Taman Tempuran Cikal, Wisata Baru di Jogja, Ada Apa Di Sana?


Namanya Taman Tempuran Cikal, letaknya di Dusun Cikal, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Spot wisata baru Jogja ini mulai dirintis pada Februari 2019. Awalnya, taman yang berada di tempuran atau pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Opak dan Sungai Kaligawe merupakan lahan yang tidak terurus. Bahkan lahan yang kini jadi tempat wisata baru Jogja dulunya adalah tempat pembuangan sampah.

Dengan dana swadaya masyarakat sekitar sendiri, akhirnya lahan yang tidak terawat itu sekarang menjadi taman yang bisa menjadi tempat rekreasi. Para warga bekerjasama dan gotong royong membersihkan tempat itu dari sampah-sampah yang banyak sekali berserakan. Hasilnya seperti yang kita lihat sekarang, tempat tersebut semakin hari menyedot pengunjung untuk menikmati alam, serta beberapa wahana yang ada di taman tempuran cikal.

Sejak dibangun tahun 2018, Taman Tempuran Cikal sudah menunjukkan keasrian dan keindahannya. Di taman yang berluaskan 9600 meter persegi tersebut, sudah berdiri sekitar 14 gazebo. Gazebo-gazebo tersebut difungsikan sebagai warung atau kedai. Pengunjung bisa menikmati aneka jajanan maupun kuliner khas tradisional sambil menikmati suasana alam pedesaan yang berada di pinggir sungai.

Tidak hanya itu, Taman Tempuran Cikal tersedia juga beberapa wahana yang bisa pengunjung gunakan selama piknik di tempat wisata baru Jogja ini. Pengunjung bisa menaiki speedboat yang nantinya untuk menyusuri sungai. Naik speedboat menyusuri sungai sangat menyenangkan, jadi jika anda sedang liburan ke sini jangan lupa untuk naik speedboat.


Beberapa gazebo kecil yang terbuat dari bambu juga ada di sini. Kita bisa bersantai sejenak di gazebo bambu setelah keliling taman. Di taman tempuran cikal juga sudah dibangun air mancur, kolam kura-kura, panggung terbuka serta pelabuhan mini. Pelabuhan mini itulah yang digunakan untuk menambatkan perahu atau speedboat untuk menyusuri sungai.

Meskipun masih tergolong tempat wisata baru Jogja, fasilitas serta wahana di taman tempuran cikal sudah lumayan lengkap. Di sini juga ada arena permainan anak seperti ayunan, moto trail, dan juga mini ATP. Jika anda berencana melaksanakan kegiatan outbond, pihak pengelola taman juga menyediakan fasilitas outbond. Rencana ke depan, di tempat ini akan dibangun sebuah museum bahan pangan tradisional. Pastinya museum ini akan semakin melengkapi fasilitas serta wahana di taman tempuran cikal.

Taman yang berlokasi di pertemuan antara dua sungai yaitu Opak dan Kaligawe menawarkan wisata yang seru dan tentunya juga murah. Kenapa murah? Bayangkan saja, untuk menyusuri sungai menggunakan speedboat saja pengunjung cuma perlu merogoh koceh sekitar 10 ribu rupiah saja. Jika naik perahu jukung, biayanya lebih murah lagi yaitu 5 ribu rupiah saja. Begitu juga ketika anda naik ATP atau mini motor trail, biayanya 10 ribu rupiah.

Selain biaya sewa wahana yang sangat murah, biaya masuk dan parkir kendaraan tidak diberi jarga yang ditentukan alias seikhlasnya. Tentu saja pengunjung yang menginginkan liburan murah, Taman Tempuran Cikal menjadi destinasi wajib anda ketika liburan tiba.

Mengunjungi Taman Tempuran cikal juga turut membantu pendapatan warga sekitar. Adanya taman ini ternyata memberi manfaat bagi warga dan masyarakat  khususnya di dusun Cikal ini. Mereka bisa mendapatkan penghasilan dari jualan berbagai makanan tradisional, ataupun persewaan arena dan wahana permainan. Pemasukan dari wisata ini juga digunakan untuk menambah dan membuat sarana dan fasilitas lainnya. Diharapkan wisata ini menjadi tempat wisata baru Jogja yang bisa menjadi magnet wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah.

Masyarakat di sekitar Taman Tempuran Cikal layak mendapat apresiasi dan penghargaan. Mereka menyulap tempat yang sebelumnya tidak terawat, banyak sampah berserakan menjadi sebuah taman yang indah, dan menjadi wisata keluarga yang dekat dengan alam.

Mereka mengajarkan kepada kita semua bahwa sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan. Menatanya menjadi sesuatu yang sedap di pandang mata dan sebagai tempat bagi semua orang untuk menikmati keindahan alam.

Dengan menggunakan dana swadaya mandiri dan semangat gotong royong, mereka sukses menjadikan Taman Tempuran Cikal sebagai tempat wisata baru Jogja. Jika anda bingung mau piknik kemana, anda bisa mengunjungi tempat ini dan mencoba bagaimana rasanya naik speedboat menyusuri sungai.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366