Menyusuri Indahnya Tamansari Yogyakarta yang Bersejarah




Di tengah-tengah kota Jogja yang megah terdapat banyak lokasi wisata yang kaya akan sejarah. Salah satu lokasi wisata yang sangat terkenal di Kota istimewa ini adalah Tamansari. Anda mungkin sudah sering mendengar mengenai taman ini. namun yang berlum pernah berkunjung ke Jogja mungkin iniadalah kali pertama mendengar mengenai lokasi wisata tersebut.

Tamansari merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Jogja yang kini telah berubah menjadi lokasi wisata yang banyak dijadikan sebagai destinasi wisata. Para pengunjung yang datang bukan hanya dari masyarakat atau wisatan lokal saja namun banyak wisatawan mancanegara juga. Taman sari menawarkan lokasi wisata yang bukan hanya cantik dan juga bernilai sejarah saja namun tempat ini menawarkan banyak sekali spot foto menarik.

Apabila anda sedang merencanakan liburan di Kota Jogja sebaiknya jangan sampai melewatkan lokasi wisata Tamansari. Taman ini sebenarnya merupakan istana air yang dahulu dijadikan sebagai tempat permandian bagi para permaisuri Raja. Keindahan dari taman sari sudah bisa dilihat sejak anda memasukki Gerbang masuk Istana Air Taman Sari, Yogyakarta.

Lokasi dari Tamansari berada di Jl. Komplek Taman Sari, Kraton, Patehan Yogyakarta. Tempat ini awalmulanya adalah tempat bersantai dan rekreasi bagi keluarga kerajaan. Selain itu, taman sari juga dibangun sebagai salah satu benteng pertahanan. Bangunan bersejarah ini sudah dibangun sejak lama yakni pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765.

Istana ini memiliki bentuk bangunan yang unik dan juga eksotis. Tamansari dibangun di atas lahan seluas 10 hektar dan di dalamnya terdapat sekitar 57 bangunan. Di istna air ini terdapat satu kolam besar yang berada di tengah bangunan dan biasanya dijadikan sebagai tempat untuk mandi para permaisuri.

Jika anda berkunjung ke Tamansari maka akan ada banyak sekali bentuk ruangan atau bangunan unik seperti kolam pemandian, pulau buatan, danau buatan, taman, lorong bawah tanah, jembatan gantung, kanal air, bangunan Masjid, dan banyak bangunan unik lainnya. Bangunan taman sari ini memang terlihat begitu megah. Perancangnya tentu bukan arsitek biasa melainkan arsitek kelas dunia di zamannya.


Bentuk bangunan yang indah ini mampu menciptakan kesan taman yang begitu megah. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai spot foto karena memang disetiap sudutnya bisa menjadi lokasi foto yang menarik. Bagi wisatawan, hal pertama yang tidak boleh ditinggalkan adalah menjelajahi seluruh bagunan. Bangunan ini dibangun dengan beberapa lantai sehingga penjelajahan akan menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Beberapa spot manarik yang mampu memukau mata dan cocok dijadikan sebagai spot foto yang instagramable adalah danau buatan di bangunan utama, lalu danau buatan kedua yang berada di sebeleh umbul binangun dan juga kolam garjitawati yang airnya terlihat kebiruan saat sedang terisi air.

Keindahan bagunan ini memang banyak menarik para wisatawan yang senang berburu foto dengan hasil yang mengagumkan. Saking cantiknya bangunan, taman ini sering juga disewa sebagai tempat untuk prewedding. Anda juga tentu pernah melihat beberapa orang ternama di Indonesia yang memilih taman sari sebagai spot foto preweding mereka. Salah satu yang baru-baru ini memilih taman sari sebagai spot foto prewedding adalah putri Bpk. Presiden Jokowi.

Lokasi dari Tamansari ini sangat dekat dengan keraton Yogyakrata. Jadi jika anda datang ke keraton atau taman sari bisa mengunjungi keduanya. Disana anda bisa menemukan banyak pengetahuan baru mengenai sejarah Kota Jogjakarta.

Tamansari adalah satu bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi dengan harga tiket yang sangat murah. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah saja anda bisa menjelajahi bangunan sepuasnya. Di waktu sore hari, anda juga bisa menikmati sunset yang indah dari atas bangunan. Jika anda merasa lelah, di sekitar bangunan juga ada banyak pedagang makanan dan minuman yang bisa ditemukan.

Anda tidak akan merasa kecewa jika datang ke Tamansari karena memang tempat ini menawarkan keindahan bangunan khas Jogja. Jika anda merasa penasaran dengan Tamansari, langsung saja datang ke Jogja. Loaksianya sangat mudah di jangkau baik dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Anda bisa masuk melalui gerbang depan atau gerbang belakang. Kebanyakan wisatawan asli Jogja lebih memilih masuk dari gerbang belakang namun bagi wisatawan luar Jogja tentu akan lebih nyaman jika masuk melalui gerbang depan. Sekian dulu tentang wisata Tamansari, semoga informasi ini bisa membantu anda yang butuh referensi liburan di Jogja. Selamat berlibur.


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366