Menyusuri Goa Cerme yang unik dan kental aura mistis



Berlibur ke Jogja memang bisa menjadi pilihan yang terbaik karena di kota ini ada banyak sekali tempat menarik yang asyik untuk dikunjungi. Jika anda berencana untuk melakukan liburan di Jogja sebaiknya jangan hanya mampir ke Malioboro, keraton atau disekitar wilayah tersebut saja. Ada banyak tempat lain yang jika anda kunjungi nantinya akan membuat pengalaman liburan anda semakin berkesan. Salah satu destinasi wisata yang tidak kalah menarik adalah Goa Cerme.

Anda yang sudah pernah ke Jogja mungkin sudah pernah mendengar mengenai goa yang satu ini. goa ini merupakan goa yang indah namun didalamnya terdapat cerita mistis yang sangat kental. Goa yang satu ini berada di atas ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut. Konon, awalnya, goa ini merupakan tempat pertemuan para wali Songo untuk membahas mengenai dakwah dan juga pembangunan masjid Demak. Lokasi dari goa ini berada di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul atau sekitar 20 km selatan Kota Yogyakarta.

Perjalanan menuju ke Goa Cerme ini cukup menarik karena jalannya naik turun, berkelok dan anda juga harus melalui jalan yang kecil. Namun hal ini justru akan semakin memberikan sensasi berbeda ketika anda menuju ke tempat wisata tersebut.

Keindahan yang dimiliki oleh Goa Cerme ini ada pada stalagtit dan juga stalagmite yang begitu cantik. selain itu goa ini juga memiliki sungai bawah tanah sehingga siapapun yang masih ke dalam goa sebaiknya mengenakan baju ganti karena pasti akan basah jika masuk ke dalam. Dari luar mulut goa, pengunjung memang akan melihat dalam goa yang begitu gelap. Selain itu juga ada aura mistis yang sangat kuat sehingga pengunjung yang ingin menjelajah sebaiknya meminta bantuan tour guide untuk memandu penyusuran.


Panjang goa ini adalah sekitar 1,5 km. jika anda melakukan penyusuran hingga ujung goa maka goa akan tembus ke kabupaten Gunung kidul. Menelusuri goa ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Anda bisa merasakan penjelajahan goa dengan genangan air yang cukup beragam. Jadi ketika masuk ke dalam goa harus dengan pemandu agar tidak terpeleset atau terjatuh.

Di dalam goa, anda bisa saja akan menemukan orang yang sedang bertapa. Tempat ini memang hingga saat ini masih sering dijadikan sebagai lokasi pertapaan. Tidak heran jika aura mistisnya masih begitu kental terasa. Aroma dupa dan juga bunga-bungaan bisa dirasakan dengan sangat jelas. Anda yang tidak terbiasa menjelajahi goa mistis mungkin tidak akan berani untuk masuk. Namun untuk yang senang dengan tantangan maka menyusuri goa ini adalah hal yang sangat menarik. Wisatawan atau pengunjung yang datang ke Goa Cerme ini juga cukup banyak. Bahkan banyak juga pengunjung yang datang dari luar daerah. Dari luar goa anda bisa menemukan pemandangan yang cantik karena banyak mata air jernih yang mengelilingi goa.

Di dalam goa, sungai bawah tanahnya juga begitu jernih sehingga anda yang menyusuri goa tidak akan merasa risih dengan warna air yang keruh. Hanya saja ketika memasuki goa memang sebaiknya membawa perlengkapan yang lengkap muali dari sepatu, helm dan lain sebagainya. Perlengkapan lain yang juga tidak boleh untuk dilewatkan adalah lampu.

Di dalam goa memang masih belum ada penerangan jadi lampu senter atau lampu kepala harus dibawa jika akan memasuki goa. Meskipun sangat gelap dari luar, jika anda sudah memasukinya makan akan bisa melihat keindahan goa yang begitu istimewa. Anda bisa mengambil foto mulai darimulut goa, samping goa, hingga di dalam goa dengan background stalagtit dan stalagmite yang cantik.

Harga tiket
Untuk bisa menikmati keindahan goa ini, pengunjung hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.3000 rupiah. Dengan tiket itu anda hanya baru bisa menikmati pemandangan luar goa saja karena memang untuk masuk kedalam harus di damping oleh pemandu. Harga untuk menyewa pemandu menyusuri goa adalah mulai dari Rp.50.000. jika anda atang bersama dengan rombongan lebih dari 15 orang maka harga sewa pemandunya dihitung Rp.4000 dikali jumlah orang orang.

Menyusuri Goa Cerme bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Nantinya anda bisa melihat pemandangan dalam goa yang indah dan suasana luar goa yang nyaman serta masih sangat asri. Apabila anda tertarik utnuk datang ke goa ini langsung saja menuju ke alamat yang telah disebutkan. Atau anda juga bisa menggunakan google maps untuk membantu memudahkan perjalanan anda.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata
GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA