Wisata Alam dan Sejarah di Goa Selarong Jogja Yogyakarta


Ada banyak sekali lokasi wisata menarik yang bisa kita jumpai ketika berada di kota Yogyakarta. Anda yang senang dengan lokasi wisata yang memiliki kesan alami serta memiliki cerita sejarah yang menarik maka bisa mencoba untuk mempertimbangkan goa selarong. Nama goa selarong ini mungkin saja juga pernah anda dengar sebelumnya. Goa ini berada di wilayah bantul. Seperti yang kita ketahui, bantul memang memiliki banyak lokasi wisata yang berupa goa. Namun goa disana memang merupakan goa-goa yang memiliki keunikan dan cerita yang terbilang bersejarah. Anda yang senang menjelajahi dan menyusuri goa akan dapat menemukan hal unik dari goa yang satu ini.

goa selarong merupakan goa yang sudah ada sejak lama. Berdasarkan cerita, goa ini merupakan goa yang dahulu menjadi tempat persembunyian dari pangeran Diponegoro. Selain itu goa ini juga menjadi tempat penting untuk mengatur strategi ketika akan melawan pihak kolonial belanda. Jika anda berada di goa ini maka nantinya akan langsung menemukan patung pangeran Diponegoro yang mengendarai kuda dengan mengenakan sorban putih. Goa ini memang sangat identik dengan sejaran dan sangat erat kaitannya dengan pangeran Diponegoro. Anda tentu juga sudah sangat familiar dengan sosok pahlawan yang satu ini.

Tentang Goa Selarong
Koa selarong ini berada di Dusun Kembang Putihan, Guwosari, Pajangan Bantul Yogyakarta. Anda bisa sampai kesana dengan Jarak tempuh sekitar 30 km dari pusat kotaYogyakarta dan hanya memakan waktu  kurang lebih 45 menit. Dalam perjalanan menuju ke lokasi wisata yang satu ini anda akan dapat menjuampai banyak pepohonan yang rindang dan suasananya masih sangat asri. Di bagian kri kanan goa ini terdapat aliran air terjuyan kecil yang akan membuat suasana komplek goa selarong terasa semakin menenangkan dan juga begitu syahdu.  Anda akan merasa begitu senang ketika sudah memasuki komplex goa tersebut meskipun nantinya anda tidak masuk ke dalam goa.



Perlu anda ketahui, goa selarong ini memiliki bentuk kemiringan yang cukup curam yakni sekitar 45 derajat sehingga untuk bisa sampai ke sana anda harus melalui anak tangga yang jumlahnya diperkirakan mencapai 400 anak tangga. Dari anak tangga menuju ke goa, wisatawan bisa mengambil foto dengan hasil gambar yang cukup menarik apalagi nanti jika sudah sampai di bibir goa. Sebenarnya goa ini merupakan goa yang sempit karena ukurannya hanya sekitar 3 meter saja dengan ketinggian 1,7 meter dan panjangnya hanya sekitar 3 meter saja. Kebanyakan orang menyebutnya sebagai goa buntet atau goa buntu karena tidak tembus dengan pintu goa lainnya.

Meskipun goa ini buntu, namun menurut cerita juru kunci disana, goa ini sebenarnya memiliki pintu penghubung menuju ke perut bukit kapur namun yang bisa menembusnya hanyalah pangeran diponegoro pada masa itu. Seperti yang telah kita ketahui, pangeran Diponegoro merupakan pahlawan dengan ilmu yang sangat tinggi dan juga memiliki kesaktian yang melebihi orang biasa. Pada zaman belanda, banyak penjajah yang mengepung goa ini namun sangat sulit untuk menemukan pangeran diponegoro karena memang bisa menembus pintu gain menuju ke perut bukit kapur.

Goa ini memang merupakan salah satu goa yang memiliki cerita sejarah serta cerita mistis tersendiri. Bagi wisatawan yang datang kesini maka bukan hanya bisa menikmai keindahan alami di skeitar goa saja melainkan juga akan mendapatkan pengalaman mengunjungi lokasi wisata dengan sejarah yang sangat luar biasa. Cerita dan keunikan goa ini adalah daya tarik yang mampu membuat wisatawan merasa ingin mengunjunginya. Anda bisa mengobrol banyak dengan juru kunci apabila ingin mendapatkan lebih banyak informasi mengenai goa tersebut.

Jika masih merasa penasaran dengan isi di dalam goa, wisatawan juga bisa memasukinya. Namun anda harus bersiap dengan kegelapan gua, suasana yang terasa sedikit mistis dan juga aroma khas goa yang ada di dalamnya. Ketika masuk ke dalam goa sebaiknya wisatawan mengajak juru kunci atau pemandu wisata agar lebih nyaman dan tenang. Penjelajahan goa tidak akan membutuhkan waktu yang lama karena panjang goa yang hanya sekitar 3meter saja. Meskipun tidah di desain dengan banyak lampu warna-warni, wisatawan tetap bisa merasakan nuansa alami khas goa di goa selarong ini.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366