Dolan Ndeso Boro, Tempat Outbond Paling Terekomendasi di Jogja Barat


Saat ini di Yogyakarta banyak terdapat desa wisata. Setiap desa-desa wisata tersebut menawarkan keunggulan atau ciri khasnya masing-masing. Ada desa yang menjual keindahan alamnya, kegiatannya, makanan khas dan hasil alam unggulannya. Dengan adanya desa wisata di berbagai daerah di Provinsi Yogyakarta tersebut, membuat mata pencaharian baru bagi penduduk setempat. Tentu saja ini membuat lapangan pekerjaan semakin terbuka lebar, khususnya bagi pemuda-pemudi setempat. Pendapatan daerah pun juga meningkat sebagai akibat dari pertumbuhan desa wisata yang terus menyedot pengunjung baik dari dalam maupun luar daerah. Salah satu desa wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta adalah Dolan Ndeso Boro. Dolan Ndeso merupakan bagian dari Desa Wisata Banjarasri. Desa Banjarasri terletak di Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, yang merupakan kabupaten bagian barat Provinsi Yogyakarta. Dolan ndeso, begitu nama yang paling dikenal oleh masyarakat seantero Jogja merupakan tempat rekreasi untuk aktivitas luar ruangan atau biasa disebut outbond. Sudah banyak instansi, sekolah, bahkan universitas berkunjung ke Dolan Ndeso untuk kegiatan outbond. Karena memang fasilitas, sarana dan prasarananya sudah lengkap di sana. Tempatnya terletak tidak jauh dengan gereja katholik Borosuci. Letaknya yang berada di samping saluran air Van Der Wijk Kalibawang membuat Dolan nDeso sangat alami dan "ndeso". Sehingga tempat ini sangat cocok untuk outbond sekaligus wisata rohani bagi umat kristiani.

Saat mengunjungi Dolan nDeso, kesan pertama yang akan pengunjung dapatkan adalah kembali dan bermain ke desa. Di sebelah timur dan utara Dolan nDeso kita bisa melihat persawahan hijau yang amat luas. Keindahan seperti ini sangat jarang sekali dinikmati oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan. Pemandangan yang benar-benar bisa membuat pikiran menjadi adem dan tenang. Sedangkan, di sebelah barat kita bisa melihat barisan perbukitan Menoreh yang tampak gagah. Membuat kita selalu tak henti-hentinya memuji pada Tuhan yang telah menciptakannya. Di sebelah selatan ada aliran sungai yang cukup jernih, air sungai yang mengalir dari pegunungan belum banyak terkontaminasi sampah-sampah. Suasananya memang benar-benar sangat ndeso. Siapapun yang ke sini pasti akan merasakan bagaimana nikmatnya hidup di desa yang gemah ripah loh jinawi. Dolan ndeso bisa anda jadikan sebagai tempat wisata outbond untuk mempererat persaudaraan. Outbond punya banyak sekali manfaatnya, salah satunya meningkatkan softskill seseorang. Softskill meliputi ketrampilan berkomunikasi, bersosialisasi, dan ketrampilan mengendalikan diri. Dolan Ndeso sebagai salah satu tempat outbond akan membantu memfasilitasi untuk meningkatkan sotskill. Dengan permainan yang seru seperti melintasi jembatan tali yang bawahnya kolam air misalnya. Akan membuat para peserta saling bekerja sama. Sehingga ada rasa saling membantu dan tentunya meningkatkan kemampuan berkomunikasi. 



Jika anda berniat akan melakukan outbond entah dengan keluarga maupun dengan kolega kantor/organisasi sebaiknya anda pesan terlebih dahulu. Dikarenakan banyaknya pengunjung yang mungkin akan ataupun sudah memesannya lebih dulu. Pengelola outbond Dolan ndeso Boro menyediakan empat paket wisata yaitu, pertama Paket petualang cilik, Paket live in, Outbond, dan Paket pulang ke desa. Paket  petualang cilik dikhususkan untuk anak-anak sekolah dasar yang aktifitasnya meliputi bercocok tanam sampai membajak sawah dan kegiatan lain yang bersifat dekat dengan alam. Sedangkan outbond untuk orang dewasa dipatok dengan harga kisaran 65 sampai 100 ribu rupiah per orang. Tetapi jika datang dalam bentuk rombongan seperti organisasi mahasiswa, rombongan atau perusahaan ada harga khusus yang diberikan. Paket pulang ke desa dan live in yaitu paket yang menawarkan kepada pengunjung untuk merasakan kehidupan di desa bagaimana berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Untuk paket Live in sedikit berbeda yaitu pengunjung tinggal di rumah-rumah warga sekitar.   

Paket Pulang ke Desa dan paket Live In yaitu paket yang menawarkan pengunjung merasakan kehidupan masyarakat sekitar dn adanya interaksi dengan masyarakat sekitar. Hanya saja yang membedakan yaitu kalau paket Live In ini ada acara menginap di rumah-rumah penduduk, sedangkan kalau paket Pulang ke Desa ini tidak disertai dengan acara menginap. Dan kegiatannya pun juga hampir mirip yaitu mengalami menjadi orang desa. merasakan keseharian orang-orang di sana setiap harinya dari pagi sampai malam dan seterusnya. Saat ini Wisata Dolan nDeso Boro sudah memiliki dua buah rumah penginapan yang berkapasitas sampai 120 orang serta beberapa buah kamar mandi dan wc. Bagi anda yang ingin merasakan bagaimana hidup di pedesaan yang aman, damai dan tentram anda bisa mencoba paket yang ditawarkan oleh Dolan nDeso Boro. Dolan nDeso Boro juga merupakan tempat outbond di Jogja bagian barat yang paling kami rekomendasikan, karena tempat ini sangat seru dengan permainan outbond yang seru dan tidak membosankan.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 081328113366
WA 085804579333