Serunya Bermain Wisata Air di Grojokan Lepo Bantul Jogja Yogyakarta


Bantul memang menjadi salah satu kabupaten Yogyakarta yang menawarkan banyak sekali wisata alam yang memanjakan mata. Salah satu lokasi wisata yang cukup terkenal di Bantul adalah air terjun grojokan Lepo. Air terjun ini selain disebut sebagai grojokan Lepo juga sering kali disebut dengan air terjun ledok pkoh. Masyarakat umum lebih sering menyebutnya Lepo karena lebih singkat. Air terjun ini telah dibuka dan diresmikan sebagai lokasi wisata sejak tahun 2013. Hingga saat ini, air terjun tersebut semakin dikenal masyarakat dan semakin banyak pengunjung yang datang.

Air terjn ledok pokoh atau Lepo ini berlokasi di dusun pokoh 1, desa Dlingo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, di Yogyakarta. Lokasinya tentu saja tidak terlalu jauh dari pusat kota. Anda yang berencana untuk melepas lelah dan memang sedang membutuhkan referensi lokasi wisata menarik di sekitar Jogja perlu untuk memasukkan air terjun atau grojokan Lepo ini ke daftar destinasi liburan anda.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata yang satu ini maka anda perlu melakukan perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Jogja. Perjalanan yang ditempuh tidak terlalu sulit karena jalanan ke Bantul sudah beraspal dan juga tidak terlalu banyak tanjakan. Hanya saja setelah anda masuk ke perkampungan, nantinya akan menemukan jalan yang masih berupa cor semen dan tidak terlalu lebar. Meskipun demikian, kendaraan roda empat tetap bisa masuk ke sana.

Lokasi wisata ini memiliki keistimewaan yang mampu menarik wisatawan baik dari sekitar Bantul atau bahkan dari luar kota. Air terjun Lepo memiliki karakter berundak sehingga terlihat tidak terlalu tinggi. Meksipun demikian, pemandangan yang ditawarkan di lokasi wisata ini tidak akan mengecewakan. Anda yang sampai ke lokasi wisata ini nantinya akan menemukan 3 air terjun yang berundak dan menciptakan kesan yang begitu menakjubkan.

Air yang jernih dan kolam yang tenang. Daya tarik air terjun Lepo mampu menyihir siapa saja yang melihatnya. Anda bisa menikmati 3 air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Air terjun pertama adalah yang paling pendek. Sedangkan air terjun ke dua dan ketiga cukup tinggi karena memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Air yang jatuh dari atas tebing terlihat membentuk tirai dan menciptakan cipratan air yang menyejukkan. Di bawah air terjun, terdapat kolam yang tenang dan tidak terlalu dalam sehingga sangat nyaman untuk berenang.

Bagi orang dewasa, berenang di bawah air terjun kedua adalah pilihan yang tepat karena kedalaman kolam disana sekitar 1 hingga 1,5 meter. Namun untuk anak-anak yang masih kecil bisa memilih kolam di air terjun ke 3 yang lebih dangkal. Apabila anda mengajak anak-anak untuk berlibur ke sini, sebaiknya selalu beri pengawasan karena merkipun dangkal, tetap saja berbahaya apalagi bagi anak-anak yang masih kecil.

Air yang mengalir dari air terjun ini masih sangat jernih. Ketika musim penghujan, debit air di air terjun Lepo tentu saja meningkat. Saat air mengalir jernih, air terjun akan terlihta begitu indah dengan kolam yang berwarna biru kehijauan. Pemandangan alam di sekitar air terjun juga masih sangat hijau dan asri sehingga nambah keindahan alam di air terjun tersebut.

Harga tiket masuk yang harus dibayarkan untuk bisa menikmati air terjun ini hanya suka rela. Pengelola atau penjaga air terjun hanya menyediakan kotak sumbangan untuk para wisatawan. Selain itu anda akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp.2000 saja untuk parkir motor. Dengan biaya yang sangat murah, anda sudah bisa menikmati pemandangan yang begitu eksotis. Jika anda datang ke sana sebaiknya beri sumbangan yang sesuai agar pengembangan fasilitas disana semakin baik.

Saat ini sudah ada beberapa fasilitas yang tersedia di air terjun Lepo. Beberapa fasilitas yang ada diantaranya seperti kamar mandi, kamar ganti, warung, tempat duduk dan lain sebagainya. Anda tidak perlu khawatir jika kehausan atau kelaparan karena ada beberapa warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman.  Berlibur ke air terjun Lepo, jangan lupa untuk membawa baju ganti agar anda

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366