Liburan di Pantai Njanganan, Merasakan Sensasi Seru di Pantai Bertebing ala Mancing Mania



Pantai dalam bayangan kita pasti suatu tempat yang menarik di pinggir laut dengan angin sepoi-sepoi, terdapat hamparan pasir putih yang luas. Kebanyakan pantai di Gunung Kidul memang konturnya seperti itu. Meskipun ada beberapa pantai di sana yang bertebing.

Pantai Njanganan adalah pantai eksotis yang berlokasi di Dusun Bedalo, desa Krambil Sawit, Kecamatan Sapto sari, kabupaten Gunung Kidul. Yang khas dari pantai ini adalah pantainya yang bertebing. Pantai Njanganan belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Meskipun demikian pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Kawasan Pantai Njanganan merupakan spot favorit bagi para mancing mania. Kenapa? Tebing pantainya sangat enak sekali buat mancing, atau dalam istilah dunia permancingan disebut rock fishing. Rock fishing merupakan salah satu cara memancing di mana pemancing melemparkan umpannya dari atas tebing.

Jika anda kebetulan hobi memancing anda bisa sambil bawa alat pancing sekaligus berwisata di sana. Banyak ikan-ikan yang berada di dalam laut pantai Njanganan. Seperti yang kita tahu Pantai Njanganan dengan tebingnya langsung berhadapan dengan laut selatan yang terkenal ganas ombaknya serta dalam perairannya. Tempat seperti itulah yang disukai para ikan sebagai tempat berkumpul mencari makan. Cukup disayangkan apabila piknik ke Pantai Njanganan tapi tidak bawa alat pancing. Siapa tahu nanti anda akan mendapat ikan besar atau lobster.

Di Pantai Njanganan terdapat sebuah celah setapak menuju dasar tebing. Melalui celah tersebut nelayan yang notabene warga sekitar biasanya menangkap lobster atau memasang jala ikan. Pengunjung diharap agar hati-hati saat berwisata ke sana. Tebingnya yang tinggi dengan hantaman ombak yang besar dan keras mungkin akan membuat anda menjadi sedikit pusing karena belum terbiasa melihat fenomena seperti itu.

Selain merupakan spot favorit memancing, pantai Njanganan juga spot yang bagus untuk berburu foto. Pantainya yang bertebing membuat para fotografer atau orang-orang yang hobi fotografi bisa mengabadikan momen yang eksotis dengan latar belakang tebing serta lautan yang luas.


Buat anda terutama yang suka sekali berfoto sangat disarankan untuk piknik di Pantai Njanganan. Anda bisa mengunggah foto di jejaring sosial seperti IG. Pasti teman-teman anda kagum dengan foto anda. Tempat wisata Pantai Njanganan ini memang instagrammable alias sangat cocok dan pantas di pasang di akun Instagram anda.

Namanya juga pantai baru, belum banyak fasilitas yang tersedia di Pantai Njanganan. Jadi sebelum anda berwisata ke sana pastikan anda telah mempersiapkan bekal perjalanan yang cukup. Anda bisa membawa bekal makanan karena di pantai ini belum ada warung makan.

Anda bisa membawa alat pancing. Kalau beruntung mendapatkan ikan, anda bisa langsung membakarnya. Pasti sangat nikmat makan ikan bakar sambil menikmati deburan ombak yang menghantam batuan tebing dan angin laut yang hembusannya kencang.

Tidak ada salahnya pikinik di Pantai Njanganan sambil bawa alat pancing. Pantai Njanganan memang terkenal dengan tempat memancing. Karena faktanya memang banyak ikan-ikan besar sampai lobster yang ada di bawah laut pantai Njanganan.

Pantai Njanganan letaknya agak jauh dari pemukiman warga. Sehingga anda perlu hati-hati ketika melintas melalui jalan setapak menuju pantai ini. Usahakan jangan sendirian, ajak banyak teman untuk pergi ke kawasan wisata seru ini.

Pantai Njanganan diapit oleh dua pantai yaitu Pantai Ngluwen yang di sebelah barat atau sebelah kanan dan Pantai nglimun di sebelah timur atau sisi kanan Pantai Njanganan. Pantai Njanganan adalah spot favorit pemancing setelah Pantai Nglimun. Di sebelah timur pantai Nglimun terdapat Pantai Ngeden. Pantai Ngeden sudah lumayan dikunjungi wisatawan. Ada baiknya anda juga mengunjungi pantai Ngeden setelah mengunjungi Pantai Njanganan begitu juga sebaliknya.

Rute menuju pantai Njanganan, dimulai dari pusat kota jogja anda bisa mengambil jalan menuju arah  Wonosari. Selanjutnya ikuti arah penunjuk jalan menuju Pantai Ngeden. Dari Pantai Ngeden, anda hanya memerlukan waktu kira-kira 15 sampai 20 menit saja untuk sampai di Pantai Njanganan. Setelah sampai, rasakan sensasi yang seru dan berbeda.    


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA