Menelusuri Jejak Sejarah Jogja (Bagian 4) MONJALI



Menapaktilasi warisan masa lalu di Jogja memang seakan tidak ada habisnya. Setelah di artikel sebelumnya Jogja Wisata telah mengulas tentang keraton, tamansari, dan suasana di sekitar Monjali, kali ini kami akan mengajak anda untuk menelusuri isi dari Museum Monjali.

Ada beberapa ruang museum di kompleks monumen jogja kembali ini. Terdapat museum yang letaknya memutari bangunan tempatnya diletakkan. Disana terdapat miniatur-miniatur yang menceritakan rangkaian peristiwa Agresi Militer Belanda 2 di Yogyakarta. Miniatur tersebut dipajang dibalik kaca dan dibentuk semirip mungkin dengan kejadian aslinya. Rangkaian ceritanya urut dan terdapat backsound cerita dibalik peristiwa tersebut. Karena letaknya memutari bangunan, maka pintu keluarnya tidak jauh dari pintu masuk ke museum. Di bagian luar bangunan juga terdapat dinding timbul yang berisi rangkaian peristiwa yang sama.



Museum lainnya berisi aneka benda bersejarah mulai dari bambu runcing hingga senapan yang digunakan pejuang dahulu. Terdapat pula peta yang menunjukkan perjalanan Panglima Besar Sudirman mengelilingi pulau Jawa untuk mengobarkan semangat juang pahlawan kita. Di sini juga dipamerkan tandu yang dulu digunakan untuk mengangkat Panglima Besar Sudirman saat memimpin gerilya di tengah kondisinya yang sedang sakit. Di tiap-tiap benda akan terdapat keterangan asal benda dan cerita di balik benda tersebut. Suasana di dalam museum sendiri cukup mencekam dan misterius.

Pada waktu-waktu tertentu, di ruang teater diputarkan film dokumenter mengenai peristiwa Agresi Militer Belanda 2. Filmnya sendiri masih berwarna hitam putih dan bersuara khas film tahun 70-an. Bahasa yang digunakan di film pun masih terbilang bahasa Indonesia yang tergolong ‘jadul’.

Apabila anda bertanya-tanya mengapa museum ini sebagian besar menampilkan peristiwa Agresi Militer Belanda 2 saja, nah, hal ini dikarenakan pada peristiwa tersebut Jogja sempat dikuasai oleh Belanda namun pada akhirnya dapat direbut kembali. Itulah sebabnya museum ini pun diberi nama Museum Monumen Jogja Kembali.

Mengunjungi museum ini akan meninggalkan kesan haru dan kagum pada diri Anda. Betapa besarnya jasa-jasa pahlawan terdahulu kita. Anda dapat mampir di ruang berdoa. Di tempat ini sangat tenang dan hening. Di sini anda dapat menundukkan kepala anda sejenak, mendoakan para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan negara kita dulu. Semoga mereka ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya, Aamiin.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 081328113366