Wisata Sekaligus Menambah Wawasan di Museum Kraton Yogyakarta



Menjelajahi Kota Yogyakarta bukan hanya akan membuat anda mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saja melainkan juga aka nada banyak tambahkan pengetahuan. Hal ini dikarenakan Kota Jogja merupakan kota budaya dengan banyak sekali informasi sejarah, budaya, dan lain sebagainya. Jika anda berkunjung ke Jogja, akan ada banyak sekali tempat menarik yang bisa dikunjungi. Salah satu tempat yang tidak boleh anda lewatkan adalah Musium keraton Yogyakarta.

Musium keraton Yogyakarta merupakan salah satu musem di Jogja yang memiliki nuansa budaya Jogja. Nuasa budaya Jawa yang sangat kental ini merupakan daya tarik utama dari museum tersebut. Museum ini bisa menjadi tempat yang akan membuat masa liburan anda selama di Jogja semakin berkesan. Disalam Musium keraton Yogyakarta, pengunjung bisa melihat lihat peninggalan dari keraton yang usianya sudah sangat lama.

Musium keraton Yogyakarta ini sudah dibangun sejak lama yakni sejak 7 Oktober 1756. Awalnya museum ini tidak bisa dikunjungi oleh masyarakat umu, namun pada masa pemerintahan Sultan HB IX, museum ini kemudian dibuka untuk masyarakat umum sehingga siapapun bisa menikmati apa yang ada di dalamnya.

Dari dalam musem, pengunjung akan dapat merasakan suasana jawa yang begitu istimewa mulai dari konsep bangunan hingga barang-barang yang ada di dalamnya. Museum ini memang memiliki konsep yang sangat baik sehingga siapapun dapat merasakan keagungan dan kewibawaan dari kerajaan Jogja. Ada banyak sekali benda bersejarah bagi keraton yang bisa anda temukan seperti koleksi kristal, kereta, kain batik, gamelan pusaka, lukisan Raden Saleh, dan lain sebagainya. Bahkan pengunjung juga bsa melihat kolesi pribadi dari Sri Sultan Hamengku Buwana IX.


Beberapa bagian museum
Museum keraton Yogyakarta ini ternyata terdiri dari beberapa bagian. Di setiap bagian museum tentunya memiliki keistimewaan tersendiri. Anda bisa menemukan museum ini terbagi menjadi beberapa bagian yang sesuai dengan isinya. Beberapa bagian tersebut diantaranya Museum Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang berisi koleksi si Sultan, Museum Kristal yang berisi koleksi Kristal, Museum Batik dan juga Museum Pameran Lukisan dan Foto.

Pengunjung yang datang bisa melihat dengan jelas banyak sekali koleksi dari Sri Sultan HB IX yang begitu berharga seperti foto, piagam, naju bersejarah, medali, dan bahkan koleksi mobil-mobilan semasa kecil juga masih tersimpan di museum ini. Di bagian museum batik, bisa anda temukan koleksi kain batik, lukisan, topeng batik, peralatan batik dan lain sebagainya. Di bagian museum batik juga terdapat sebuah sepeda yang merupakan hibah dari pengusaha batik Yogyakarta.

Menjelajah ke bagian museum selanjutnya yakni museum Kristal, anda bisa melihat koleksi Kristal milik kerajaan seperti giji, hiasan meja, meja rias, tempat ubuah, perkakas dari kuningan, dan berbagai macam benda yang bertemakan Kristal. Ketika anda memasuki bagian sebaiknya berhati-hati jangan sampai merusak barang-barang yang ada di dalamnya.

Untuk menikmati keindahan koleksi yang ada du dalam Musium keraton Yogyakarta ini maka anda bisa datang langsung ke museum yang lokasinya tentu berada di keraton Yogyakrta. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 13.30 WIB sedangkan Khusus Hari Jumat  keraton bukan Pukul. 08.00 - 13.00 WIB. Selain itu anda sebaiknya menghindari datang ke museum ini pada saat ada upacara di keraton karena museum biasanya akan ditutup.

Harga tiket
Menjelajahi setiap bagian Musium keraton Yogyakarta tersebut akan memberukan anda pengalaman yang semakin tak terlupakan selama di Jogja. Harga tiket masuk yang harus dibayarkan untuk bisa masuk ke dalam sangatlah terjangkau karena hanya Rp. 5000,-/orang. Jika anda membawa kamera maka aka nada biaya tambahan sebesar Rp. 1000,-.

Fasilitas
Museum keraton Yogyakarta ini semakin menarik untuk dikunjungi karena tersedia banyak fasilitas yang memudahkan pengunjung. Beberapa fasilitas yang ada di museum ini antara lain seperti Pemandian, Mushola/tempat sembahyang, Toile, Kantin/ warung makan dan juga terdapat Toko Souvenir. Bagi yang ingin pulang dengan membawa oleh-oleh khas keraton Jogja maka anda bisa mampir ke toko souvenir. Disana ada banyak pilihan souvenir menarik yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Selamat berlibur.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366
www.wisatakeyogyakarta.com

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA