Mengintip Uniknya Goa Langse yang Penuh Misteri



Goa Langse merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di Desa Giri Cahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Bagi masyarakat Jogja pada umumnya, nama Goa Langse memang begitu terasa asing. Bahkan banyak yang belum pernah dengar nama goa tersebut. Namun bagi orang yang biasa berziarah atau sekedar ngalap berkah, nama Goa Langse mungkin sudah tidak asing lagi.

Menurut keterangan dari sang juru kunci goa, Goa Langse memang sering dikunjungi oleh peziarah. Kunjungan peziarah terutama sekali pada malam jumat kliwon dan malam selasa kliwon. Karena pada kedua malam tersebut para peziarah melakukan tirakat agar bisa bertemu dengan Ratu Kidul, sang penguasa laut selatan Jawa.

Masih berdasarkan keterangan dari juru kunci, beberapa tokoh penting atau pejabat pernah melakukan ziarah di Goa Langse. Mereka yang pernah datang ke Goa Langse yaitu Presiden RI pertama Soekarno, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, sejumlah pejabat dan beberapa menteri era Orde Baru.

Dibalik misterinya, Goa Langse menyimpan eksotisme tersendiri. Meskipun untuk sampai di sana pengunjung harus melalui jalan yang cukup menantang. Pengunjung harus melewati jalan setapak dengan menuruni bukit dengan berpegangan pada pegangan kayu yang sudah dibuatkan. Sambil menuruni bukit, pengunjung bisa menikmati lautan lepas yang luas.

Goa ini merupakan goa yang sangat unik karena lokasinya berada di dekat laut. Jadi selain anda bisa menikmati keindhan yang ada di goa, anda juga bisa sekaligus melihat pemandangan alam laut kidul Yogyakarta yang eksotis. Anda tentu sudah sangat sering mendegar mengenai legenda laut kidul yang begitu identik dengan Ratu Pantai Selatan. Mitos ini hingga saat sekarang masih banyak dipercayai oleh masyarakat. Meskipun derdengar cukup seram namun justru hal ini menjadi salah satu daya tarik dari goa langse dan juga pantai kidul.


Keunikan dan juga aura mistis yang dimiliki goa langse ini membuat banyak pengunjung merasa tertarik untuk datang. Kebanyakan pengunjung yang datang bukanhanya penduduk local saja namun dari berbagai daerah di Indonesia. Ada yang sengaja mampir untuk menikmati indahnya goa dan pemandangan laut kidul namun ada juga yang memang ingin melakukan semedi atau pertapaan.

Kegiatan mistis seperti bertapa memang masih banyak dilakukan oleh orang-orang yang percaya dengan hal klenik. Biasanya pengunjung yang ingin bertapa datang ke goa langse pada saat malam jumat kliwon. Pada malam tersebut, mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa bertemu dengan penunggu laut kidul atau Nyi Roro Kidul.

Bagi anda yang tujuannya untuk berlibur tentu tidak perlu menunggu malam jumat untuk datang. Anda bisa mengunjunginya kapan saja namun memang lebih baik jika anda datang ke goa ini di waktu siang hari. di waktu malam aura mistis di goa ini akan semakin kental terasa. Anda juga tidak ingin mengalami kejadian yang mistis ketika datang ke sana bukan?
Untuk menuju ke goa ini, anda bisa menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat. Nantinya anda harus menempuh perjalanan kaki dari lokasi parkir menuju ke goa Langse. Anda tidak perlu merasa khawatir akan medan yang harus dilalui karena saat ini sudah ada anak tangga yang memudahkan pengunjung untuk bisa sampai kesana. Bahkan menurut keterangan, saat ini sudah ada sekitar 10 tempat yang bisa dilalui untuk menuju ke goa.

Sebelum adanya anak tangga, pengunjung yang ingin masuk ke dalam goa harus merambat tebing dan hanya berpegangan dengan akar pohon. Jika anda ingin masuk ke dalam goa, sangat dianjurkan untuk berhati-hati dan mengenakan pakaian yang nyaman dan sopan. Jangan gunakan sepatu hak tinggi karena akan sangat berbahaya. anda juga bisa meminta juru kunci untuk memandu anda masuk ke dalam goa. Ketika sudah masuk ke dalam goa, anda akan langsung merasakan aura mistis yang begitu kuat.

Anda juga bisa saja bertemu dengan orang-orang yang sedang melakukan pertapaan atau semedi di dalam goa. Banyak orang yang melakukan semedi berhari-hari di dalam goa. Mengenai tujuan dari semedi yang dilakukan anda bisa tanyakan langsung kepada juru kunci. Untuk bisa menikmati keindahan dan keunikan dalam goa, anda tidak akan dikenakan tiket masuk yang mahal.

Goa langse yang berada di kabupaten Gunung Kidul ini bisa menjadi salah satu loaksi wisata yang masuk dalam daftar liburan anda selama di Jogja. Nantinya jika anda masih merasa kurang puas hanya mengunjungi satu tempat saja, di kabupaten gunung Kidul masih ada banyak objek wisata yang sangat menarik. Beberapa lokasi wisata gunung kidul yang sangat populer antaralain pantai, Goa pindul, gunung Nglanggeran dan lain sebagainya. Mungkin itu saja yang bisa disampaikan mengenai goa Langse, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata
GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA