Wisata sejarah dan alam yang eksotis di Candi Sambisari Kalasan Jogja Yogyakarta



Candi menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dibutru oleh para wisatawan yang senang akan sejarah dan juga keindahan bangunannya. Di Jogja sendiri ada banyak sekali candi yang bisa ditemukan mulai dari candi prambanah, borobudur, candi ijo, dan lain sebagainya. Salah saci candi yang cukup terkenal di Jogja karena memiliki keunikan yang berbeda di bandingakan dengan candi lainnya adalah candi sambisari.



Candi sambisari yang satu ini memiliki keunikan yakni bangunannya yang berada di bawah permukaan tanah. Hal ini membuat pengunjung hanya dapat melihat sebagian kecil dari bangunan candi saja apabila berkunjung ke sana. Meskipun demikian, permukaan dari candi ini berada di atas bukit yang tinggi karena memang bangunan candi yang tertutup tanah ini sangat besar.

Candi sambisari dikatakan sebagai candi terbesar di jogja yang berada di bawah permukaan tanah. Apabila dilakukan penggalian maka akan ditemukan bangunan candi yang besar bahkan dengan kedalaman yang diperkirakan mencapai 6 meter. Awal kisah diketemukannya candi ini memang berasal dari ketidak sengajaan seorang warga petani di sana yang melihat batu keras dengan ukiran. Setelah gali ternyata ada banyak batuan sejenis di dalamnya.

Penelitian kemudian dilakukan oleh para peneliti. Untuk memugar candi ini bahkan dibutuhkan waktu 20 tahun. Namun hingga saat ini hanya di tampakkan bagian atasnya saja. Hal ini tentu saja memiliki tujuan tertentu atau memang sengaja untuk dijadikan sebagai sebuah penginggalan yang terjaga di dalam tanah.

Pengunjung yang ingin melihat candi ini, maka harus menaiki bukit melalui ratusan anak tangga yang disediakan. Sesampainya diatas maka akan dapat dilihat bebatuan candi yang tertara rapi namun memang tidak lengkap karena membutuhkan waktu yang lama untuk menyusun bebatuan tersebut hingga menjadi seperti sekarang.


Keindahan dari candi ini sangat didukung oleh pemandangan alam disekitar candi tersebut. Wisatawan bisa melihat hijaunya bukit dan pemandangan alam dari atas ketinggian. Pengunjung yang datang tidak akan mampu melewatkan kesempatan berfoto disana karena memang pemandangannya mampu memanjakan mata. Sejarah mengenai candi ini hingga saat ini masih menjadi misteri. Diperkirakan, candi ini memiliki kaitan yang erat dengan candi lainnya seperti canti prambanan, plaosan, sojiwan dan candi lain yang berada di sekitarnya.

Jika anda tertarik untuk datang ke candi smabisari maka anda bisa langsung menuju ke Lokasi Candi Sambisari yakni di Dusun Sambisari, Desa Purwomartsani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jalan menuju ke candi tersebut sangat mudah karena aksesnya sudah berupa jalan aspal yang halus.

Rute Menuju Candi Sambisari
Untuk bisa sampai ke sana, anda bisa melalui jalan Jogja-solo lalu belok kiri dari gerbang AAU. Setelah itu akan ada papan petunjuk arah menuju ke candi tersebut. Selain itu anda bisa juga melalui jalan raya tajem untuk bisa sampai ke sana. Waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai kesana hanya 30 menit saja dari puat kota Jogja. Setelah sampai maka anda bisa melihat dan menikmati keindahan alam sekitar dan keindahan batuan dari candi yang masih terjaga.

Harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh setiap pengunjung hanya sebesar Rp. 3000 saja. Sedangkan untuk tiket parkirnya hanya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Harga tiket ini sangat murah sehingga banyak wisatawan lokal yang sering datang kesana untuk menikmati keindahan dari candi.

Para wisatawan yang berkunjung tidak perlu merasa khawatir akan fasilitas yang tersedia. Meksipun harga tiketnya murah, sudah ada beragam fasilitas yang tersedia di candi tersebut. Disana sudah terdapat fasilitas yang cukup lengkap mulai dari Mushola, Papan informasi, Ruang Informasi, Gazebo, Tempat parkir, dan jugaToilet.

Menikmati keindahan alam disekitar candi sari akan memberkan anda pengalaman liburan yang menyenangkan. Jika anda belum puas mengunjungi candi ini maka bisa mencoba untuk datang ke candi lain yang lokasinya berada di sekitar candi tersebut. Anda bisa datang ke candi ini dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Akses jalan yang mudah serta banyak lokasi wisata lain disekitar candi membuat anda bisa mencoba menjelajahi lokasi wisata menarik lainnya. Sekian informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat dan Selamat berlibur.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366
www.wisatakeyogyakarta.com

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store

Klik JOGJAPEDIA