Pantai Dadap Ayam, Surga Tersembunyi di Pesisir Selatan Gunung Kidul



Wisata pantai di Gunung Kidul ternyata banyak sekali. Pantai-pantai di Gunung Kidul seperti yang kita ketahui, memiliki pemandangan yang eksotis dengan pasirnya yang berwarna putih. Dari sekian banyak pantai yang eksotis tersebut, terdapat satu pantai tersembunyi yang eksotis. Namanya Pantai Dadap Ayam.

Pantai Dadap Ayam merupakan pantai yang masih perawan, belum terjamah oleh orang banyak. Pantai ini dekat dengan Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Kedua Pantai tersebut terletak di sebelah barat pantai Dadap Ayam. Pantainya yang tersembunyi dan perawan membuat pengunjung berasa memiliki pantai sendiri. Karena memang pantai ini masih sangat perawan, sehingga belum ada banyak keramaian maupun sampah.

Pantai Dadap Ayam letaknya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Letak di sebelah timur Pantai Ngobaran. Pantai Ngobaran sudah lebih terkenal daripada Pantai Dadap Ayam dan sudah tidak asing di telinga para wisatawan. Akan lebih mudah bagi anda menemukan lokasi Pantai dadap Ayam jika sudah pernah ke Pantai Ngobaran.

Konon, nama Pantai Dadap Ayam diambil dari tanaman bernama dadap ayam yang banyak tumbuh di sekitar muara sungai dan pinggir pantai tersebut. Entah apakah nama tersebut diambil dari banyaknya tanaman tersebut di sana atau tidak. Yang jelas, anda dan pengunjung lainnya tidak akan kecewa dengan pemandangan yang di suguhkan Pantai Dadap Ayam.  

Pantai Dadap Ayam dan Pantai Ngobaran dipisahkan oleh perbukitan karang yang ada di sebelah timur Pantai Ngobaran. Untuk menuju ke Pantai Dadap Ayam, pengunjung sebaiknya bertanya kepada petugas parkir atau warga sekitar di Pantai Ngobaran dulu. Mereka akan memberikan arah dan petunjuk jalan secara rinci. Dikarenakan belum ada penunjuk arah ke Pantai Dadap Ayam yang terpasang. 


Lokasinya yang belum terjamah membuat pengunjung harus melalui jalan setapak untuk menikmati surga tersembunyi ini. Pengunjung akan melalui jalan setapak yang melintasi ladang dan kebun warga. Oleh karena itu, kendaraan pribadi tidak bisa di bawa ke Pantai Dadap Ayam melainkan harus diparkir di kawasan Pantai Ngobaran.

Setelah pengunjung memarkirkan kendaraan pribadinya di pantai Ngobaran, selanjutnya menuju ke arah timur. Pada sebuah persimpangan jalan setapak, pengunjung diarahkan untuk mengambil jalan ke arah kanan, memilih jalan setapak menurun.

Pengunjung akan melewati rimbunan pohon pandan laut ketika menuruni jalan setapak tersebut. Rerimbunan pohon pandan laut tersebut adalah gerbang masuk kawasan Pantai Dadap Ayam. Tak cukup sampai di sini perjalanan untuk sampai di pantai. Pengunjung selanjutnya harus berjalan melewati bongkahan batu karang basah dan licin. Sebaiknya pengunjung hati-hati dalam melangkah dan menghindari pijakan yang licin.

Namun setelah merasakan perjalanan yang menantang, pengunjung akan disuguhkan pantai yang benar-benar masih alami dan terjaga keasriannya. Pantai Dadap Ayam masih tersembunyi dan belum terjamah, bisa dilihat dari tidak banyaknya jejak kaki orang-orang. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup sempit serta didominasi oleh batuan karang di dalam air pinggiran pantai.

Pengunjung bisa bermain pasir putih yang teksturnya sangat lembut dan empuk. Membuat siapapun pasti ingin berlama-lama main pasir dan air. Belum ada banyak sampah di Pantai Dadap Ayam. Kalaupun ada, sampah tersebut berasal tempat lain yang di bawa ombak. Tempat ini adalah tempat yang mengasyikkan bagi siapapun yang berlibur ke sini.

Karena pantainya yang masih perawan dan belum didatangi banyak orang fasilitas yang ada pun belum lengkap. Pantai Dadap Ayam menjadi pantai alternatif bagi pengunjung yang suka menjelalajah alam dan bosan dengan pantai Ngobaran. Ketika anda piknik ke Pantai Ngobarana anda bisa mencoba untuk sekalian wisata di Pantai Dadap Ayam. Letaknya tidak jauh dan pemandangannya pun tidak kalah menakjubkan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengunjungi Pantai Dadap Ayam oleh pengunjung. Pertama, untuk menjaga keasrian alam pantai, pengunjung tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan. Kalau tidak menemukan tempat sampah sebaiknya bawa sampah kembali dan bisa dibuang di tempat sampah Pantai Ngobaran. Kedua, pengunjung dilarang berenang atau mandi di laut karena ombaknya yang sangat besar. Nikmatilah liburan anda dengan memperhatikan keselamatan anda dan juga menjaga lingkungan sekitar.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA