Bermain Ombak di Pantai Nampu, Perbatasan Gunung Kidul Jogja Yogyakarta dan Wonogiri


Pantai Nampu terletak di perbatasan antara Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Wonogiri di Jawa Tengah. Pantai indah ini beralamat di Dusun Gringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah.

Pantai ini dekat dengan Pantai Wediombo, Gunung Kidul. Kalau dari Kota Jogja, Anda bisa menggunakan rute yang sama dengan Pantai Wediombo ketika akan mengunjungi Pantai Nampu. 

Pantai ini menyuguhkan panorama dan suasana pantai yang sangat eksotis. Apalagi pantai ini belum terlalu padat pengunjung. Jadi pengunjung bisa semakin leluasa menikmati keindahan alam dari Pantai Nampu. Serasa pantai tersebut adalah milik anda sendiri.

Berikut adalah beberapa hal mengapa anda harus mengunjungi Pantai Nampu yang terkendal akan keindahan alam dan pasir pantainya yang putih.

Pemandangan Alam yang Indah
Pantai Nampu memiliki pemandangan yang sangat indah. Sama halnya dengan pantai-pantai di wilayah pesisir selatan Gunungkidul dan sekitarnya. Pengunjung sudah disuguhi dengan panorama pantai Nampu yang mempesona meski baru sampai di area parkir kendaraan.



Berada di Ketinggian
Pantai Nampu memiliki tempat yang berada di ketinggian, sedangkan bibir pantainya landai. Wisatawan bisa melihat pantai dari ketinggian. Dari ketinggian tersebut, wisatawan bisa melihat pemandangan alam yang luas dan indah. Wisatawan yang datang pasti akan segera berlarian ke arah pantai. Bibir pantai diselimuti oleh pasir putih yang sangat menawan.

Pantai Nampu adalah Tempat Bermain yang Asyik
Pantai memang menjadi salah satu tempat bermain yang asyik dan seru. Di pantai Nampu wisatawan bisa berlari-lari, main bola di sepanjang bibir pantai. Bahkan pengunjung bisa berenang dan menceburkan diri ke laut, bermain-main dengan ombak. Pantai Nampu cukup aman bagi pengunjung, sebab kawasan tersebut landai.

Pengunjung memang diperbolehkan bermain di laut, meskipun harus hati-hati. Ombak di Pantai Nampu cukup besar. Pengunjung boleh main ke laut, tapi tidak diperbolehkan berenang sampai jauh ke tengah. Banyak batu karang yang tajam dan membahayakan di laut.

Puluhan Anak Tangga yang Menarik 
Terdapat puluhan anak tangga yang menarik di sana. Puluhan anak tangga ini akan menyambut kedatangan anda. Tepat setelah memarkir kendaraan anda, anda akan menuruni puluhan anak tangga tersebut. Anaka tangga tersebut terbentang samapi pantai. 

Pemerintah daerah membangun tangga tersebut pada tahun 2002. Tangga tersebut sengaja dibangun oleh pemerintah daerah setempat sebagai sarana menuju pantai. Wisatawan harus terlebih dahulu menuruni tangga tersebut untuk sampai ke pantai. Meskipun saat menuruni tangga cukup membuat pengunjung kelelahan, namun rasa capek seketika akan hilang setelah menginjak pasir putih halus di bibir pantai Nampu. 



Batu Karang yang Indah
Pantai nampu memiliki bebatuan karng yang sangat indah. Batu karang bisa dilihat saat air laut sedang surut. Pengunjung bisa melihat dan memegang batuan karang tersebut. Biasanya para wisatawan juga mencari ikan-ikan kecil dan warna-warniyang ada di sisa genangan air laut di antara sela-sela batuan karang. 

Menyaksikan Penduduk Menangkap Cumi-cumi
Ketika air laut sedang surut, banyak penduduk sekitar yang menangkap cumi-cumi di genangan air laut. Mereka mengangkap cumi-cumi bukan untuk dijual namun untuk konsumsi sendiri. Pantai Nampu sendiri merupakan pantai yang cukup banyak dengan cumi-cuminya.

Es Degan Khas Pantai Nampu
Terakhir yang membuat anda harus wajib ke Pantai Nampu adalah meniukmati es degan yang menyegarkan. Di sana ada penjual es degan yang bisa dibeli oleh para pengunjung pantai. Sambil menikmati es degan segar , wisatawan bisa menikmati suasana pantai sambil berteduh. Di pinggir pantai.

Tak hanya es degan saja yang dijual di sana tetapi ada juga menu makanan lainnya. Sungguh momen yang mengasyikkan, berteduh menikmati suasana pantai dengan menyantap makanan dan minum segarnya es degan ala Pantai Nampu. 

Melihat Indahnya Sunset di Sore Hari
Menikmati es degan kurang lengkap rasanya kalau tidak dibarengi dengan melihat keindahan fenomena matahari terbenam. Banyak pengunjung belum pulang sebelum menyasikkan sunset di Pantai Nampu. Di Pantai Nampu juga biasanya banyak yang camping. Mereka mendirikan tenda di area yang memang untuk camping. Bagi yang bermalam di sana, paginya mereka punya kesempatan untuk melihat sunrise.

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA