Kemegahan Candi Lumbung Prambanan Sleman Jogja Yogyakarta yang Sulit Dilupakan



Menjelajahi situs-situs bersejarah memang banyak dijadikan pilihan oleh para pecinta wisata sejarah. Di Jogja, ada banyak sekali candi megah yang bisa ditemukan seperti candi prambanan, Candi Borobudur, Candi Sambisari, candi Barong, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun ada satu candi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Candi Lumbung. Candi yang satu ini semakin melengkapi keindahan dan juga kemegahan situs bersejarah yang ada di Kota ini.

Candi Lumbung ini merupakan candi yang lokasinya berdekatan dengan candi Prambanan. Pengunjung yang datang bisa dengan mudha menemukan candi ini karena bisa ditempuh dengan waktu beberapa menit saja dari Candi prambanan. Keunikan dan keindahan yang ditawarkan oleh candi Lumbung sangatlah istimewa. Candi  yang satu ini cukup populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan apalagi saat hari libur tiba.

Lokasi dari Candi Lumbung berada di Dukuh Tlogo, Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini sangat cantik karena memiliki bentuk seperti lumbung padi. Hal ini juga yang menjadikan candi tersebut dinamai sebagai candi lumbung. Meskipun candi ini berada di sekitar komplek candi Prambanan, namun candi Lumbung bukan candi Hindu melainkan candi Budha. Anda bisa melihat karakter candi yang memang mirip dengan candi budha 11qdengan stupa-stupa kecil yang berbentuk khas bulat seperti candi Budha pada umumnya.

Apabila anda berkunjung ke candi lumbung, anda bisa juga sekaligus mampir ke Candi bubrah. Jarak Candi lumbung dari Candi Prambanan hanya sekitar 500 meter saja. Dalam satu kali liburan, anda bisa mengunjungi 3 candi sekaligus atau bahkan lebih karena memang di sekitarnya masih ada banyak candi-candi kecil yang bisa dikunjungi secara gratis.

Candi Lumbung diperkirakan dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan kerajaan mataram kuno. Candi ini terbilang luas dan juga megah karena terdapat satu candi Induk yang dikelilingi dengan beberapa candi kecil yang jumlahnya sekitar 16 buah. Kondisi bebatuan dan bangunan candi juga masih sangatbaik sehingga akan mampu membuat siapapun yang melihatnya merasa terkagum dan betah berlama-lama.


Akses dan Fasilitas
Anda yang tertarik untuk mengujungi candi ini maka bisa masuk melalui pintu administrasi candi prambanan. Candi ini memang berada di dalam komplek candi prambanan sehingga pengunjung yang ingin datang biasanya sekaligus berkunjung ke candi Prambanan. Jarak pintu masuk antara taman dari candi Prambanan dengan candi lumbung sangat dekat. Pengunjung bisa menggunakan kereta wisata yang disediakan disana untuk sampai ke candi tersebut. Kereta wisata yang tersedia merupakan kereta berbayar jadi anda harus menyiapkan uang untuk membeli tiket keretanya.

Anda bisa masuk ke candi ini dengan membayar tiket sekitar Rp.30.000 untuk satu orang dengan usia diatas 6 tahun. Jika anda datang bersama dengan rombongan atau anak-anak usia dibawah 6 tahun maka harga tiket perorangnya hanya Rp.12.500.
Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata yang satu ini juga sudah sangat lengkap mulai dari kamar mandi, musola, tempat makan, taman dan lain sebaginya. Jadi anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba merasa lapar atau butuh toilet di lokasi terdekat.

Keindahan taman di sekitar candi Lumbung juga sangat cantik. Anda bis menjadikan taman sebagai tempat bersantai atau bahkan melakukan piknik dengan keluarga. Selain itu, candi ini juga menjadi tempat yang sangat pas untuk spot foto yang indah. Setiap pengunjung yang datang tentu tidak akan melewatkan kesempatan untuk berpose di spot-spot terbaik di candi tersebut.

Candi ini bukanlah candi yang kecil karena berdiri pada area yang cukup luas. Pengunjung akan merasa puas menjelajahi setiap detail relief di bangunan candi. Setelah puas menikmati keindahan candi Hindu di Candi prambanan, anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan mengunjungi Candi budha yang lokasinya sangat dekat.

Berlibur ke Jogja tidak akan membuat anda merasa kecewa karena memang ada banyak lokasi wisata cantik yang siap memanjakan mata. Anda yang senang dengan wisata sejarah juga bisa mendapatkan banyak informasi menarik yang akan menambahkan wawasan dan pengetahuan anda. Selamat merencanakan liburan dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366
www.wisatakeyogyakarta.com

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store

Klik JOGJAPEDIA