Menilik Kerajinan Serat Alam Terbaik di Kulon Progo



Di Kulon Progo terdapat pusat kerajinan tangan yang bahannya dari serat alam. Dengan memanfaatkan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar warga di Salamrejo, Sentolo menyulapnya menjadi kerajinan bertaraf dunia.

Enceng gondok adalah salah satu jenis tumbuhan yang termasuk tumbuhan pengganggu atau hama. Kebanyakan masyarakat masih memandang enceng gondok sebagai tumbuhan yang tidak ada manfaatnya.
Tetapi, oleh warga Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo enceng gondong diubah menjadi sebuah kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual tinggi. Kerajinan tangan yang terbuat dari enceng gondok berupa tas, topi, dan lainnya.

Tak hanya tanaman enceng gondok yang dijadikan sebagai bahan pembuatan kerajinan. Beberapa tumbuhan lain yang bagus untuk kerajinan tangan antara lain pohon Gebang, rotan, dan daun pandan. Dengan bahan baku dari alam itulah pengrajin kerajinan serat alam Sentolo membuat kerajinan yang variatif. Hasil kerajinan tangan yang berbahan serat alam misalnya dompet, tas, topi, alas meja, tempat lampu, dan masih banyak lagi, tergantung permintaan pasar dan kebutuhan masyarakat.

Para pengrajin serat alam di Desa Salamrejo dalam menjalankan usahanya tidak sendiri-sendiri, melainkan tergabung dalam satu wadah kelompok usaha kerajinan. Saat ini jumlah pengrajin di sana sudah puluhan orang.

Usaha kerajinan dari serat alam ini turut membantu mengangkat kehidupan ekonomi masyarakat setempat. Pemerintah daerah Kabupaten Kulon Progo juga turut mendukung program-program mereka secara maksimal. Diharapkan dengan dukungan pemerintah daerah setempat, kerajinan serat alam Kulon Progo akan lebih maksimal sehingga bisa menjadi andalan wisata Kulon Progo.       


Kerajinan tangan serat alam Kulon Progo terletak di Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Aksesnya kalau dari pusat Kota Jogja sangat mudah. Pertama anda menuju jalan Wates, kemudian terus ke arah barat hingga nanti melewati jembatan Sungai Progo. Dari jembatan Sungai Progo yang bernama jembatan Bantar, terus lurus ke arah barat. Tak sampai 15 menit dari jembatan tersebut anda akan sampai di pusat kerajinan serat alam Sentolo, Kulon Progo. Nanti anda akan menjumpai plang bertuliskan “Sentra Produksi Kerajinan Serat Kulon Progo”.

Hasil kerajinan serat alam Kulon Progo ini tak hanya dipasarkan di Malioboro dan Pasar Beringharjo sebagai pusat oleh-oleh khas Yogyakarta. Pemasarannya bahkan sudah sampai ke mancanegara. Produk kerajinan dari serat alam sangat disukai oleh masyarakat mancanegara. Mereka suka dengan kerajinan karena memang produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang bagus.

Kalau anda kebetulan sedang ke Jogja, mampirlah ke pusat kerajinan serat alam Sentolo. Banyak produk-produk kerajinan karya pengrajin yang dijajakan di kios-kios yang berjejer di jalan. Produk kerajinan serat alam juga dipasarkan secara online seperti di media sosial Instagram dan facebook.

Banyak hal yang akan anda jumpai saat mengunjungi sentra kerajinan serat alam Kulon Progo. Anda bisa melihat berbagai jenis barang dan aksesoris yang terlihat sangat menawan terbuat dari serat alam. berwisata di sentra kerajinan serat alam akan membuat anda terhenyak kagum, bagaimana bisa enceng, agel (pohon gebang), rotan, daun pandan, hingga pelepah pisang bisa menjadi kerajinan tangan yang cantik.

Jangan pernah ragu-ragu untuk membeli produk kerajinan serat alam dari Sentolo, Kulon Progo ini. Kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, pengrajin kerajinan serat alam selalu mempertahankan kualitas terbaiknya. Setiap item produk dibanderol pada kisaran harga dari 50.000 hingga 500.000 rupiah

Seiring dengan berkembangnya usaha kerajinan serat alam dan kualitas produknya yang bagus, permintaan yang datang pun makin meningkat. Baik permintaan dari dalam negeri maupun luar negeri. Produk-produk kerajinan diekspor ke negara-negara besar seperti amerika, Belanda, Jepang, Cina, Perancis, dan negara lainnya. Menurut salah satu pemilik rumah produksi kerajinan serat alam, dalam sebulan permintaan bisa mencapai 1.000 barang.

Dengan sudah dibukanya bandara internasional baru Di Kulon Progo, peluang untuk mengekspor hasil kerajinan ke luar negeri makin besar dan mudah. Nantinya sentra produk kerajinan serat alam makin maju dan bisa bersaing di pasaran dalam negeri dan luar negeri.



Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA