Mengunjungi Wildlife Rescue Centre Jogja, Tempat Rehabilitasi Satwa-satwa Langka



Berbicara mengenai wisata di Kulon Progo seakan tak ada habisnya. Banyak sekali obyek wisata yang ditawarkan Kabupaten Kulon Progo. Beberapa yang terkenal antara lain Waduk Sermo, Kalibiru, Pantai Glagah, dan Puncak Suroloyo. Dari tahun ke tahun jumlah wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta mengalami peningkatan.

Tempat wisata yang satu ini mungkin belum banyak yang dengar. Sebab tempat ini adalah tempat wisata yang berbeda dengan tempat wisata lainnya di Kulon Progo. Tempat bernama Pusat Penyelamatan satwa Jogjakarta (PPSJ) atau yang lebih dikenal dengan nama lain Wildlife Rescue Centre (WRC) Jogja.

Wildlife Rescue Centre Jogja merupakan sebuah yayasan non profit yang bergerak pada bidang konservasi pemeliharaan satwa liar yang terancam punah. Merawat dan melindungi satwa liar yang hampir punah adalah tugas utama WRC Jogja.

Selain itu, WRC Jogja di dirikan untuk mengenalkan hewan satwa liar yang diambang kepunahan kepada masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat bisa mengetahui hewan apa saja yang harus dilindungi. Diharapkan perburuan terhadap satwa-satwa tersebut bisa dicegah dengan dukungan partisipasi masyaraktat dan WRC.

Pengunjung Wildlife Rescue Centre Jogja bisa melihat jenis-jenis satwa yang ditangkarkan di tempat tersebut. Misalnya ada beberapa jenis hewan primata seperti orang utan, monyet, beruk, dan Owa Jawa.

Di dalam kawasan WRC dibangun sebuah kubah raksasa. Di dalam kubah raksasa tersebut dibuat alam buatan yang menyerupai alam liar. Kubah raksasa sebagai tempat tinggal untuk orang utan. Dalamnya sengaja dibuat seperti habitat aslinya agar merasa nyaman tinggal di penangkaran. Kubah raksa ini memiliki ketinggian 25 meter dengan diameter 125 meter. Kubah raksasa mampu menampung kira-kira 200 ekor orang utan.

Perlu diketahui bahwa PPSJ atau Wildlife Rescue Centre merupakan badan non-pemerintah. Artinya semua biaya operasionalnya ditanggung oleh pihak WRC Jogja sendiri. Untuk membiayai semuanya, lembaga WRC juga membuat kawasan PPSJ menjadi tempat wisata edukatif.


Untuk menjaga kelangsungan hidup satwa liar, pihak WRC Jogja menawarkan jasa seperti penyewaan outbond, ruang pertemuan, permainan high rope, serta wisata pendidikan konservasi. Semua pemasukan dari jasa yang disewakan nantinya untuk membiayai perawatan dan rehabilitasi satwa-satwa.

Kini, wildlife Rescue Centre menjadi tempat wisata edukatif. Pengunjung bisa belajar banyak hal, terutama hewan-hewan yang wajib dilindungi. Di sana, pengunjung dilarang memberi makan hewan seperti halnya di kebun binatang. Sebab semua hewan yang ada di sini diawasi secara teratur seperti pemberian makanan.

Wildlife Rescue Centre Jogja bisa menjadi wisata yang edukatif dan seru bagi semua umur. Tempat wisata ini juga sering digunakan untuk kegiatan outbond sebagai sarana pembentukan karakter. Fasilitas outbond nya sudah lumayan lengkap. Kegiatan outbond pastinya akan sangat menyenangkan. Sambil outbond, pengunjung bisa berkeliling melihat hewan-hewan yang ada di dalam kandang.

Untuk menunjang kegiatan outbond dibangun sebuah pendopo dan bangunan semacam pondokan untuk menginap. Fasilitas-fasilitas di sini sudah sangat lengkap. Usaha untuk melengkapi  fasilitas-fasilitas terus dilakukan  oleh pihak WRC. Diharapkan wisatawan terus berdatangan menuju ke tempat rehabilitasi satwa-satwa langka ini.  

Pengunjung juga diperbolehkan mengambil foto hewan-hewan yang direhabilitasi di sini. Ada hal yang harus diperhatikan oleh pengunjung saat akan berfoto bersama satwa-satwa. Sebaiknya matikan flash atau lampu kilat pada kamera. Sebab, hewan akan kaget dan panik melihat kilatan cahaya dari flash kamera.

Wildlife Rescue Sentre terletak di  Jl. Pengasih-Nanggulan, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo. Lokasinya tidak jauh dari kota Wates, kira-kira 10 menit. Sedangkan dari Kota Jogja, lamanya perjalanan yang ditempuh kira-kira selama 1 jam. Akses menuju lokasi sangat mudah dan lancar. Jalanan sudah beraspal mulus. Jalanan yang dilewati tidak ada yang terjal.

Jika perjalanan dimulai dari Kota Jogja, rute perjalanan yang bisa diambil pertama harus menuju jalan Godean. Kemudian lurus terus ke barat sampai melewati jembatan Kulon Progo. Setelah sampai di perempatan Kenteng, Nanggulan ambil jalan ke kiri. Kemudian ikuti petunjuk jalan menuju arah Wildlife Rescue Centre Jogja atau Pusat Penangkaran Satwa Jogjakarta (PPSJ).


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA