Menelusuri Jejak Sejarah Jogja (Bagian 5) Benteng Vrederburg



Penelusuran jejak sejarah Jogja sudah mulai memasuki bagian terakhir. Setelah di empat artikel sebelumnya Jogja Wisata telah mengajak Anda ke berbagai macam situs sejarah di Jogja, maka kali ini giliran kami mengajak Anda ke Benteng Vredeburg.

Benteng Vredeburg terletak di area KM 0 Yogyakarta, bersebrangan dengan istana kepresidenan Yogyakarta dan terletak di Jalan Malioboro yang super terkenal itu. Tiket untuk memasuki situs ini sangatlah murah, hanya Rp 2.000,00 saja.

Saat memasuki gerbang anda akan disambut dengan tanah luas dengan bangunan bergaya lama terletak di sebelah kanan dan kiri jalan tersebut. Jendela kayu lebar dan pintu dengan warna pastel seakan membawa kita ke masa lalu. Namun jangan salah, bagian dalam bangunan tersebut ternyata tidak sekuno nampak luarnya.





Museum di sini dibagi ke beberapa bagian. Sejarah yang dipamerkan disini sama seperti yang terdapat di keraton maupun di monumen jogja kembali. Namun di Benteng Vredeburg ini penyampaian sejarahnya sudah lebih modern. Di beberapa sudut terdapat komputer berlayar sentuh yang dapat pengunjung gunakan untuk mendengarkan sejarah atau sekedar bermain games saja. Di beberapa sudut terdapat miniatur peristiwa-peristiwa bersejarah di Jogja, mulai dari sejarah di balik Kesultanan Jogja hingga peristiwa agresi militer belanda 2.

Selesai melihat sejarah, Anda dapat menaiki benteng dan menikmati pemandangan kota dari atas benteng. Anda juga bisa mencoba menikmati suasana di sekitar benteng sambil menaiki sepeda yang tersedia disini. Jangan lupa untuk mengambil foto sebagai kenang-kenangan.

Selesai menikmati sejarah, kini saatnya mengisi perut. Di bagian depan benteng terdapat banyak pedagang yang menjual makanan dari mulai sate hingga bakpia. Jika masih belum terlalu lelah, Anda dapat melanjutkan jalan-jalan Anda ke jalan malioboro dan berbelanja di sana. Jika terlalu lelah, Anda bisa menyewa becak motor untuk mengantarkan anda berjalan-jalan. Namun jika anda terlalu malas untuk melanjutkan jalan-jalan anda, menikmati suasana Jogja sambil duduk-duduk di depan kawasan benteng juga bukan pilihan buruk. Terdapat banyak bangku yang tersedia disini yang dapat anda gunakan.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 081328113366