Wisata Pantai Parangtritis Jogja Yogyakarta



Siapa yang tak kenal dengan Pantai Parangtritis Yogjakarta. Pantai satu ini telah lama melegenda sebagai tempat tinggalnya Nyai Roro Kidul, Ratu Penguasa Pantai Laut Selatan. Tapi tak hanya kisah legendanya saja yang terkenal, wisata pantai parangtritis juga sama terkenalnya.

Wisata pantai Parangtritis menawarkan berbagai aktivitas pantai yang  mengasyikkan. Tak hanya sekedar menyuguhkan deburan ombak dan pemandangan pantai yang indah, Pantai Parangtritis juga menawarkan aktivitas watersport seperti Bananaboat dan Paralayang serta aktivitas lainnya. 

Banyak wisatawan, datang mengunjungi pantai cantik ini saat libur akhir pekan dan juga libur panjang akhir tahun. Namun selain di waktu-waktu tersebut, pantai Parangtritis tetap ramai dan tak pernah sepi pengunjung. 



Legenda Pantai Parangtritis 

Pantai Parangtritis merupakan bagian dari Pantai Selatan Jawa, dimana sosok mistis legendaris Nyai Ratu Roro Kidul tinggal. Meksi tak ada bukti otentik yang mampu menjelaskan keberadaannya, namun menurut penuturan masyarakat, beliau benar-benar ada.

Pantai Parangtritis menjadi begitu terkenal karena konon kabarnya, di pantai inilah raja-raja kerjaan Mataram kerap melakukan ritual untuk menghubungkan diri dengan sang penguasa pantai Selatan. 

Mitos yang beredar menyebutkan, Ratu Pantai Selatan merupakan istri dari raja-raja kerajaan Mataram. Siapa yang menduduki singgasana kerajaan Mataram, maka ia akan secara otomatis akan menjadi suami Pengusaha Laut Selatan
Banyak mitos dan pantang yang dilarang untuk dilakukan selama berkunjung ke pantai ini, seperti mandi di pantai, berenang dan memakai baju berwarna hijau. Konon kabarnya, siapa yang melanggar pantangan ini akan terseret ombak laut pantai Selatan. 

Alasan Mengapa Harus Berkunjung ke Pantai Parangtritis Yogjakarta 

Meski dikelilingi oleh banyak hal-hal mistis, namun bagi yang sudah pernah ke Parangtritis pasti tau alasan mengapa pantai cantik satu ini recomended untuk dikunjungi.

Tapi bagi yang belum pernah berkunjung, dan hanya mendengar namanya saja, berikut ini alasan mengapa anda wajib mengunjunginya.

● Pantai dengan nuansa Timur Tengah 

Tak seperti kebanyakan pantai lainnya di Indonesia, di pantai Parangtritis terdapat padang pasir layaknya di pantai Timur Tengah. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama gumuk pasir. Meskipun gumuk pasir di Parangtritis tak seluas gumuk pasir di pantai Parang Kusumo, namun kehadirannya tetap dapat di temukan di beberapa spot pantai Parangtritis. 

Klik Disini


● Wisata berkuda 

Jika di Bali menawarkan wisata pantai dengan menaiki Unta, di Parangtritis pengunjung dapat menikmati pantai sembari menaiki Kuda. Pengunjung dapat memilih menaiki Kuda dengan atau tanpa pemandu. Namun semuanya tetap sangat mengasyikkan. 

● Pantai Melihat Bule

Ingin melihat bule berenang di Pantai? Tak perlu jauh-jauh ke Bali, di pantai Parangtritis anda bisa menemukannya. Meski Bule yang  datang ke Parangtritis tak sebanyak Bule yan ada di Bali, namun jika anda sedang beruntung anda dapet melihat sejumlah Bule tengah bermain ombak di Pantai Parangtritis.  

Aktivitas di Pantai Parangtritis 

Bagaimana tertarik berkunjung ke pantai Parangtritis? Berikut ini daftar aktivitas yang biasa kamu lakukan selama berada disana.

• Berkuda di tepi pantai 

Berkuda adalah aktivas yang paling banyak dilakukan para pengunjung saat berkunjung ke Pantai Parangtritis. Dengan harga Rp.30.000,-/orang anda sudah bisa menaiki kuda di sepanjang pantai dari barat hingga ke timur. 



• Bekeliling Pantai dengan mobil ATV 

Mengingat ada banyak gumuk pasir di Pantai Parangtritis, mobil ATV menjadi pilihan beberapa orang untuk memacu andrenalin mereka di tepi pantai. Bagi anda yang tertarik menaiki mobil ini, anda dapat menyewanya dengan durasi jam atau sesuai kesepakatan dengan pemilik ATV.

• Menaiki dokar di tepi pantai 

Tak hanya berkuda, di Pantai Parangtritis juga menyediakan wisata dokar atau andong berkeliling pantai. Jika Kuda hanya dapat dinaiki satu orang saja, maka dokar dapat dinaiki beramai-ramai maksimal 5 orang. 

• Paralayang 

Menikmati pemandangan Pantai Parangtritis dari ketinggian dengan terbang menggunakan parasut, ditawarkan bagi anda yang memiliki andrenalin lebih. Wahana ini sangat menarik karena memberikan nuansa berbeda pada liburan anda.

• Menikmati Sunset 

Menikmati matahari terbenam di pantai Parangtritis, menjadi aktivitas murah meriah yang bisa anda lakukan. Kesan romantis dan damai akan anda dapatkan. Sembari duduk di pasir menghadap lautan, Sunset di Parangtritis akan sangat berkesan di hati 


Harga tiket Masuk Pantai Parangtritis 

Untuk bisa menikmati keindahan Parangtritis anda harus membeli tiket masuk seharga Rp.10.000,- harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Untuk itu, membeli paket wisata ke Yogyakarta termasuk kunjungan ke Pantai Parangtritis jauh lebih murah dan efisien dibandingkan membeli tiket langsung di tempatnya. 

Tertarik berwisata ke Yogyakarta? Hubungi kami di WA 081328113366