Desa Wisata Tinalah, Desa yang Menyimpan Jejak Sejarah dan Eksotisme Alam Kulon Progo



Kabupaten Kulon Progo memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang wajib anda kunjungi saat di Kulon Progo adalah Desa Wisata Tinalah. Desa Wisata Tinalah berlokasi di Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Desa wisata selalu ramai akan pengunjung yang datang pada hari-hari biasa maupun hari libur. Desa wisata ini memang tempat yang cocok untuk berekreasi. Desa wisata memberikan sensasi serta aktivitas yang berbeda dengan aktivitas sehari-hari.

Desa wisata Tinalah di Samigaluh, Kulon Progo menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Pesona keindahan alam khas Pegunungan Menoreh membuat pengunjung makin betah saat berada di Desa Wisata Tinalah.

Dengan berbagai macam daya tarik, Desa Wisata Tinalah menjadi tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan anda. Di desa wisata ini, pengunjung bisa belajar banyak hal, seperti menyusuri Sungai Tinalah, kegiatan outbond yang edukatif, tracking bukit, dan masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan.

Desa wisata Tinalah menjadi magnet bagi orang-orang yang ingin berwisata. Tak hanya orang yang rumahnya dekat-dekat sekitar lokasi saja yang berkunjung. Banyak rombongan-rombongan dari luar daerah yang sengaja mengunjungi Desa wisata Tinalah untuk merasakan sensasi kehidupan desa ala Desa Wisata Tinalah.

Daya Tarik Desa Wisata Tinalah

Mungkin bagi anda yang belum pernah mengunjungi Desa Wisata Tinalah pasti bertanya-tanya, ada apa sih di Desa Wisata Tinalah? Berikut ini adalah ulasan beberapa daya tarik yang disuguhkan oleh Desa Wisata (Dewi) Tinalah.

Keindahan alam merupakan daya tarik utama dari Desa Wisata Tinalah. Di desa ini terdapat aliran Sungai Tinalah. Sungai tersebut kian menambah eksotisme panorama yang disuguhkan oleh Desa Wisata Tinalah.

Pemandangan lainnya adalah deretan perbukitan Menoreh yang hijau serta area persawahan yang luas. Perpaduan yang sangat indah antara perbukitan hijau, persawahan serta sungai yang mengalir jauh. Pengunjung layak mendapatkan sambutan pemandangan yang sangat istimewa ini.

Di dekat Desa Wisata Tinalah juga ada wisata alam yang tak kalah bagus. Nama wisata alam tersebut adalah Goa Sriti. Goa Sriti memiliki kedalaman 70 meter. Wisata Goa Sriti memang sudah terkenal jauh sebelum ada Desa Wisata Tinalah. Desa Wisata Tinalah dirintis memang berbekal dari potensi wisata Goa Sriti.

Sejak dirintis tahun 2013, Desa Wisata Tinalah terus berbenah untuk menjadi desa wisata andalan di Samigaluh. Fasilitas-fasilitas mulai dibangun dan diperlengkap oleh pihak pengelola. Di sana sudah terdapat area camping ground, dua buah bangunan pendhopo, kamar mandi, mushola, permainan outbond, dan tenda.

Pengunjung kebanyakan adalah rombongan mahasiswa, pelajar, dan instansi. Kegiatan yang bisa dilakukan di Desa Wisata Tinalah memang seru dan tidak membosankan. Anda bisa mengikuti kegiatan menyusuri Sungai Tinalah, tracking bukit, dan lain-lain.

Kawasan Desa Wisata Tinalah juga menjadi saksi bisu perjuangan Pangeran Diponegoro ketika melawan penjajah. Di desa ini Pangeran Diponegoro bersama pengikutnya mengatur strategi melawan penjajah Belanda. Bukit Talun Miri yang saat ini merupakan area camping ground, dulu digunakan oleh Pangeran Diponegoro latihan berkuda.

Jadi, pengunjung Desa wisata Tinalah selain bisa menikmati alam pedesaan, sekaligus juga napak tilas perjuangan Pangeran Diponegoro. Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya mengenang dan menghormati pahlawan perjuang Kemerdekaan Indonesia.

Fasilitas-Fasilitas di Desa Wisata Tinalah

Sebagai salah satu potensi wisata andalan Samigaluh, bisa dikatakan Desa Wisata Tinalah sudah memiliki fasilitas dan sarana-prasarana yang cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas yang tersedia di sana antara lain, tempat parkir kendaraan, mushola, toilet/kamar mandi, tempat istirahat, pendhopo, camping ground, gardu pandang, permainan outbond, dan sebagainya.


Rute Menuju Desa Wisata Tinalah

Perjalanan dari pusat Kota Jogja kira-kira memakan waktu 1,5 jam. Dari Jogja, anda langsung saja menuju Jalan Godean. Kendarai kendaraan anda sepanjang Jalan Godean lurus ke Barat. Setelah melewati jembatan Sungai Progo, anda akan sampai di perempatan Kenteng Nanggulan. Ambil jalan ke kanan, menuju arah utara, nanti akan sampai di perempatan Dekso Kalibawang.

Setelah itu, ambil kiri menuju ke barat arah Samigaluh. Nanti anda akan menemukan plang nama Desa Wisata Tinalah. Cara lain yang lebih mudah dan simpel adalah dengan menggunakan aplikasi Google Maps. Itulah ulasan mengenai Desa Wisata Tinalah. Semoga bisa menjadi referensi liburan anda.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA