Menikmati Uniknya Goa Rancang Kencono Gunung Kidul



Kabupaten Gunung Kidul menjadi salah satu kabupaten di Yogyakarta yang dikenal dengan keindahan wisata alamnya. Di kabupaten tersebut memang wisata pantai adalah yang paling populer dan menjadi andalan masyarakat sekitar. Namun selain menawarkan keindahan pantai yang eksotis, Gunung Kidul juga memiliki lokasi wisata alam lain yang tidak kalah kesotis. Salah satunya adalah goa rancang kencono. Goa yang satu ini memang belum terlalu banyak diketahui oleh para wisatawan, padalah goa ini memiliki keindahan yang cukup memukau mata.

Goa rancang kencono ini berada di lokasi yang memang cukup tersembunyi. Namun anda tetap bisa sampai kesana dengan mudah karena sudah ada akses yang nyaman untuk menuju ke goa tersebut. Wisata alam yang satu ini menawarkan banyak keistimewaan. Ketika anda akan merencanakan liburan ke suatu tempat tentu saja akan mempertimbangkan keistimewaan apa yang bisa di dapatkan. Pengunjung atau wisatawan, bisa menemukan goa dengan ruangan yang terbilang luas dan juga lapang karena memiliki luas sekitar 20m x 20m dengan ketinggian 12 meter.

Goa yang satu ini biasanya sering sekali dijadikan sebagai tempat untuk sarasehan, piknik atau bahkan camping. Selain luas, goa rancang kencana ini juga tidak gelap seperti goa-goa pada umumnya.hal ini dikarenakan terdapat rongga diatas goa yang memungkinkan sinar matahari untuk tetap masuk dan menerangi ruangan dalam goa. Karena goa ini memiliki rongga diatas, maka goa ini terlihat seperti lubang sumur ke bawah dan juga tidak banyakdijumpai ornamen seperti stalaktit dan stalakmit di dalamnya. Meksipun demikian, hal ini justru membuat pengunjung bisa bergerak dengan nyaman ketika berada di dalam perut goa.


Awalnya goa ranang kencan merupakan goa biasa yang tidak terurus. Namun karena memiliki keindahan dan terlihat potensi wisata yang menarik, masyarakat sekitar kemudian mengembangkannya menjadi lokasi wisata yang cantik. Lokasi wisata goa rancang kencono terletak di padukuhan menggoran II, desa bleberan, kecamatan playen, kabupaten gunungkidul, daerah istimewa Yogyakarta. Jalan yang harus ditempuh untuk sampai ke sana membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja. Anda yang senang melakukan tracking cocok untuk memilih goa ini sebagai destinasi wisata karena jalanan yang harus dilalui cukup ekstreme.

Harga tiket goa rancang kencono
Keindahan dari goa rancang kencana ini bisa anda nikmati dengan membayar tiket yng sangat murah. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya sekitar 3.000,- per orang. Harga tiket yang dibayarkan ini sudah termasuk tiket masuk ke air terjun Sri Gethuk. Goa ini memang lokasinya sangat dekat dengan air terjun Sri Gethuk, sehingga anda bisa sekaligus menikmati pemandangan yang indah di air terjun tersebut karena lokasinya hanya berjarak 1 km saja dari goa tersebut.

Fasilitas goa rancang kencono
Pengunjung yang datang ke wisata yang satu ini akan dapat menemukan beberapa fasilitas yang menarik. Salah satu fasilitas yang bisa didapatkan oleh pengunjung adalah area camping. Tempat ini sebanrnya memang banyak dijadikan sebagai camping area bagi para wisatawan. Kebanyakan yang sering camping di lokasi ini adalah anak sekolah atau kelompok wisatawan dari berbagai daerah. Jika anda ingin menikmati camping seru di sini maka anda hanya perlu menghubungi pemerintah desa bleberan untuk mendapatkan izin camping disana.

Melakukan liburan di Gunung Kidul merupakan hal yang sangat menyenangkan. Ketika anda mengunjungi goa ini, maka itu artinya anda juga mengunjungi air terjun Sri Gethuk. Wisatawan yang berkunjung tidak akan melewatkan kesempatan untuk menikmati indahnya alam sekitar goa dan sejuknya air di air terjun yang ada di dekatnya. Anda bisa melakukan banyak kegiatan menyenangkan disana mulai dari menjelajahi goa, bermain air, berfoto, picnik, camping dan lain sebagainya. Jika anda ingin ke goa rancang kencana ini, anda bisa menggunakan motor atau mobil. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, anda bisa menyewa mobil atau motor di Jogja. Untuk sampai ke sana memang tidak bisa diakses dengan kendaraan umum, jadi pilihannya adalah menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa. Sekian informasi tentang goa rancang kencana, semoga informasi ini menambah referensi liburan anda di Jogja.



GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366