak dijadikan sebagai objek wisata pilihan dari masyarakat local. Apabila anda berkunjung ke kabupaten yang satu ini maka bisa mencoba untuk mengunjungi objek wisata yang murah meriah tersebut. di embung batur ini, anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang terlihat cantik. selain itu juga bisa menikmati air pemandangan embung yang cukup luas.

Pemandangan yang hijau

Hal yang membuat embung batur ini cukup menarik untuk dikunjungi adalah pemandangan alam sekitarnya yang masih sangat alami dan hijau. Anda yang ingin merasakan suasana alam yang masih alami dengan udara yang segar maka embung batur bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain anda bisa merasakan suasana alam sekitar yang begitu alami, anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti bersantai, piknik dan lain sebagainya.

Saat ini embung batur debit airnya tidak terlalu banyak. Namun pada saat musim penghujan maka embung akan kembali terisi air sehingga akan terlihat kembali menarik. Embung yang berlokasi desa karang sari ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam hal pertanian. Apabila masa tanam dan  kondisi air kurang maka air dari embung batur ini akan sangat berguna untuk mencukupi kebutuhan air. Pada saat pembangunan, embung ini diklaim mampu menyediakan air untuk sekitar 25 hektar lahan pertanian. Jadi memang pembangunan embung ini sangat diperhitungkan oleh pemerintah. Ukuran dari embung juga lumayan luas sehingga cukup untuk menampung banyak air.


Sumber air untuk mengisi embung Batur ini adalah berasal dari air hujan. Apabila musim kemarau panjang air yang ada di dalam embung juga tidak terlalu banyak atau bahkan bisa saja mengering. Pada saat sore hari ada banyak pengunjung atau wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan alam yang ada di embung. Pembangunan embung biasanya ditempatkan pada daerah perbukitan sehingga bisa terlihat pemandangan alam sekitar yang luas dari atas ketinggian.

Pengunjung bisa menyaksikan panorama alam dan bahkan pemandangan dari matahari terbenam dan terbit dari embung tersebut. Biasanya pengunjung yang datang adalah dari warga sekitar saja namun banyak juga yang berasal dari luar daerah.

Harga tiket

Untuk melihat dan menikmati pemandangan alam yang ada di embung tersebut maka anda bisa datang langsung ke pengasih Kulon progo. Anda tidak harus membayar mahal untuk melihat pemandangan yang ada disana karena hanya akan dikenakan tiket parkir saja.

Fasilitas yang ada

Di embung ini anda mungkin saja tidak akan menemukan banyak fasilitas seperti di objek wisata terkenal di Jogja karena memang embung ini masih dalam proses pengembangan. Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah tempat duduk, toilet dan juga penjual makanan kecil.

Apabila anda merasa belum puas ketika mengunjungi embung Batur di Kabupaten Kulon progo ini anda bisa mencoba untuk mengunjungi objek wisata lain yang lokasinya tidak terlalu jauh dari embung tersebut. beberapa objek wisata lain yang cukup terkenal di Kulon progo dan mampu untuk memuaskan liburan anda diantaranya seperti kali biru, waduk sermo, pantai glagah, pantai congot dan lain sebagainya.

Mengunjungi kabupaten kulon progo bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan karena ada banyak objek wisata menarik dan tentunya terjangkau. Jadi tunggu apalagi, langsung saja rencanakan liburan anda ke Yogyakarta dan jangan lewatkan berkunjung di kabupaten Kulon progo. Selamat berlibur.

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA