Goa Sriti Kulonprogo yang Wajib Dikunjungi



Menjelajahi atau menyusuri goa memang banyak menjadi kegiatan yang sangat disukai oleh para traveler. Di Jogja ada banyak sekali goa yang bisa ditemukan. Salah satu goa yang cukup menarik adalah Goa Sriti. Goa yang satu ini cukup terkenal karena memang memiliki keindahan yang memanjakan mata. Goa ini merupakan salah satu goa cantik yang berada di kabupaten Kulon progo. Apabila anda merencanakan liburan ke Jogja, Goa Sriti bisa menjadi destinasi wisata yang sebaiknya anda kunjungi.

Goa Sriti merupakan goa yang cantik dan juga merupakan peninggalan sejarah. Goa ini memiliki sejarah yang sangat menagumkan. Pada zaman dahulu, goa ini sering dijadikan sebagai tempat persembunyian dari Pangeran Diponegoro. Goa ini juga disebut-sebut sebagai saksi bisu para pahlawan dalam melawan penjajah.

Banyak pengunjung yang datang ke Goa Sriti ini dari berbagai wilayah bukan hanya dari masyarakat sekitar saja. Disana pengunjung bukan hanya bisa menikmati keindahan goa saja namun juga bisa mempelajari sejarah mengenai goa tersebut. Goa ini begitu cantik jika dilihat dari luar maupun dari dalam. Konon tempat ini juga menjadi tempat pelantikan Pangeran Diponegoro sebagai Sultan Abdullah Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi biasa disingkat menjadi Abdul Hamid.

Keindahan dari goa ini tidak kalah dengan goa lainnya yang ada di wilayah Jogja seperti goa PIndul, Jomblang dan lain sebagainya. Seperti goa-goa lainnya, pengunjung yang datang bisa melihat dan menikmati pemandangan stalaktit dan stalakmit yang begitu cantik. ketika anda ingin menikmati pemandangan dalam goa maka sebaiknya di dampingi oleh pemandu karena akan berbahaya jika memutuskan untuk masuk sendirian.

Bagi para pecinta sejarah dan susur goa, pengalaman mengunjungi Goa Sriti bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Ketika menusuri goa bersama dengan pemandu maka nantinya akan dijelaskan dan diceritakan mengenai sejarah goa dan juga mengenai alam yang ada di dalam goa.


Lokasi Goa Sriti
Goa ini berada di Dusun Dukuh, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila anda tertarik untuk datang maka anda bisa melakukan perjalanan menuju ke kulon progo dengan jarak tempuh sekitar 30 menit penjalanan menggunakan motor dari puast kota Jogja. Namun jika anda menggunakan kendaraan secara santai maka perjalanan yang dibutuhkan bisa sekitar 1 jam.

Ketika anda menjelajahi goa ini sebaiknya jangan lupa untuk menjaga perilaku. Setiap goa biasanya memang memiliki aura mistis apalagi goa ini merupakan goa peninggalan sejarah. Anda juga perlu untuk mengikuti saran dari pemandu. Menelusuri goa harus dilakukan dengan di pandu oleh orang yang lebih mengetahui medan karena bisa jadi di dalam goa ada percabangan yang membingungkan pengunjung.

Jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan dan minuman jika berkunjung ke goa ini karena di sana tidak banyak warung yang bisa di temukan. fasilitas yang ada di sekitar goa sudah terbilang lengkap karena pengunjung bisa dengan mudah menemuka toilet, tempat parkit, tempat duduk, dan lain sebagainya. Goa yang satu ini merupakan goa cantik yang akan membuat pengalaman liburan anda semakin menyenangkan.

Jika anda merasa kurang puas mengunjungi satu loaksi wisata saja maka anda bisa menjelajahi lokasi wisata lain yang tidak jauh dari Goa Sriti tersebut. anda bisa juga menjelajahi goa kiskendo, kebun teh, dan masih banyak lagi yang lainnya. nantinya anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang semakin tak terlupakan.

Harga tiket masuk untuk bisa menjelajahi dan menikmayi keindahan dalam goa adalah sekitar Rp.3000 saja. Anda juga akan dikenakan tiket parkit sekitar Rp.2000 rupiah. Untuk menyusuri goa anda juga perlu menyewa jasa pemandu yang harga tiketnya bisa ditanyakan dengan pemandunya langsung. Jika anda ingin mendapatkan harga sewa pemandu yang murah anda bisa melakukan negosiasi atau tawar menawar. di dalam goa ini anda harus berhati hati dan selalu konsentrasi. Jangan lupa juga untuk membawa baju ganti karena menyusuri goa akan sangat rentan terkena air atau lumpur. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata
GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366
Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA