Menelurusi Sejarah dari Candi Sowijan yang cantik dan kaya akan cerita


Candi Sowijan menjadi salah satu candi yang sangat menarik dan juga layak untuk dikunjungi. Apabila anda berencana untuk melakukan liburan ke Jogja, berkunjung ke tempat bersejarah semacam ini akan mampu menambah pengalaman liburan menjadi semakin menyenangkan. Candi yang satu ini memiliki keindahan tersendiri. Anda bisa menemukan bangunan candi yang unik karena memiliki arsitekture dengan perpaduan konsep candi Hidu dan juga budha.

Pengunjung yang datang ke candi ini bisa menemukan banyak hal menarik mulai dari bangunan yang indah, relief yang menarik dan juga tersedia taman yang ditata sangat baik. Candi Sowijan, telah dibukan sebagai tempat wisata bagi masyarakat umum sejak tahun 2011. Namun memang candi ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat padahal keindahan yang ditawarkan oleh candi ini tidak kalah dengan candi lain yang berada di sekitarnya.

Pada awalnya, candi Sowijan ditemukan dalam bentu runtuhan batu. Namun setelah dilakukan pemugaran, akhirnya candi ini telah berhasil memunculkan daya tariknya tersendiri. Lokasi dari candi ini tidak jauh dari Candi Prambanan dan juga Plaosan, jadi apabila anda berkunjung ke Candi prambanan atau Plaosan sebaiknya menyempatkan diri untuk mampir di Candi Sowijan juga.

Candi Sowijan apabila dilihat-lihat bentuknya memang mirip seperti bentuk candi prambanan. Bangunan candi awalnya di bangun oleh Raja Balitung sebagai sebuah penghormatan untuk neneknya yang beragama Budha. Hal ini juga yang melatari bentuk candi ini memiliki dua kesan yakni candi Hindu dan juga candi Budha. Di sekitar bangunan candi, and aakan menemukan banyak relief cantik dan kebanyakan merupakan relief binatang.

Relief yang ada di candi menceritakan tengan fable yang berhubungan dengan serita dari Jataka. Beberap tokoh dalam relief tersebut diantaranya seperti kera, buayam kura-kura, dan masih banyak binatang lainnya. Candi ini memang dikenal unik karena reliefnya menceritakan tentang dongeng hewan-hewan yang unik. Tempat ini akan sangat cocok untuk dikunjungi oleh siapa saja bahkan anda juga bisa mengajak anak-anak karena tempat ini cocok untuk bercerita.

Anak-anak tentu akan sangat senang jika diperlihatkan relief yang penuh dengan cerita binatang seperti yang ada di candi tersebut. Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan seru di sekitar candi seperti piknik, bermain bersama dengan kaluarga, berfoto, dan lain sebaginya. Keindahan dari candi ini tetap mampu untuk membuat pengujung merasa betah apalagi ad ataman yang ditata dengan sangat cantik. Taman tersebut cocok untuk bersantai dan menikmati bekal makanan yang dibawa.

Lokasi dan Akses

Apabila anda tertarik untuk sampai ke candi Sowijan maka anda bisa datang ke Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasiya memang sangat dekat dengan candi prambanan sehingga anda tidak akan sulit untuk menemukannya. Dari pusat kota jogja, anda mungkin hanya akan membutuhkan waktu eprjalanan sekitar 1 jam saja. Candi ini berada cukup dekat dengan area persawahan sehingga selama perjalanan, anda juga bisa sambil menikmati hijaunya sawah milih warga setempat.

Keindahan yang ditawarkan oleh candi ini cukup menarik sehingga siapapun yang datang tidak akan merlewatkan kesempatan untuk berfoto dengan background candi Sowijan. Anda bisa mengambil pose terbaik di beberapa spot di candi tersebut seperti di bawah pohon, di depat candi, ditaman atau di spot lain yang menurut anda cocok. Hasil foto yang di dapatkan juga akan sangat baik apalagi jika anda menggunakan kamera dengan resoluasi yang bagus.

Harga tiket masuk ke candi ini tentu saja sangat murah. Disana anda akan merasa sangat nyaman dengan tamannya yang rapi dan cantik. Ada beberapa pohon besar di sekitar candi. Pepohonan ini membuat candi terlihat semakin candik dan juga teduh. Liburan ke jogja tidak harus menghabiskan banyak biaya karena ada banyak tempat cantik yang harga tiketnya sangat murah bahkan gratis. Ketika berkunjung ke tempat wisata seperti ini, pengujung diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan serta jangan sampai melakukan kerusakan. Membawa bekal makanan ketika berlibur akan membuat anda tidak kesulitas untuk mencari makan dan minum ketika merasa haus atau lapar. Nantinya, bekal makanan yang dibawa bisa dinikmati di area taman.  Selamat berlibur.




GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA

WA 085804579333
WA 081328113366