Sejuk dan indahnya Wisata Taman Hutan Rakyat (Tahura) yang sulit dilewatkan




Kabupaten Gunung kidul banyak dikenal sebagai sebuah kabupaten di Jogja yang menyediakan banyak sekali lokasi wisata yang sangat menarik. Anda bisa menemukan berbagai macam keindahan alam Gunung kidul mulai dari wisata pantai, air terjun bukit dan lain sebagainya. Salah satu lokasi wisata yang sangat menarik untuk anda kunjungi apabila berencana untuk melakukan lburan ke Jogja adalah Taman Hutan Rakyat (Tahura). Lokasi wisata yang satu ini menawarkan hal yang berbeda bagi para wisatawan.

Taman Hutan Rakyat (Tahura) merupakan lokasi wisata yang mengusung tema alam dan juga petualangan. Bagi anda yang senang untuk melakukan penjelajahan hutan dan merasakan suasana alam yang masih sangat alami maka lokasi wisata yang satu ini sangat direkomendasikan untuk anda. Lokasi dari wisata ini berada di kawasan konservasiu Hutan bunder atau tepatnya di Pathuk, Gunungkidul, Jogja. Lokasinya memang sangat dekat dengan hutan bunder dan biasanya tempat ini menjadi tempat perkemahan baik untuk para siswa atau bahkan mahasiswa.


Taman Hutan Rakyat (Tahura) ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang senang untuk berpetualang dan melihat kondisi alam di dalam hutan. Banyak sekali pengunjung yang datang ke sini untuk melakukan penelitian. Disini pengunjung juga bisa melakukan camping. Suasana hutan yang masih sangat terjaga membuat taman hutan ini begitu indah dan banyak ditemukan flora dan fauna di dalamnya. Karena hutan ini memang masih sangat terjaga, banyak peneliti yang memilih tempat ini sebagai tempat untuk melakukan penelitian.

Luas dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) ini adalah sekitar 634 hektar. Di dalam hutan, pengunjung bisa melakukan banyak aktifitas menarik seperti melihat flora dan fauna atau bahkan bisa juga hunting foto. Pemandangan alam yangada di dalam hutan ini memang sangat cantik sehingga banyak wisatawan yang datang tidak akan melewatkan kesempatan untuk melakukan foto diantara pepohonan atau di beberapa spot cantik yang memang sengaja disediakan oleh pengelola.

Akses yang mudah
Apabila anda ingin berkunjung ke Taman Hutan Rakyat (Tahura) ini anda tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasinya. Kawasan ini cukup populer di Jogja sehingga dengan menggunakan google maps, anda akan dengan mudah sampai ke lokasi wisata yang satu ini. Kebanyakan wisata yangd atang adalah para pelajar yang akan melakukan penelitian atau camping. Namun banyak juga pengunjung yang sengaja datang karena ingin merasakan suasana hutan dan juga melakukan petualangan.

Di dalam taman hutan ini, pengunjung dapat menemukan banyak jenis tumbuhan dan juga binatang yang memang khas hutan. Jika anda beruntung, anda bisa melihat binatang seperti rusa, burung, ular dan lain sebagainya. Karena memang kawasan hutan masih terdapat hewan berbahaya seperti ular, anda harus selalu wsapada dan berhati-hati ketika memasuki kawasan ini. Anda bisa menjelajahi hutan namun harus mengikuti aturan yang ada.

Di dalam kawasan wisata ini terdapat sebuah tempat yang menjadi tempat konservasi rusa. Jadi anda bisa dengan mudah menemukan dan berinteraksi dengan binatang yang satu ini apabila berkunjung ke Taman Hutan Rakyat (Tahura). Selain itu, hutan ini juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk anda yang ingin belajar mengenai penyulingan minyak kayu putih dan penyemaian bibit. Hal ini membuat Taman Hutan Rakyat (Tahura) memiliki daya tarik yang sangat tinggi terutama untuk kalangan pelajar. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh siapa saja. Anda bukan hanya bisa melihat keindahan alam dan merasakan sejuknya alam di hutan tersebut namun juga bisa sambil mempelajari banyak hal.


Apabila anda berencana untuk mengunjungi Taman Hutan Rakyat (Tahura) ini maka anda bisa menggunakan kendaraan seperti mobil atau motor. Nantinya anda bisa memarkirkan kendaraan di tempat yang telah di sediakan. Tips bagi anda yang datang ke lokasi wisata ini adalah sebaiknya membawa plastic untuk menyimpan sampah apabila anda ingin membuang sampah. Gunakan pakaian yang nyaman dan aman agar terhindar dari gigitan serangga selama berada di dalam hutan. Usahakan untuk jangan sampai membuang sampah sembarangan. Kelestarian lingkungan merupakan hal yang sangat penting dan kewajiban kita semua untuk ikut menjaganya.


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366
www.wisatakeyogyakarta.com

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA