Belajar Budidaya dan Mencoba Teh Bunga Krisan di Taman Bunga Krisan Samigaluh


Taman Bunga krisan merupakan taman yang termasuk dari agrowisata Gerbosari, Samigaluh. Di tempat ini anda bisa jalan-jalan menikmati tanan bunga krisan yang memang di tanam. Terdapat kavling-kavling di bagian area tersebut. Setiap kavling terdiri dari puluhan tanaman bunga krisan. Bunga krisan tersebut memang dibudidayakan. Pengunjung juga bisa belajar teknik-teknik budidaya bunga krisan.

Berbagai olahan  makanan juga dijajakan di agrowisata taman bunga krisan ini.  Olahan makanan seperti keripik bunga, dan teh dari bunga krisan bisa anda jadikan sebagai buah tangan untuk sanak kerabat anda.

Area taman bunga krisan terdiri dari beberapa cavling tanah yang dikelola oleh para petani bunga. Pengunjung diperbolehkan  untuk mengelilingi area taman. Sebaiknya anda jika ingin mengunjungi taman bunga, datanglah ketika bunga sedang bermekaran. Sehingga anda tidak akan kecewa jauh-jauh datang ke sana.

Taman bunga krisan menjadi wisata edukasi. Tentu sangat baik untuk pengunjung terutama bagi anak-anak.  Wisatawan akan mengetahui bagaimana membudidayakan  tanaman bunga yang sangat cantik ini.

Rute perjalanan menuju agrowisata taman bunga krisan Samigaluh bisa mengikuti petunjuk ini. Dari pusat Kota Jogja, pertama harus menuju ke Jalan Godean, kemudian lurus ke barat sampai melewati jembatan Sungai Progo. Setelah itu, ada perempatan Kenteng Nanggulan, ambil ke arah kanan menuju perempatan Dekso, Kalibawang. Dari Perempatan Dekso, ambil jalan ke kiri arah Samigaluh. Nanti akan ada papan petunjuk di jalan.

Kondisi jalan menuju Samigaluh cukup menanjak dan beraspal halus.Sebaiknya sebelum berangkat periksa kondisi kendaraan anda. Jalan yang menanjak cukup terjal akan anda lalui ketika berangkat. Sebaliknya, anda akan menuruni turunan tajam. Jadi anda harus hati-hati selama perjalanan.

Meskipun perjalanan menempuh waktu yang lumayan lama dari kota dan jalanan yang bisa dikatakan menantang tapi anda akan merasa puas ketika sampai. Lelah dan capek akan dibayar dengan bunga krisan yang warna-warni.


Bunga krisan mempunyai warna yang beraneka ragam seperti putih, kuning, merah, dan ungu. Di agrowisata Gerbosari, Samigaluh  ini bunga krisan juga diolah menjadi teh bunga dan keripik bunga. Kalau anda penasaran seperti apa rasanya, anda bisa mengunjungi taman bunga krisan Gerbosari, Samigaluh.

Bunga krisan kalau di pasaran dijual dengan harga yang lumayan mahal. Tapi anda bisa mendapatkan dengan harga yang terjangkau langsung dari petani di agrowisata taman bunga krisan Gerbosari. Bunga krisan dijual biasanya untuk bunga hias atau sebagai bunga untuk diberikan kepada seseorang.

Jika anda berkunjung ke taman bunga krisan Samigaluh, sempatkanlah untuk mencoba teh  bunga krisan. Menurut beberapa sumber serta penelitian, teh bunga krisan memiliki khasiat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Bunga Krisan bagi Tubuh

Kandungan vitamin c yang ada di dalam teh bunga krisan bisa mengobati penyakit pilek dan bisa menjadi antivirus. Bagi anda yang sedang terkena pilek, cobalah minum teh  bunga krisan.

Di dalam teh tersebut terkandung mineral kalsium yang baik untuk tulang dan gigi serta zat besi dan magnesium. Mineral-mineral tersebut sangat bagus untuk tubuh. 

Teh bunga krisan juga kaya akan vitamin B seperti kolin, folacin, niacin, dan riboflavin. Kolin berfungsi untuk membantu metabolisme lemak. Folacin berfungsi untuk mendorong perkembangan dan replikasi sel. Niacin berguna untuk sistem kerja saraf dan saluran pencernaan. Reboflin untuk mencegah pertumbuhan struktural yang tidak normal.

Sebenarnya masih sangat banyak manfaat teh bunga krisan bagi tubuh manusia. Untuk persediaan di rumah, lebih baik membeli teh bunga kering yang sudah dikemas dari agrowisata teh bunga krisan Samigaluh. Sebab, harga teh bunga krisan yang dijual di pasaran harga lebih mahal daripada yang dijual di agrowisata Gerbosari. 

Taman Bunga Krisan Gerbosari Samigaluh menjadi alternatif wisata yang edukatif. Banyak hal yang bisa dipelajari di sini. Mulai dari cara menanam hingga merawat bunga, sampai pada pembuatan teh bunga krisan. Anda bisa mengajak keluarga, teman, serta kerabat ke agrowisata taman bunga krisan Samigaluh. Pengunjung bisa memilih dan memetik sendiri bunga yang ingin dibeli.  

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata
GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA