Mengintip sejarah di candi Plaosan yang indah



Sleman menjadi salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menyediakan banyak wisata bersejarah. Jika anda berencana untuk melakukan liburan ke Jogja, akan ada banyak tempat wisata menarik yang bukan hanya menambah pengalaman saja namun juga mampu menambah wawasan sejarah. Salah satu lokasi wisata yang sangat indah dan menyimpan cerita sejarah yang mengagumkan adalah candi Plaosan. Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai lokasi wisata yang satu ini. Candi ini lokasinya tidak jauh dari candi prambanan. Bentuk dari candi Plaosan sangat indah meskipun tidak sebesar candi prambanan. Ada banyak wisatawan yang datang ke lokasi wisata sejarah ini karena memang tertarik dengan keindahan yang ditawarkan.

Sejarah di balik candi ini akan memberikan banyak pengetahuan baru bagi penungjung. Jadi anda akan dapat merasakan sensasi liburan yang menyenangkan ketika sampai di candi tersebut. Candi plaosan berada di wilayah Kalasan  dan dibangun pada masa Raja Rakai Pikatan. Raja tersebut merupakan raja dari Mataram Kuno yang bekuasa dari tahun 840 -856.

Candi Plaosan dibangun oleh Ratu Sri Kaluhuran dan sang suami. Sri Kaluhuran adalah seorang putri dari Raja Samaratungga. Candi Plaosan ini menjadi saksi ikatan cinta sepasang suami tersebut. Awalnya, pasangan Ratu Sri Kaluhuran dan suaminya tidak direstui oleh orang tua masing-masing. Namun karena mereka mampu membuktikan besar cinta yang dimiliki maka akhirnya mereka mendapatkan restu.

Masyarakat di sekitar candi percaya dengan mitos bahwa siapa saja yang datang kesini dengan membawa pasangannya maka nantinya akan menjadi pasangan yang langgeng. Mitos ini kemudian banyak beredar di kalangan wisatawan dan membuat candi ini semakin memiliki daya tarik. Namun mitos memang sekedar sugesti, anda bisa mempercayainya atau tidak semua tergantung dengan diri sendiri.


Bangunan Candi ini awalnya tidak terurus dan membuat penampakannya kurang diminati oleh wisatawan. Namun saat ini candi sudah dirawat dengan baik sehingga terlihat begitu mengagumkan. Dahulu untuk bisa menikmati keindahan candi, pengunjung hanya disuruh mengisi buku tamu saja. Sekarang jika anda ingin menikmati keindahan dari Candi Plaosan akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp.3000 rupiah. Selain itu anda juga akan dikenakan biaya parkir mulai dari Rp.2000 hingga Rp.5000.

Perawatan dan pengelolaan candi kini sudah semakin baik hingga kawasan Candi memiliki keindahan yang tidak akan membuat pengunjung yang datang merasa kecewa. Di sekitar kawasan candi telah banyak dibuat taman yang cantik dengan spot foto yang menarik. Selain itu juga ada banyak sekali pedagang kaki lima yang bejajar di sekitar kawasan candi untuk menjajakan dagangan kepada para pengunjung. Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menemukan makanan saaat merasa lapar.

Banyaknya pedagang yang menjajakan makanan di sekitaran candi plaosan ini membuktikan jika pamor dari candi sudah naik dan semakin diminati oleh para pengunjung. Jika anda datang ke Kawasan candi saat hari libur maka akan di dapati banyak sekali wisatawan yang datang. Waktu terbaik berkunjung ke candi ini adalah di waktu pagi hari atau sore hari. Anda tidak akan merasa kepanasan dengan terik sinar matahari dan juga memiliki kesempatan untuk menikmati sunset yang terkenal cantik disana.

Sunset eksotis dari candi Plaosan
Candi ini memiliki dua bagian yakni Induk utara dan selatan. Di candi induk utara anda bisa menemukan cerita dari relief yang ada di sana. Relief yang dibuat pada candi utara  didominasi oleh perempuan. Sedangkan di candi induk Selatan akan didominasi dengan cerita relief laki-laki. Hal ini merupakan salah satu ciri khas yang bisa anda temukan di candi tersebut. Ukuran dari candi yang ada di sana cukup besar dan bisa ditemukan sekitar 172 candi. Liburan ke kawasan ini akan membuat anda memiliki pengalaman yang menyenangkan karena memang Palosan menawarkan keindahan yang istimewa.

Bagi pecinta hunting foto tentu akan merasa puas dengan pemandangan yang disuguhkan serta banyaknya spot foto unik yang disedikan. Diwaktu sore hari, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk bisa menikmati sunset yang indah. Anda yang ingin membuat siluet diantara candi dengan background sunset yang cantik bisa datang ke candi ini di waktu sore hari. Namun anda harus bersabar karena memang untuk bisa mendapatkan hasil foto yang bagus, anda harus sabar mengantri dengan wisatawan yang lainnya.


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366