Piknik ke Pantai Butuh, Pantai Pasir Putih yang Harus Anda Kunjungi di Gunung Kidul



Sepertinya Kabupaten Gunung Kidul selalu mempunyai pantai-pantai indah nan eksotis yang banyak dan belum banyak dijelajah oleh para pelancong. Gunung Kidul memang sangat kaya akan potensi wisatanya, terutama wisata pantai. Pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul berbeda dengan pantai-pantai di Bantul atau Kulon Progo.

Ciri khas pantai di Gunung Kidul yakni berpasir putih dengan tebing-tebing yang berada di sekelilingnya. Pantai-pantai di Gunung Kidul yang sudah dikenal maupun belum tetap menyajikan pemandangan pantai yang eksotis seperti pantai di luar negeri atau pantai-pantai di Bali. Pantai di Gunung Kidul memiliki pemandangan yang indah dipadu dengan pegunungan sewu. Tak sedikit pantai di sana yang bertebing curam.

Pantai Butuh, pantai yang terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Saptosari, Gunung Kidul. Pantai Butuh lokasinya sederet dengan Pantai Ngalimun dan Pantai Ngeden. Pengunjung bisa sekaligus mengunjungi kedua pantai tersebut saat liburan ke Pantai Butuh, karena ketiga pantai tersebut jaraknya memang berdekatan.

Biaya Masuk

Biaya masuk ke obyek wisata Pantai Butuh sama dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, yaitu hanya Rp 10.000,00 per orang. Dengan uang sebanyak anda sudah bisa menggunakannya untuk berkeliling di pantai yang masih satu kawasan. Bagaimana dengan biaya parkir kendaraan? Tidak ada. Anda tidak akan dikenakan biaya parkir. Itulah keuntungan yang anda dapatkan saat liburan di Pantai Butuh.

Rute Perjalanan

Wajib bagi anda untuk mengetahui rute menuju pantai Butuh. Ada dua alternatif jalur yang bisa anda lewati. Pertama, lewat Imogiri: rutenya jalan Imogiri-Siluk-Panggang-Giriwungu kemudian ambil arah Saptosari-Ngloroambil kanan ke arah pertigaan Ngejaman-SMP N 1-Pantai Ngeden ke arah Pantai Butuh.

Jalur kedua melalui Jalan Wonosari-Piyungan-Patuk-Sambipitu-Gading- ada pertigaan ambil kanan-Tumpak-Pasar Playen-Paliyan-Jalan Panggang-Wonosari-Jetis-Balai Desa Krambil Sawit-pilih jalan menuju pantai Ngeden-menuju ke arah pantai Butuh.

Jangan lupa ketika dalam perjalanan bukalah aplikasi Google Maps, agar lebih jelas rutenya. Jika mendapat kesulitan dalam menetukan arah, anda bisa bertanya pada warga sekitar yang ditemui.

Suasana Pantai Butuh

Pantai Butuh, sesuai namanya merupakan pantai yang dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin menyegarkan pikiran sejenak. Pantai Butuh sangat khas dengan pantainya yang berpasir putih. Udara dan suasana di pantai ini juga masih segar dan alami.Pantai Butuh termasuk pantai baru, jadi belum banyak fasilitas seperti warung, dan fasilitas persewaan lainnya di sini.

Saat anda berada di lokasi, anda akan menjumpai pemandangan pepohonan yang rimbun dan pegunungan karst. Meskipun Pantai Butuh tidak terlalu luas namun mempunyai air yang berwarna biru tosca yang menakjubkan. Pantai Butuh semakin cantik dengan dua tebingnya dipadu dengan pasir putih. Pantai ini benar-benar cocok bagi anda yang suka foto-foto karena pantai butuh banyak spot-spot instagramable.


Suasana pantai yang sepi membuat anda bisa menikmati keindahan pantai dengan tenang. Nada dan teman-teman anda bahkan bisa bermain bola dengan leluasa. Berbeda jika keadaannya ramai dan banyak orang, anda belum tentu bisa bermain bola bersama teman anda dengan bebas.

Di Pantai Butuh belum ada banyak pengunjung, sehingga di sana belum ada warung makan yang berdiri. Sebaiknya anda sebelum berwisata ke Pantai Butuh siapkan dulu perbekalan makanan. Membawa bekal makanan saat piknik akan menghemat uang jajan. Anda pun nanti bisa menikmati makanan sambil menikmati keindahan Pantai Butuh yang dengan suasana yang tidak ramai. Menjadikan pantai seperti milik anda sendiri. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di Pantai Butuh. Buang sampah pada tempat yang sudah disediakan di sana.

Berwisata di Pantai Butuh merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang ingin merehatkan pikiran sejenak. Aktivitas yang membuat penat seperti pekerjaan kantor, aktivitas sehari-hari bisa terkurangi dengan liburan ke Pantai Butuh. Lokasinya yang masih sepi juga cocok untuk kemah. Cobalah untuk mengajak teman kuliah atau kerja untuk menginap mendirikan tenda di Pantai Butuh. Selamat menikmati liburan. Pantai Butuh siap memanjakan anda dengan suasananya yang membuat betah.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata
GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA