Candi Kedulan Cantik Jogja Yogyakarta


Jogjakarta dikenal sebagai kota yang kaya akan kebudayaan. Tidak heran jika dikota ini ada banyak sekali lokasi wisata bersejarah yang layak untuk dikunjungi. Salah satu wisata yang banyak dipilih oleh para wisatawan adalah wisata candi. Ada banyaks kali candi di Kota pelajar ini. Mungkin anda hanya mengenal candi-candi seperti prambanan dan Borobudur saja, padalah ada banyak sekali candi lain yang berada di sekitarnya.

Candi kedulan menjadi salah satu candi yang juga memiliki sejarah yang menarik. Bagi anda yang senang untuk menjelajahi tempat-tempat yang indah dan kaya akan sejarah, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke candi satu ini. Candi ini memang tidak sebesar candi Borobudur dan Prambanan namun tidak bisa dipisahkan keberadaannya dari salah satu candi bsar tersebut.

Candi Kedulan merupakan candi Hindu yang memiliki arsitektur yang khas. Saat ini, candi Kedulan masih dalam proses pemugaran namun masih layak untuk dikunjungi. Proses pemugaran yang sedang berlangsung adalah proses yang pertama dan mungkin akan dilakukan beberapa proses pemugaran agar nantinya candi ini bisa berdiri dengan kokoh dan juga mampu bersaing dengan keindahan candi-candi lain yang sudah selesai di pugar.

Proses pertama pemugaran yang telah selesai, ditandai dengan pemasangan batu puncak yang berada di atap candi. Jika dilihat-lihat, bentuk dari candi ini mirip seperti Candi Sambisari. Hal ini dikarenakan sama-sama berada di bawah permukaan tanah sehingga pengunjung yang datang hanya bisa melihat bagian kecil dari candi tersebut. Apabila dilakukan penggalian, kedalaman candi ini diperkirakan mencapai 6 meter. Anda bisa membayangkan sendiri betapa sebenarnya candi Kedulan sangat besar. Hanya saja memang hanya ditampakkan bagian atasnya saja.

Candi kedulan ini terdiri dari 3 candi perwara yang mirip seperti candi Sambisari. Dilihat dari arsitekturnya juga masih sama atau sejenis.  Hal yang membedakan kedua candi tersebut adalah pada ukuran lahannya. Candi kedulan ternyata memiliki luas lahan yang lebih luas dibandingkan dengan candi Sambisari. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 9 yang artinya juga sama seperti candi Sambisari.


Untuk bisa sampai ke candi ini, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Akses yang harus dituju juga tidak terlalu sulit karena jalanan untuk menuju ke candi semuanya sudah di aspal. Katika anda sampai dicandi tersebut, anda mungkin akan menemukan banyak kerangka penopang karena memang proses pemugaran masih terus dilakukan. Anda tidak perlu bingung untuk sampai ke Candi Kedulan karena sudah tersedia beberapa papan penujuk arah di jalan-jalan menuju ke Candi tersebut.

Jika anda ingin melihat candi ini maka bisa datang kapan saja. Hanya saja anda tidak diperkenankan masuk ke kompleks selama proses pemugaran berlangsung. Jadi mungkin anda hanya bisa menikmati indahnya dari luar pagar. Meskipun demikian, anda masih tetap bisa melihat dengan jelas arsitekture candi dan bahkan bisa melihat langsung proses pemugaran berlangsung.

Apabila anda masih belum puas menjelajahi atau menikmati candi Kedulan, di dekat candi ini ada beberapa lokasi wisata lain yang akan memberikan pengalaman liburan anda semakin lengkap. Candi sambisari misalnya, candi ini sudah selesai dipugar sehingga anda bisa masuk dan menjelajahi keindahan pemandangan candi dengan leluasa.

Tiket masuk ke candi Kedulan saat ini masih gratis, anda hanya diharuskan untuk mengisi buku tamu saja. Jika anda ke Jogja dan mampir ke candi prambanan maka bisa mampir ke candi Kedulan ini. Loaksi dari candi ini tiak jauhd ari pusat kota jogja karena hanya berada di di Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Bahkan jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa juga menggunakan kendaraan umum karena saat ini sudah sangat mudah untuk menemukan ojek online d Jogja.

Tips bagi anda yang ini mengunjungi wisata candi kedulan yang pertama adalah gunakan masker agar tidak terkena debu. Pada saat proses pemugaran, akan ada banyak debu beterbangan yang dapat mengganggu pernafasan. Anda juga perlu mempersiapkan bekal snack dan minuman karena belum ada banyak fasilitas di sekitar candi ini. Meskipun memang masih dalam proses pemugaran, candi ini tetap menarik karena memiliki keunikan dan cerita tersendiri.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366