MENGAMATI RIBUAN BURUNG KUNTUL DI DESA WISATA KETINGAN


Desa wisata yang ada di Yogyakarta ada banyak sekali yang bisa ditemukan. Seperti yang kita ketahui, Provinsi Yogyakarta sangat luas dan hampir di setiap kabupatennya terdapat desa wisata dengan keunikannya masing-masing. Salah satu desa wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah desa wisata ketingan. Desa wisata yang satu ini berada di Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Desa wisata yang satu ini berbeda dengan desa wisata lainnya. Keunikan yang dimiliki oleh desa wisata ini adalah  pada banyaknya burung kuntul yang bisa dilihat oleh pengunjung. Burung kuntul merupakan burung bangau putih yang biasanya banyak di temukan di persawahan. Di desa ini pengunjung bisa melihat bukan hanya ratusan burung putih yang cantik saja namun ada ribuanb burung kuntul yang bisa ditemukan. Jumlah ini akan membuat setiap pengunjung merasa terkagum.

Apada awalnya, desa ketingan ini hanya di datangi oleh beberapa burung saja namun lama-kelamaan jumlah burung yang datang semakin banyak dan menetap tinggal di pepohonan yang ada di desa tersebut. Masyarakat awalnya juga merasa terganggu dan menganggap burung ini sebagai hama. Namun karena ternyata burung tidak membuat kerusakan dan justru sangat sulit diusir maka mau-tidak mau masyarakat harus hidup berdampingan dengan burung-burung tersebut.

Burung-burung ini banyak tinggal di pohon melinjo milih warga dan di banyakpohon besar lain. Jika anda datang ke desa wisata ini, anda akan langsung disambut dengan banyak sekali burung putih yang bertengger di pepohonan. Desa wisata ini telah dibuka dan diresmikan sejak tahun 1997 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Masyarakat di sana tidak boleh engganggu kehidupan burung-burung tersebut karena telah dibuat peraturan untuk melindungi keberadaan burung.


Bagi anda yang senang mengamati kehidupan burung maka bisa datang ke desa wisata Ketingan ini. Fasiliats yang ada di desa wisata ini adalah adanya pemadu local, menara pengamatan burung, homestay, kendaraan antar emput dan juga aneka makanan khas dari masyarakat sekitar.

Desa ini memiliki penataan yang cukup menarik. Ada banyak pepohonan hijau yang tinggi membentuk terowongan yang bisa menjadi spot foto yang menarik. Anda juga bisa melihat burung-burung secara langsung dari dekat. Namun anda harus tetap berhati-hati ketika berada di bwah pohon, dikhawatirkan nantinya terkena kotoran burung yang jatuh dari atas.

Anda bisa mengamati kehidupan burung –burung kuntul yang sedang berada di pepohonan atau bahkan bisa juga mengamati kegiatan mereka di sawah. Saat anda berada di sawah dan melihat banyak burung kuntul yang sedang mencari makan, anda bisa mengambil foto diantara mereka. Momen seperti ini adalah momen yang sangat dinantikan oleh para pengunjung di desa wisata ketingan. Hasil foto yang anda dapatkan juga tidak akan mengecewakan.

Kegiatan yang ada di desa wisata ini selain mengamati kegiata burung-burung yang sangat banyak, pengunjung juga bisa mengikuti kegiatan masyarakat sekitar seperti bertani, memanen mlinjo jika musimnya sedang tiba, beternak sapi dan lain sebagainya. Pengunjung juga bisa ikut mebuat makanan khas dari desa ketingan ini bersama denganw arga setempat.

Jika anda merasa lapar, di desa wisata ini terdapat tempat makan yang bertema khas Jogja. Menu makan yang dijual tentunya juga makanan Khas jogja. Pengalaman liburan di desa ketingan akan semakin berkesan dengan mengunjungi embung ketingan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari desa wisata tersebut. Selain itu, anda bisa juga datang ke omah kecebong yang merupakan tempat makan tradisional dengan suasana pedesaan yang dikonsep seperti sebuah tempat wisata.

Bagi pengunjung yang datang ke desa wisata Ketingan ini, sebaiknya jangan lupa untuk membawa kamera karena akan ada banyak spot foto yang bisa ditemukan. Di desa ketingan anda bisa berfoto dengan burung-burung, di embung anda juga akan mendapatkan spot foto yang indah, apalagi jika anda datang ke omah kecebong yang memang disana rumah makannya memiliki konsep yang unik. 

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan mobil atau motor. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh dari jalan raya. Dari pusat kota Jogja anda mungkin hanya akan membutuhkan waktu sekitar setengan jam perjalanan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan selamat berlibur.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 081328113366