Unik! 4 Destinasi Wisata dalam 1 Lokasi: Curug Glimpang, Kedung Ratmi, Kedung Bendo, dan Curug Gandu



Kulon Progo, salah satu daerah yang ada di Yogyakarta menyimpan banyak potensi wisata alam yang belum diketahui. Tapi saat ini, sudah banyak wisata alam di kabupaten Kulon Progo yang sudah diperhatikan oleh pemerintah daerah. Salah satu daerah di Kulon Progo yang memiliki potensi wisata alam yaitu Girimulyo. Kecamatan Girimulyo merupakan daerah di Pegunungan Menoreh. Tak pelak wisata di sana masih sangat asri dan alami.

Beberapa destinasi wisata yang cukup terkenal di Girimulyo di antaranya, Kedung Pedut, Taman Kali Mudal, Grojogan Sewu, Goa Kiskendo, Air Terjun Kembang Soka  dan lain-lain. Yang terunik, anda bisa mengunjungi 4 destinasi wisata menakjubkan di mana keempatnya masih berada dalam satu tempat yang sama. Keempat tempat wisata yang harus anda kunjungi tersebut yaitu: Curug Glimpang, Kedung Ratmi, Kedung Bendo, dan Curug Gandu.

Rute Perjalanan
4 wisata alam tersebut terletak tepatnya Prangkokan, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Perjalanan dari pusat kota Jogja kurang lebih memakan waktu sekitar 1,5 jam. Anda bisa mengambil Jalan Godean lurus ke barat sampai akhirnya menyebrangi Sungai Progo. Setelah menyebrangi jembatan di atas Kali Progo, ada perempatan Kenteng (termasuk Kecamatan Nanggulan). Setelah itu lanjutkan perjalanan lurus ke arah barat menuju wilayah Kecamatan Girimulyo.

Perjalanan akan ke barat medannya lumayan naik dan terjal, perlu kewaspadaan dan kehatian-hatian. Jika sudah sampai di pasar yang bernama Pasar Jonggrangan, ambil arah kanan dengan penunjuk arah menuju Goa Kidang Kencana. Sesaat kemudian anda akan sampai di SD Tegalsari, selanjutnya ambil kanan. Anda akan menemukan PAUD dusun Prangkokan. Parkirkan kendaraan anda di halaman PAUD tersebut. Untuk selanjutnya, perjalanan menuju Curug Glimpang sebagai tempat pertama dimulai.

Keunikan Curug Glimpang
Curug ini memiliki keunikan, dilihat dari namanya “Glimpang” yang dalam bahasa Jawa artinya tumpah/jatuh karena posisi miring. Dinamakan Glimpang karena memang Curug ini posisinya miring, airnya seperti tumpah. Untuk menuju lokasi, aksesnya tidak begitu sulit karena oleh warga sekitar sudah dibuatkan anak tangga.

Di sini anda bisa menikmati derasnya air terjun curug yang seperti tumpah dari atas. Dengan alam sekitar yang masih alami membuat anda benar-benar merasa fresh. Sangat cocok bagi anda untuk menghilangkan kepenatan aktivitas sehari-hari yang kadang membosankan.

Setelah puas menikmati keasrian alam Curug Glimpang, jangan langsung pulang dulu ya. Karena tidak jauh dari curug tersebut masih terdapat 3 wisata yang siap menyambut anda dengan keindahannya.


Yang Akan Anda Temukan di Kedung Ratmi
Kedung Ratmi letaknya tidak jauh dari Curug Glimpang. Letaknya berada di sebelah bawah dari Curug Glimpang. Jika anda belum tahu jalan menuju ke arah sana, anda bisa meminta bantuan warga setempat. Warga desa di sana ramah-ramah sekali, sehingga tidak akan keberatan untuk memandu anda menuju ke Kedung Ratmi. Dari curug Glimpang, jarak yang ditempuh untuk sampai di Kedung Ratmi kira-kira 10 menit.

Di Kedung Ratmi anda akan menjumpai grojogan atau air terjun yang tidak begitu tinggi. Meskipun tidak begitu tinggi, tetapi aliran airnya cukup deras. Kedung Ratmi merupakan sebuah kedung atau kolam besar yang berasal dari aliran sungai. Kedung ini cukup luas dan dalam, sehingga anda bisa mencoba untuk berenang dan mandi di sini. Dijamin anda akan merasakan kesegaran yang tiada tara saat nyebur dan mandi di kedung ratmi.

Kedung Bendo
Kedung Bendo letak di bawah Kedung Ratmi. Untuk sampai ke lokasi anda harus melalui jalan setapak dan menyibak semak-semak pepohonan. Perjalanan sekitar 5 menit kedung Ratmi. Sama seperti Kedung Ratmi, Kedung bendo ini memiliki air yang jernih dan segar untuk mandi.

Curug Gandu
Spot yang terakhir dari rangkaian 4 destinasi wisata adalah Curug Gandu. Curug Gandu merupakan air terjun atau curug yang tidak kalah menarik dengan curug glimpang. Dari Kedung Bendo waktu yang ditempuh untuk menuju Curug Gandu sekitar 15 menit.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA