Mempesonanya Wisata Air Terjun Tuwondo Bantul Jogja Yogyakarta


Melakukan perjalanan liburan ke Jogja akan sangat menyenangkan karena memang di Jogja ada banyak sekali tempat wisata eksotis yang memanjakan mata. Jogja bukan hanya menjadi tujuan wisata para pecinta sejarah, kuliner atau jenisnya namun para pecinta alam juga banyak memilih Jogja sebagai pilihan liburannya. Salah satu wisata alam yang tersedia di Jogja dan layak untuk dikunjungi adalah Air Terjun Tuwondo.

Air Terjun Tuwondo menjadi salah satu air terjun yang layak untuk dikunjungi. Lokasinya beradadi Kbupaten bantul. Jadi jika anda mengunjungi Jogja sebaiknya jangan hanya terpaku pada pusat kota saja namun perlu juga untuk menjelajah sampai ke kabupaten yang satu ini. Di kabupaten Bantul, banyak wisatawan yang hanya mengetahui pantai parangtritis saja padahal disana ada banyak sekali objek wisata menarik yang tidak akan mengecewakan apabila dikunjungi.

Keindahan yang dimiliki oleh Air Terjun Tuwondo ini ada pada bentuk air terjun yang tidak terlalu tinggi dengan air menalir yang warnanya cukup jenis. pada saat air sedang bagus, warnanya biasa seperti biru keputihan karena memang seperti ada kandungan kapurnya. Tempat ini sangat cocok untuk berfoto, bermain air atau bahkan berenang.

Di bawah Air Terjun Tuwondo terdapat kolam yang sangat nyaman jika digunakan untuk bermain air yang berenang. Anda bisa menyelam dan menikmati percikan air yang jatuh dari atas. Keindahan dari air terjun ini sungguh memukau mata. Apalagi disekeliling air terjun ada banyak tumbuhan hijau yang membuat suasana semakin terasa menyenangkan. Anda bisa menikmati ketenangan alam di curug tersebut karena memang tempat ini masih sangat terjaga keasriannya.

Objek wisata ini disebut sebagai Air Terjun Tuwondo yang berasal dari kata tu atau batu dan ondo yang artinya tingkatan atau tangga. Bentuk dari air terjun ini memang terlihat seperti batu bertingkat dan anda bisa menemukan 3 tingkatan batu. bebatuan yang ada di air terjun inimerupakan batu kapur sehingga sangat mempengaruhi warna air yang mengalir.

Apabila anda ingin menikmati keindahan alam Air Terjun Tuwondo sebaiknya memilih waktu yang tepat. di saat musim penghujan, debit air yang mengalir di air terjun ini akan sangat deras. Sehingga objek wisata ini lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan saat musim penghujan. Pada saat musim kemarau, debit airnya akan sangat sedikit atau bahkan jika sampai pada kemarau panjang air terjun ini akan benar-benar kering.



Lokasi wisata
Lokasi dari Air Terjun Tuwondo ini berada di Lemah Abang, Banyakan, Sitimulyo, Ngablak, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792. Anda bisa menuju ke lokasi wisata ini dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Akses menuju ke Air Terjun Tuwondo ini tidak terlalu sulit. Apabila anda masih mrasa bingung anda bisa mencoba untuk menggunakan goggle map sebagai penunjuk arah. Sesampainya di Desa Banyakan, anda bisa bertanya dengan penduduk local agar tidak salah arah.

Tips liburan
Memilih berlibur Air Terjun Tuwondo bisa menjadi keputusan terbaik. apabila anda masih ingin menjelajahi lokasi wisata lain yang tidak kalah menarik, di kabupaten Bantul ada banyak objek wisata lain yang bisa anda kunjungi.

Ketika anda berkunjung ke sini sebaiknya jangan mengajak anak-anak. Jikalaupun mengajak-anak-anak pastikan selalu memberikan pengawasan dan penjagaan yang ketat. Tempat ini merupakan tempat yang indah jadi jangan lupa untuk membawa kamera atau menyiapkan ponsel anda karena ada banyak spot yang bisa memberikan hasil foto yang optimal.

Pengunjung objek wisata ini juga sebaiknya membawa bekal makanan dna minuman karena fasilitas yangtersedia belum terlalu lengkap. Anda mungkin saja akan merasa kesulitan untuk menemukan tempat makan disekitar Air Terjun Tuwondo. Fasilitas yang tersedia sejauh ini masih sangat minim karena belum ada musola, warung makan dan fasilitas penunjang lainnya. maklum saja, objek wisata ini masih dalam tahap pengembangan dan terbilang sangat baru.

Jika anda penasaran dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Tuwondo ini maka jangan ragu untuk segera menuju Bantul. Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA