BELAJAR MEMBUAT GERABAH DI DESA WISATA KASONGAN


Desa wisata yang ada di Yogyakarta memang sangat banyak. Anda bisa menemukan mungkin hingga pulihan desa wisata di satu provonsi ini. Namun di setiap desa wisata tentu ada keunikan dan keistimewaan tersendiri. Desa wisata yang menawarkan keunikan dan kekhasannya salah satunya adalah desa wisata kasongan.

Desa wisata yang satu ini berada di desa Kasongan, Bantul, Yogyakarta INDONESIA. Tempat ini tentu saja dikelola langsung oleh pemerintah dan juga warga setempat. Desa wisata ini sudah berdiri sejak lama yakni sekitar tahun 1971. Awal mulanya, desa ini merupakan area persawahan milih penduduk desa namun karena ada sebuha insiden di jaman penjajahan belada, masyarakat di sana beralih menjadi pengrajin gerabah.

Awalnya, masyarakat disana hanya membuat gerabah untuk mainan anak dan juga untuk perabotan rumah tangga saja. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat disana semakin kreatif dan juga semakin melek akan potensi ekonomi yang bisa didapatkan dari gerabah. Saat ini, desa wisata kasongan telah mampu menghasilkan lebih banyak produk menarik dengan kualitas yang sangat tinggi.

Para wisatawan yang datang ke desa wisata ini memang akan menemukan sebuah desa yang kebanyakan penduduknya merupakan pengrajin gerabah. Anda yang suka dengan kerajinan gerabah akan merasa senang berada di desa wisata yang satu ini. 

Ada banyak sekali hasil kerajinan yang bisa ditemukan mulai dari guci, piring, pigura, hiasan dinding dan lain sebagainya.

Pengunjung yang tatang bisa melihat banyak sekali pilihan hasil kerajinan yang tersedia di desa ini. Namun hal yang sangat menarik adalah pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan gerabah di desa wisata kasongan ini. Pengalaman liburan yang akan di dapat jika berkunjung ke desa wisata ini tentu saja bukan hanya pemandangan yang indah dari kerajinan yang dipajang namun juga dari bagaimana anda bisa berkesempatan untuk melihat setiap proses pembuatan gerabah.


Untuk menghasilkan gerabah yang berkualitas dan juga indah, ada banyak proses yang harus dilalui. Dengan melihat prosesnya yang cukup rumit, anda tentu saja akan semakin mengerti dan menghargai hasil kerajinan yang dibuat oleh para pengrajin di desa wisata kasongan ini.
Disana pengunjung bisa dengan mudah melihat hasil kerajinan yang sudah siap dijual di showroom yang tersedia. Hasil kerajinan yang dibuat memang dikenal memiliki kualiats yang sangat tinggi. Bahkan saat ini, kebanyakan hasil kerajinan telah mampu menembus pasar internasional dan banyak dieksport ke berbagai negara di dunia.

Hal ini menjadi bukti jika gerabah buatan dari masyarakat di Jogja tidak kalah dengan gerabah dari luar negeri. Anda yang ingin mendapatkan produk gerabah berkualitas bisa datang langsung ke desa wisata ini dan dapatkan kerajinan terbaik yang sesuai dengan keinginan dan selera anda.
Kebanyakan hasil kerajinan yang diincar oleh para wisatawan adalah guci besar yang cantik. Guci yang banyak dibuat memiliki bentuk yang cantik dengan motif yang sangat beragam. Guci-guci tersebut apabila diletakkan di rumah, nantinya akan mampu menambah keindahan ruangan. Bahkan anda juga bisa mendapai ruangan di rumah semakin terkesan berkelas dengan guci yang di beli dari desa wisata Kasongan ini.

Produk keramik yang dihasilkan di desa kasongan ini, kebanyakan di jual atau diekspor ke luar negeri. Tepatnya di beberapa negara di eropa dan juga amerika. Kualitas produk yang dibuat tentu saja tidak main-main. Gerabah dibuat dengan tanah yang berkualitas dan juga melalui proses yang ketat. Hingga saat ini, desa wisata ini semakin terkenal dikalangan masyarakat dan para pecinta gerabah.

Jadi bagaimana menurut anda? Apakah anda tertarik untuk datang berkunjung ked ea wisata ini apabila sedang berada di Jogja?

Jika memang anda senang dengan pengalaman liburan yang lebih berkesan dan menambah banyak pengetahuan baru mengenai kerajinan dai Indonesia maka jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke desa wisata yang satu ini. Sekian informasi yang bsia disampaikan mengenai desa wisata Kasongan Bantul. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan selamat berlibur


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 081328113366
WA 085804579333
www.wisatakeyogyakarta.com

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store

Klik JOGJAPEDIA