Berwisata Sambil Belajar di Desa wisata Kembang Arum Turi Sleman Jogja Yogyakarta


Kabupaten Sleman memiliki potensi wisata yang luar biasa. Beberapa tahun belakangan banyak bermunculan desa wisata yang menyuguhkan wisata alam, edukasi, dan budaya dalam satu paket. Di wilayah Sleman terdapat sejumlah desa wisata yang menjadi tempat tujuan wisata favorit di Jogja. 

Salah satu Desa Wisata di Sleman yang bisa menjadi tempat menyenangkan untuk menghabiskan masa liburan adalah Desa Wisata Kembang Arum. Desa Wisata Kembang Arum merupakan tempat wisata edukasi yang tidak membosankan. Anak-anak yang berkunjung bisa sekaligus belajar dan bermain.

Lokasi Desa Wisata Kembang Arum
Objek wisata edukasi ini terletak di Kelurahan Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan desa wisata ini mempunyai lahan seluas 22 ha. Terdiri dari 2 RT dengan 65 kepala keluarga dan jumlah penduduknya kurang lebih 269 jiwa. 

Rute Menuju Lokasi
Rute menuju Desa Wisata Kembang Arum sangat mudah. Dari Kota Jogja anda tinggal menuju ke arah barat atau jalan KH Ahmad Dahlan. Sampai diperempatan, arahkan kendaraan menuju jalan Letjen. Suprapto ke arah utara. Sesampainya di Jalan Tentara Rakyat Mataram, ada bundaran kemudian ambil jalan keluar menuju jalan Tentara Pelajar.
 Kemudian lurus terus mengikuti Jalan Magelang. Ada bundaran ambil jalan keluar kedua menuju Jalan Magelang-Yogyakarta. Lurus terus sampai di pertigaan ke arah timur menuju jalan Turi KM. 1. Jalan lurus terus menuju jalan Sleman-Turi. Ikuti terus jalan ini hingga tiba di Desa Wisata Kembang Arum. Perjalanan dari Kota Jogja ke Desa Wisata Kembang Arum sekitar 19 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 40 menit.  



Fasilitas
Fasilitas untuk pengunjung sudah lengkap di desa wisata ini. Sekarang desa ini memiliki sekitar 55 rumah penginapan, 3 gazebo, dan 1 rumah sawah. Desa wisata ini juga biasa digunakan untuk tempat pertemuan dan acara kesenian. Pertunjukan kesenian biasa digelar di panggung kesenian yang berdiri di desa ini. 

Sedangkan untuk pertemuan seperti acara rapat, acara pernikahan, meeting, atau reuni mengambil tempat di rumah joglo. Fasilitas Desa wisata kembang Arum semakin bagus dengan adanya gubug-gubug kecil dan artshop. Sarana dan prasarana terus diperlengkap dan diperbagus supaya minat wisatawan untuk berkunjung semakin meningkat.

Desa wisata Kembang Arum juga merupakan tempat outbond yang mengasyikkan terutama bagi anak-anak. Ada banya kegiatan yang tidak membosankan. Melalui kegiatan outbond yang seru dan edukatif, anank-anak bisa semakin terklatih softskill dan kemampuan otak kanan-kirinya.

Melalui kegiatan outbond yang seru dan edukatif, anak-anak bisa mengenali karakter dan kepribadian mereka, serta dapat membangkitkan motivasi. Di dalam kegiatan outbond juga terdapat permainan tradisional, di antaranya dakon, enggrang, engklek, gobag sodor, dan masih banyak lainnya. Anak-anak pun akan mengenal permainan tradisional yang sudah sangat jarang dimainkan.


Biaya Masuk
Tiket masuk ke Desa Wisata Kembang Arum saat ini gratis alias tidak dikenakan biaya sepeser pun. Pengunjung hanya dikenai biaya parkir. Biaya parkir sepeda motor sebesar Rp. 2.000. Biaya parkir untuk mobil sebesar Rp. 5.000. 

Permainan di sana rata-rata mempunyai tarif Rp. 15.000 per orang. Dengan jumlah uang tersebut anda akan memiliki pengalaman permainan yang seru dan mengasyikkan. Permainan dan perlombaan yang bisa diikuti antara lain, balap bakiak, enggrang, tarik tambang di lumpur, bambu keseimbangan, bambu pancuran, gebuk bantal, sepakbola lumpur, basket lumpur, dll.

Lomba lainnya yang tak kalah seru adalah lomba mencari ikan. Setiap orang dikenai biaya Rp. 20.000 bila ingin lomba mencari ikan. Sedangakan kalau ingin mencoba flying fox, per orang akan dikenai biaya sebesar Rp 25.000  

Tersedia paket wisata lengkap di Desa Wisata Kembang Arum. Tempat ini cocok untuk tempat wisata sekolah. Banyak kegiatan yang bisa dijadikan pembelajaran sekaligus sambil berwisata. 

Setiap paket yang ditawarkan tergantung dengan usia peserta, begitu juga permainannya juga ditentukan dengan tingkat usia. Jenis tingkat tantangan yang ada di setiap jenis paket juga berbeda. Misalnya, paket dewasa sesuai untuk peserta dari organisasi, kantor, atau pun perusahaan.
   
Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA