Menambah Pengetahuan Tentang Kayu dan Hutan di Musium Wanagama




Hutan yang ada di Indonesia memang sangat banyak. Namun sebagian hutan telah banyak yang rusak dan juga gundul akibat dari penebangan liar. Hutan perlu untuk dilestarikan katena hutan menparu-paru dunia. Semakin lestari dan hijau kondisi hutan maka dunia ini akan semakin sehat dan terhindar dari berbagai macam bencana. Keberadaan Musium Wanagama ini memberikan hal positi bagi masyarakat untuk lebih mengetahui mengenai kayu dan juga hutan.

Apabila anda berlibur ke Jogja sebaiknya jangan lupa untuk mampir ke Musium Wanagama. Museum yang satu ini sangat menarik karena di dalamnya, pengujung bisa melihat banyak hal dan belajar banyak hal terutama tentang kayu. Lokasi dari museum ini berada di Desa Bunder, Kec. Playen, Gunungkidul. Lokasi dari wisata ini memang berada di kawasan hutan sehingga pengunjung bisa melihat juga kondisi hutan yang ada di Gunung kidul saat berkunjung ke museum ini.

Lokasi Musium Wanagama memang sengaja dibuat berada di kawasan hutan agar pengunjung yang datang bukan hanya bisa mendapatkan pengetahuan tentang kayu dari dalam museum saja namun juga bisa sekaligus melihat langsung kayu dan pohon yang ada di hutan. Tujuan dibangunnya museum ini adalah untukmendeukasi siapa saja yang datang untuk mengetahui berbagai hal tentang kayu. Hampir semua jenis kayu yang ada di Indonesia ini memiliki manfaat bagi manusia. Sehingga penting bagi kita untuk mengetahui sedikit ilmu tentangnya.

Wisatawan yang datang berkunjung ke Musium Wanagama ini nantinya bisa belajarmengenai jenis-jenis kayu, fungsi kayu, dan lain sebagainya. Anda juga akan merasa semakin bangga dengan Indonesia karena memang di tanah Indonesia ada banyak sekali tanaman yang bisa tumbuh. Negara ini layak dikatakan sebagai negeri yang kaya dan subut karena memang ada banyak jenis kayu yang bisa ditemukan di hutan-hutan Indonesia.


Berlibur ke Musium Wanagama bukan hanya membuat anda mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan saja. Namun anda juga akan semakin berwawasan terutama dalam hal yang berkaitan dengan kayu. Konsep dari bangunan museum juga dibuat sangat menwan sehingga setiap pengunjung yang datang akan bisa menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang menarik.

Koleksi di Musium Wanagama
Apabila anda memasuki Musium Wanagama ini maka nantinya anda bisa menemukan banyak sekali koleksi benda yang terbuat dari kayu. Benda-benda tersebut merupakan perkakas rumah tangga, meja, kursi dan semua benda yang terbuat dari kayu. Disana anda juga bisa menemukan informasi mengenai jenis kayu yang digunakan. Informasi tersebut akan menyebutkan mengenai kelebihan kayu beserta dengan nama latinnya.

Anda bisa semakin mengetahui beberapa jenis pohon yang banyak tumbuh di Indonesia beserta dnegan cirri-cirinya juga. Pengetahuan semacam ini akan membuat anda juga semakin menghargai betapa manfaat kayu bagi kehidupan ini sangatlah luar biasa. Tempat ini sangat cocok untuk destinasi wisata ketika liburan telah tiba. Anda bisa mengajak keluarga, teman, atau bahkan sodara.

Pemandangan yang ditawarkan di luar museum juga sangat menarik karena dikelilingi denganbanyak pepohonan tinggi dan hijau. Udara yang sejuk mampu menjadikan mood anda tetap baik. Apabila anda berkunjung ke Musium Wanagama, nantinya juga bisa melihat koleksi kerajinan tangan yang terbuatd dari kayu. Benda-benda yang ada di muse mini cukup banyak sehingga anda bisa melihat banyak sekali benda dan bahkan benda yang belum pernah anda lihat sebelumnya.

Anda yang memiliki hobi fotografi, tempat ini tidak kalah dengan lokasi wisata lain yang juga menyediakan spot foto unik. Anda bisa berfoto di beberapa spot mulai dari dalam bangunan Musium Wanagama, bagian luas bangunan dengan background museum dan juga berfoto diantara pepohonan hutan yang ada. Hasil foto yang anda dapatkan tentu saja akan sangat tergantung dengan kamera, spot yang dipilih dan teknik memfoto yang anda miliki.

Musium Wanagama ini memang menawarkan banyak hal menarik. Anda bukan hanya bisa melihat-lihat koleksinya saja namun bisa juga merasakan kesejukan alam dari hutan yang berada di sekitar museum tersebut. Tempat ini memang sangat layak untuk anda kunjungi. Bagi anda yang tertarik untuk datang maka sebaiknya segera rencanakan liburan anda bersama dengan teman atau keluarga. Apabila anda ingin mendapatkan pengalaman liburan yang lebih serum aka bisa coba untuk mengunjungi lokasi wisata lain di Gunung kidul seperti goa pindul, pantai gunung kidul dan lain sebagainya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366
www.wisatakeyogyakarta.com


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA