Asal Usul Lava Bantal, Tempat Asyik untuk Menikmati Wisata Alam Jogja Yogyakarta


Lava bantal merupakan salah satu lokasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dari namanya anda mungkin mengira jika lokasi ini terdapat lava dengan bentuk bantal. Namun memang nama lava bantal diambil dari bebatuan lava yang bentuknya seperti bantal-bantal yang tidak tertata. 

Lokasi ini termasuk sebagi geo wisata yang terletak di Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman. Anda bisa menikmati pemandangan yang unik dan menikmati keindahan alam di lokasi wisata yang satu ini karena memang masih sangat alami. Lava bantal ini terbentuk akibat dari erupasi atau lelehan lava yang kemudian bersentuhan dengan air sehingga lava membeku dan membentuk sesuatu yang sangat unik. Bentuk lava yang tidak beraturan dan seolah ada isian kapas didalam bebatuan ini menjadikannya terlihat seperti bantal. Hal ini yang menyebabkan masyarakat sekitar menyebutnya sebagai lava bantal. Bentuk lava ini sangat unik, anda dapat menemukan lava beku yang sudah membatu dengan bentuk lonjong, bulan atau bentuk tidak beraturan lainnya. Lokasi ini menjadi menarik karena memang bekuan lava ini terlohat masih sangat alami dan juga benar-benar membuat siapa saja yang melihatnya merasa terkagum.

Lava bantal ini jika dilihat sekilas memang hanya akan tampak seperti batuan biasa dengan ukuran besar dan juga tidak teratur. Namun banyak wisatawan yang tidak tahan untuk berfoto ke lokasi yang satu ini. Bentuk batuan ini sangat unik dan terletak dekan dengan aliran sungai sehingga wisatawan yang datang bukan hanya dapat menikmati pemandangan batuan saja namun juga bisa bermain air yang mengalir cukup deras. Biasanya wisatawan yang datang adalah masyarakat sekitar dan bahkan orang-orang dari luar daerah yang merasa penasaran dengan lokasi wisata yang satu ini. 

Bentuk batuan yang tidak teratur ini memiliki warna hitam sehingga akan sangat terlihat jelas terbentang dipinggiran sungai. Disekeliling sungai, anda juga akan menemukan banyak pepohonan hijau. Anda yang terbiasa hidup diperkotaan tentu saja akan merasa sangat senang dengan pemandangan asri yang ditawarkan. Liburan menyenangkan tidak harus ditempat-tempat yang sulit dijangkau dan juga memiliki harga tiket yang mahal. Dengan datang ke lokasi wisata ini anda bisa merasakan pengalaman menikmati alam dengan bentuk yang unik dan udara yang masih sangat indah.



Apabila Anda gemar melakukan traking dan juga senang menjelajah ke lokasi-lokasi yang memang masih belum banyak dikunjungi maka lava bantal ini sangat cocok untuk menjadi salah satu destinasi wisata tujuan. Wilayah Yogyakarta memang selalu saja menawarkan lokasi wsiata baru yang eksotis dan memiliki nilai keunikan terseniri. Di lokasi wisata tersebut, wisatawan dapat menyusuri sungai dan menjelajahi bebatuan yang ada. Apabila anda memiliki hobi fotografi juga akan mendapatkan hasil foto yang bagus apabila memiliki teknik yang baik.lava bantal ini terletak di pinggir sungai dan sangat dekat dengan jembatan. Dari atas jembatan saja anda bisa menikmati indahnya alam di sana. Namun apabila sedang berada di atas jembatan, anda akan merasa sangat ingin turun dan merasakan langsung serta melihat dari dekat bagaimana detail dari lava bantal tersebut.

Nama kali atau sungai tempat adanya lava bantal ini adalah di sungai muncar. Diketahui usia bebatuan ini sudah sangat lama bahkan hingga jutaan tahun. Diperkirakan usia batuan ini adalah sekitar 81 juta tahun. Meskipun terbilang sangat tua namun masih kalah tua dengan batu sekis mika yang berada di komplex melange luk ulo yang usianya sudah mencapai 117. Wisatawan yang senang dengan geo wisata yang unik dan juga masih sangat asri bisa datang untuk mengunjungi lava natal ini. Anda dapat menggunakan google map untuk sampai ke sana. Lokasinya memang berada di wilayah kulon progo yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta. 

Anda bisa datang ke sini dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jika ingin menjelajahi perkampungan yang masih sangat tradisional nantinya dapat menyewa sepeda dari masyarakat sekitar atau dapat membawa sendiri dengan mobil anda. Liburan yang menyenangkan adalah diciptakan sendiri.

Anda bisa menciptakan suasana liburan yang menyenangkan di lava bantal ini dengan teman. Beberapa kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan adalah mandi di sungai, berbaring diatas batu, piknik, menjelajahi wilayah sekitar lava bantal dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila merasa penasaran, anda bisa coba langsung mendatanginya.


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366