Panorama Air Terjun Sidoarjo yang Megah di Samigaluh Kulon Progo Yogyakarta



Keindahan yang ada di Yogyakarta bisa ditemukan di setiap sudutnya. Provonsi yang satu ini terbentang luas dengan beberapa kabupaten besar. Salah satu kabupaten yang banyak menawarkan banyak loaksi wisata yang memukau adalah kabupaten Kulon progo. Di kabupaten ini, wisatawan bisa menemukan banyak lokasi wisata alam mulai dari pnatai, gunung, gua, air terjun dan lain sebagainya.

Slah satu lokasi wisata yang sangat menarik dan cocok untuk anda pilih adalah air terjun sidoharjo. Anda mungkin baru pertama kali mendengar nama air terjun ini karena memang air terjun ini belum terlalu dikenal oleh wisatawan di luar daerah. Ada banyak keistimewaan yang dimiliki oleh air terjun ini. Anda bisa melihat pemandangana ir terjun yang megah, asri dan memanjakan mata ketika sampai di air terjun tersebut.

Air terjun dengan ketinggian 75m
Hal luar biasa yang akan dapat menyihir mata pengunjung yang datang ke curug ini adalah ketinggian curug yang bisa mencapai 75m. Bisa anda bayangkan sendiri betapa air yang jatuh terlihat begitu tinggi dan juga terkesan seperti melihat air terjun perawan yang pernah di filmkan.

Air terjun ini memang berbeda dengan air terjun lainnya terutama dari segi ketinggian. Saat musim hujan, intensitas air yang datuh di curug atau air terjun ini sangatlah deras. Namun memang kekurangan dari air terjun sidoharjo adalah intensitas airnya yang tergantung dengan musim. Jika musim kemarau tiba, anda akan mendapati air yang sangat kecil saja. Sehingga jika anda berencana untuk datang ke sini sebaiknya memilih waktu yang tepat atau saat musim hujan.

Di sekeliling air terjun terdapat tebing tinggi yang mengelilinginya. Anda bisa mendapatkan panorama air terjun yang sangat indah karena berada di tengah hutan. Suasana di sekitar lokasi wisata ini masih sangat alami dan asri. Belum banyak wisatawan yang kesini. Jadi anda yang senang dengan suasana tenang dan juga sepi akan merasa puas dengan suasana yang ada.


Banyak masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini yang mengatakan jiak air terjun sidoharjo merupakan air terjun yang masih perawan. Disana masih belum terdapat fasilitas seperti kamar mandi, penjual makanan dan fasilitas lainnya. Anda benar-benar akan merasakan liburan seperti berada di tengah hutan jika sampai disana. Karena memang belum ada penjual makanan dan juga fasilitas lainnya, maka pengunjung sebaknya membawa bekal makanan sendiri. Jika memangh terasa ingin buang air kecil, anda bisa meminta izin untuk memakai kamar mandi milik masyarakat sekitar sebelum menuju ke air terjun.

Lokasi dari air terjun ini terbilang cukup jauh dari tempat parkir. Anda harus benrjalan kaki menyusuri persawahan untuk sampai ke lokasi. Namun perjalanan tersebut justru akan membuat suasana liburan terasa semakin menyenangkan. Untuk menikmati pemandangan yang eksotis ini, pengunjung hanya akan dikenakan tiket parkir saja. Tiket parkir yang dipasang hanyalah sekitar Rp.3000 saja. Nantinya anda sudah bisa menikmati pemandangan air terjun sepuasnya. Lokasi parkir air terjun ini juga berada di halaman rumah warga. Hal ini semakin menunjukkan jika air terjun tersebut masih sangat alami dan belum dikelola dengan baik oleh pemerintah.

Perjalanan yang harus ditempuh untuk sampai ke air terjun Sidoharjo jika dari pusat Kota jogja mungkin akan membutuhkan waktu skeitar 2 jam perjalanan. Anda bisamenggunakan motor atau mobil namun akan lebih baik jika menggunakan motor saja karena jalan yang harus dilalui cukup tinggi.

Air terjun ini berada di atas bukit di kecamatan Samigaluh Kulon progo, lokasinya juga cukup berdekatan dengan lokasi wisata lainnya seperti kebun teh, air terjun sintawang dan lain sebagainya.
Jika anda ingin mengunjungi lokasi wisata yang satu ini, pastikan jika kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang prima. Anda nantinya harus melalui jalan yang menanjak dengan banyak tikungan tajam. Pastikan juga rem dalam kondisi baik karena saat perjalanan pulang anda akan sangat sering menginjak rem motor.

 Di sepanjang perjalanan, anda akan disuguhkan dengan pemandangan bukit yang hijau dengan udara yang begitu sejuk. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang berjiwa petualang dan senang dengan wisata alam yang masih asri dan belum banyak terjamah manusia.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366
www.wisatakeyogyakarta.com


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA