Air Terjun Goa Kebon, Wisata Tersembunyi di Kulon Progo Nan Asri


Di Kulon Progo terdapat wisata air terjun yang masih adem dan asri suasananya. Air terjun Goa Kebon adalah nama dari air terjun tersebut. Air terjun Goa Kebon letaknya di Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo.

 Air terjun ini juga biasa dengan sebutan Wisata Goa Kebon. Lingkungan alam di sekitar wisata Goa Kebun masih sangat asri dan sejuk. Hal ini dikarenakan lingkungan di sekitar wisata air terjun dipenuhi dengan berbagai macam pepohonan yang hijau dan rimbun.

Air terjun ini dinamakan Air Terjun Goa Kebon sebab di bagian tengah air terjun terdapat sebuah lubang. Lubang tersebut adalah semacam pintu masuk menuju ke dalam goa.

Pengunjung akan dibuat kagum dengan airnya yang sangat jernih dan segar. Berasal dari air pegunungan yang masih alami. Belum tercemar dengan zat-zat kimia.

Meskipun kondisi air terjun jernih, tapi aliran sungai di sana mengandung kadar kapur yang cukup tinggi. Bisa pengunjung lihat pada dinding air terjun, terdapat endapan-endapan kapur. Air yang mengandung kadar kapur yang cukup tinggi tidak layak dikonsumsi.

Masyarakat sekitar air terjun Goa Kebon sayangnya masih mengkonsumsi air tersebut untuk keperluan sehari-hari. Mereka memakainya untuk mencuci pakaian dan MCK. Para warga sekitar harus diberitahu agar berhenti menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Di samping mengkonsumsi air tersebut berbahaya juga akan mengganggu aktivitas pariwisata di kawasan wisata Air Terjun Goa Kebon.


Pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan air terjun yang jatuh perlahan menuruni dinding goa. Air terjun semakin dipercantik dengan dinding air terjun yang terlihat seperti berlapis-lapis. Pengunjung juga bisa menuruni bagian bawah air terjun dan di sepanjang aliran sungai di sekitar air terjun.

Air terjun ini cukup spesial dan misterius. Seperti namanya, air terjun Goa Kebon memiliki lubang pada bagian tengahnya. Lubang tersebut adalah mulut atau pintu masuk dari goa yang ada di belakang air terjun. Lubang goa tersebut sebagian tertutup oleh tirai batu.

Tirai batu yang menutupi goa terbentuk dari pengendapan air kapur yang terus-menerus dan berlangsung dalam waktu sangat lama. Ruangan goa yang ada di balik air terjun itu memiliki ruangan yang cukup luas dan tinggi. Ruangan goa tersebut memiliki ketinggian sekitar 3-5 meter.

Bagian dalam goa dihiasi oleh batuan stalaktit dan stalakmit yang indah. Batuan stalagtit tumbuh memanjang dari langit-langit goa hingga mencapai dasar goa. Batuan stalaktit tersebut kemudian bertemu dengan batuan stalagmit. Kedua batu yang saling bertemu tersebut kemudian membentuk batu seperti tiang penyangga.

Di bagian ujung goa terdapat rongga seukuran tubuh manusia. Rongga ini menuju ke bagian goa yang lebih dalam. Sampai saat ini tidak diketahui berapa panjang kedalaman goa kebon. Apakah bisa dilalui manusia atau tidak. Semuanya masih menyimpan misteri. Menurut beberapa sumber, goa ini pernah digunakan oleh warga sekitar untuk mencari sarang kelelawar. Namun belum diketahui apakah warga masuk hingga dalam atau tidak.

Lokasi Air Terjun Goa Kebon terletak di sebelah timur tenggara Kota Wates. Dari arah Yogyakarta anda bisa menyusuri Jalan Wates hingga sampai di Tugu Pensil, Kecamatan Sentolo. Kemudian setelah berada di Tugu Pensil (simpang tiga Kenteng Sentolo) ambil jalan ke arah selatan. Setelah itu belok ke kanan (barat).

Letak Air Terjun Goa Kebon cukup tersembunyi, belum ada papan penunjuk menuju lokasi. Oleh sebab itu, pengunjung harus bertanya kepada warga. Semua warga disekitar sana pasti akan menunjukkan jalan ke arah Goa Kebon. Asalkan dengan menyebut nama desa lokasi wisata tersebut, yaitu Desa Krembangan. Jalan menuju lokasi bisa dilalui kendaraan roda empat. Meskipun sebagian jalanan menuju lokasi agak rusak.

Fasilitas di wisata Air Terjun Goa Kebon masih minim. Pengunjung sebaiknya menyiapkan perbekalan seperti makanan, minuman, sebelum berwisata di air terjun Goa Kebon. Meskipun lokasinya tersembunyi dan fasilitasnya belum lengkap, tapi tempat ini bisa menjadi referensi kunjungan wisata anda di Kulon Progo. Air terjun Goa Kebon benar-benar menyuguhkan suasana yang asri dan syahdu. Cocok untuk refreshing dan berburu foto-foto yang instagrammable.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA