Menjelajahi Goa Kiskenda Girimulyo Jogja yang Bersejarah di Yogyakarta


Ada banyak sekali hal menyenangkan yang dapat dilakukan ketika liburan telah tiba. Salah satu hal yang paling banyak dipilih ketika hari libur telah tiba adalah melakukan liburan. Siapa sih yang tidak senang dengan yang namanya liburan? Dengan berlibur seseorang akan dapat merasakan suasana baru yang belum pernah di rasakan sebelumnya. Kota Yogyakarta merupakan salah satu yang menyimpan banyak sekali keindahan alam. Jika anda ingin melakukan perjalanan liburan di Jogja maka sempatkan untuk datang ke kabupaten Kulon progo progo. Disana ada banyak sekali lokasi wista alam yang cantik dan menarik. Selain itu ada juga lokasi wisata sejarah yang sangat unik dan juga memiliki cerita yang istimewa.

Kabupaten Kulon progo progo terdiri dari banyak kecamatan. Dan kecamatan girimulyo adalah salah satu yang sering kali dijadikan sebagai tujuan wisatawan baik para wisatawan dari dalam kota atau bahkan dari luar kota. Kulon progo progo sebenarnya memiliki bentuk atau karakter lokasi pegunungan yang cukup tinggi. Namun hal inilah yang justru menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satu lokasi wisata yang cukup terkenal di sana adalah wisata goa. Ada sebuah goa yang cantik dan layak untuk dikunjungi di wilayah tersebut, namanya adalah goa Kiskenda.

Dari namanya anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai goa yang satu ini. namanya memang mirip seperti sebuah cerita perwayangan. Kiskenda memang berasal dari kisah pewayang. Di goa ini terdapat cerita mengenai dua kera yakni sugriwa dan juga subali. Keindahan goa ini juga cukup istimewa apalagi ada cerita menarik di dalamnya. Jika anda senang dengan wisata sejarah sekaligus wisata alam maka goa ini akan memberikan anda pengalaman sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Goa ini awalnya merupakan sebuah petilasan yang kini semakin dikenal sebagai sebuah objek wisata. Karakter dari goa ini adalah seperti goa yang lainnya. Wisatan bisa masuk ke dalam goa yang kedalamnya tidak terlalu panjang. Goa ini telah banyak dikunjungi oleh wisatawan dariberbagai daerah karena memiliki kisah yang sangat terkenal. Disana wisatawan akan disuguhi pemadangan alam yang hijau karena lokasinya dekat dengan hutan pinus dan juga perbukitan yang tinggi.

Jarak lokasi wisata dengan kota jogja


Dari kota jogja, lokasi ini berjarak sekitar 38 km. Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 1 hingga dua jam untuk sampai ke goa tersebut. Nantinya pengunjung harus melalui jalanan yang tinggi dan berkelok-kelok karena memang lokasinya berada di atas perbukitan. Setelah sampai disana, anda akan di sambut dengan tukang parkir yang sekaligus juga tyukang tiket. Harga tikernya terbilang sangat murah. Anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp. 5000 saja. 

Di lokasi wisata yang satu ini, pengunjung bisa langsung masuk ke dalam goa namun bisa juga bersantai terlebih dahulu untuk menikmati taman yang ada di sana. Penataan lokasi goa ini sangat bagus dan cantik sehingga anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasanya menyenangkan. Jika ingin masuk ke dalam goa sebaiknya anda berhati-hati karena jalannya berupa undak-undakan dan sedikit gelap. Selain itu juga harus berhati-hati karena saat menyusuri goa ini anda harus merunduk karena jarak atap goa dengan dasar goa tidak terlalu tinggi.

Suasana mistis juga akan dapat dirasakan ketika berada di dalam. Ada beberapa sesajen yang memang sengaja di pasang di dalam goa. Namun memang entah maksud dan tujuannya apa. Anda hanya perlu untuk menjaga sikap dan perkataan karena biasanya di setiap goa akan ada makhluk halus yang menunggui. Apalagi goa ini awalnya adalah sebuah petilasan yang kaya akan sejarah. 

Meksipun terasa sedikit mistis, anda tetap akan dapat menikmati suasana khas goa yang dipenuhi dengan stalaktit dan stalakmit yang cantik. Disana juga sudah terpasang lampu-lampu sebagai penerangan agar wisatawan dapat menjelajah dengan nyaman. Anda mungkin hanya akan melakukan penelusuran hingga di bagian tengah goa saja karena penerangan terbatas hanya sampai di bagian tengah.

Setelah puas menikmati goa, anda bisa berfoto, bermain ayunan di taman, menikmati binatang yang dipajang atau bersantai di kursi-kursi taman yang telah di sediakan. Disana juga sudah terdapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap seperti mushola, kamar mandi, dan juga pedangan makanan. Setelah puas menikmati goa Kiskenda, anda bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata lainnya yang memang ada banyak sekali lokasi menarik yang jaraknya hanya beberapa kilo meter saja dari goa tersebut.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366