Daftar Desa Wisata Jogja Yogyakarta


Sejuk, Nyaman, Segar...Ya itu adalah tiga kata yang mewakili suasana Desa... 

Pemandanganya pun masih asri,gaya hidup sederhana,masyarakat ramah tamah, apalagi kalo kita jalan jalan dipagi hari,,,disambut burung yang berkicauan,hantaran sawah luas dengan padinya yang  melambai lambai seakan mengajak kita bermain. Buat kamu yang ingin melarikan diri dari penatnya ibu kota. Wisata kedesa bisa jadi pilihan menarik lho, coba deh sesekali wisata ke desa wisata di yogyakarta. Mulai dari cocok tanam, dan pembuatan kerajinan tangan dari grabah. Pastinya unik dan menarik...

Sebagai Referensi,inilah 30 desa wisata menarik di Yogyakarta 

1. Desa Wisata Sambi

Desa Wisata Sambi ini terletak di jalan Kaliurang padukuhan Sambi desa Pakembinangun Kec. Pakem Kabupaten Sleman DIY. Disini kita bisa secara langsung mempraktekan kegiatan pertanian seperti tanam padi,bajak sawah, dan budidaya jamur,selain itu kita juga dapat mempelajari kesenian seperti wayang kulit, karawitan,uyon uyon dan lain lain. Rumah joglo di desa sambi ini juga masih ada lho.bangunan tua ini dibangun sejak tahun 1952. 

2. Desa Wisata Tanjung

Lokasi Desa ini dekat dengan monumen jogja kembali atau lebih tepatnya berada di Desa Dono Harjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Desa Tanjung Juga punya rumah joglo bersejarah konon sudah berusia 200 tahun. Untuk potensi kerajinan atau home industry antara lain pembuatan mainan anak, proses memasak makanan tradisional, dan pembuatan batik.

3. Desa Wisata Penting sari

Desa ini terletak di Umbul Harjo kecamatan Cangkringan, Sleman. Didesa ini kita bisa mengunjungi Kaliurang dan Kali Kuning disini pemandangan gunung merapinya sangat indah, kita juga dapat mengunjungi Pancuran Sendangsari, Batu Luweng, Watu Gendong, Watu Payung dan masih banyak lainnya. Di desa ini juga memiliki Joglo Herbal untuk konsultasi pengobatan dari tanaman tanaman herbal. Kita juga bisa mendapatkan bibit tanaman herbal dan sayuran organik.

4. Desa Wisata Karangtengah

Desa ini terletak di Karangtengah, Imogiri, Bantul. Kekhasan di Desa mempunyai nuansa yang sangat tradisional terbuat dari kayu. Sebagai tempat pembudidayan sutra liar dan tanaman indighovera yang digunakan untuk pewarna batik. Kita juga bisa langsung praktek membatik.

5. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo ini terletak di perbukitan manoreh kulon progo,disini kita bisa jalan jalan menyusuri kebun teh. air terjun ditempat inipun masih sangat alami,

6. Desa Wisata Manding

Sedikit berbeda dengan desa wisata yang menonjolkan wisata alamnya, kalo di Desa Wisata manding ini kita bisa belajar dan menambah wawasan pengalaman karena di Desa wisata Manding Bantul ini merupakan desa wisata sentral kerajinan kulit.


7. Desa Wisata Kembang Arum

Desa Wisata Kembangarum yang asri ini terletak di daerah Turi, Sleman. Yang membedakan Desa ini dengan lainnya adalah Design dari Pagar batu yg ditata rapi, tampak menyatu dengan alam menyegarkan.Berbagai tanaman hias banyak ditanam di sepanjang gang. Perpaduan ini jelas membedakan Desa Wisata Kembangarum dari desa lain pada umumnya.

8. Desa Wisata Tembi

Desa Wisata Tembi ini menyediakan kuliner tradisional dikawasan sekitar. Desa Wisata Tembi ini juga memiliki Museum Rumah Budaya Tembi atau Tembi House of Culture yang kental dengan kebudayaan jawa dan koleksi tradisionalnya. 

9. Desa Wisata Kasongan

Desa Kasongan ini letaknya di Jl. Kasongan No.3, Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Kekhasasn di Desa ini adalah rumah galeri kerajinan grabahnya seperti guci, pot bunga, lampu hias, miniatur alat transportasi (becak, sepeda,  mobil), aneka tas, patung, souvenir untuk pengantin, serta hiasan lainnya yang menarik untuk dipajang di rumah. Dibeberapa galeri juga menawarkan kursus singkat cara pembuatan grabah. Sehingga saat kita berkunjung kesana selain mendapat hiburan juga mendapat ilmu.

10. Desa Wisata Banyusumurup

Desa Banyusumurup Imogiri merupakan desa pengrajin keris, desa ini terletak di girirejo,imogiri bantul. Menariknya dari Desa ini karena ada galeri keris yang membuat kita bisa belajar berbagai jenis keris sesuai pamor dan kegunaannya,kita bisa melihat proses pembuatan keris dan ada juga pembelajaran seni dan budaya terkait filosofi keris.

11. Desa Wisata Candran Kebunangun

Berawal dari keperihatinan  warga akan perekonomian, sehingga munculah ide dibangunnya museum tani didesa tersebut,dengan koleksi koleksinya yang menarik seputar peralatan pertanian dan kesenian yang ada di Desa tersebut, kini koleksinya menacapai kurang lebihnya 260.

12. Desa Wisata Krebet

Desa ini terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Lokasinya bersebelahan dengan Goa Selarong saksi bisu perjuangan pangeran diponegoro, Ke khasaan di Desa ini ada pada kerajinan batik kayu, yang tentunya tidak ada di Desa desa lain.

13. Desa Wisata Kebon Agung

Desa Wisata Kebon Agung ini dikenal dengan Desa Wisata Pertanian dan Kebudayaanya. didesa ini kita akan diajak cara menanam padi, mengembala itik atau seputar kegiatan yang dilakukan warga yang mayoritas mata pencahariannya adalah petani selain itu kita juga diajak mengenali kesenian dan menelusuri beberapa kegiatan lain yang tidak kalah menarik seperti menyusuri sungai opak, belajar batik tulis, topeng batik kayu dan batik keramik . 

14. Desa Wisata Ketingan

Di Desa ini ada beberapa obyek Wisata Andalan Katingan seperti  Bukit Batu,Taman Hijau,Taman Religi selain itu ada taman pintar, obyek wisata susur sungai katingan, Kebun Raya Katingan dan Taman raya bukit raya bukit baka.

15. Desa Wisata Sendari

Letak desa ini ada dikelurahan tirtoadi sleman, potensi besar di Desa ini adalah Desa Wisata berbasis bambu, kerajinan yang dihasilkan Desa Wisata Sendari adalah seperti lincak, tempat tidur, kursi, meja, gazebo, dan sebagainya. Bahkan sudah diEkspor ke Manca Negara.

16. Desa Wisata Brajan

Didesa ini juga mempunyai potensi besar sebagai desa wisata berbasis bambu yang sudah mendunia. 

17. Desa Wisata Bejiharjo

Didesa ini kita bisa menyusuri Goa pindul,cave tubing pindul,body rafting oya,gu glatik,worksop wayang sada,goa tanding,goa krital dan goa sriti

18. Desa Wisata Nglanggeran

Di Desa ini terdapat Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran,yang sudah terkenal bahkan pernah menerima penghargaan ASEAN Community Based Tourism (CBT) Award 2017.

19. Desa Wisata Wukirsari

Desa Wukirsari ini terkenal dengan seni batik tulis dan wayang dengan teknik tatah sungging selain itu kita juga bisa berkunjung kemakam makam leluhur.

20. Desa Wisata Kelor

Di Desa Wisata Kelor ini menawarkan wisata kebun salak,sarana outbond,susur sungai dan kuliner selain itu kita juga bisa bermalam di rumah joglo sehingga menambah kekhasan suasana desa

21. Desa Wisata Grogol

Pemandangan Di Desa ini begitu indah, juga memiliki aneka pertunjukan seni budaya, tempat outbond dan aneka kuliner.


22. Desa Wisata Gabgan

Di Desa Wisata Gabgan ini kita bisa mempraktekan langsung Budidaya Salak,Pertanian Padi/Palawija, Membajak Sawah, Membatik, Karawitan (musik tradisional/gamelan), Olahan Salak, Tangkap Ikan, Pengelolaan Barang Bekas, Budidaya Burung Puyuh/Ayam Kampung, Budidaya Ikan, Tracking Sungai/Susur SungaiDesa Wisata Ledok sambi

23. Desa Wisata Gamplong

Didesa ini kita bisa meengunjungi mini Hollyywood dan bangunan bangunan  bersejarah.

24. Desa Wisata Pucung

Pucung karangasem merupakan desa yang tekenal dengan kerajinan tatah sungging kulit terutama wayang kulit,selain kita dapat belanja kerajinan di daerah tersebut, kita juga dapat mengikuti pembelajaran proses pembuatanya.

25. Desa Wisata Ketingan

Siapa Sangka di Desa Wisata Ketingan burung kuntul yang di anggap hama oleh warga, kini menjadi tempat wisata unggulan desa wisata burung kuntul.

26. Desa Wisata Pancoh

Desa ini terletak di Dusun Pancoh Desa Girikerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Kini Desa Pancoh menjadi wisata edukasi bertani, membatik, belajar gamelan, berkunjung ke peternakan, memetik salak, kerajinan tangan daur ulang sampah, outbond, serta kegiatan lainnya. 

27. Desa Wisata Nganggring

Didesa ini terkenal dengan peternak kambing etawa yang menghasilkan susu etawa penuh kasiat. Disni kita dapat memerah secara langsung dan mencicipi susu kambing etawa segar.

28. Desa Wisata Tunggul Arum

Desa Wisata Tunggul Arum ini letaknya dekat dengan gunung merapi, sehingga menjadi tempat persinggahan para wisatawan yang melakukan lava tour, selain itu Di Desa ini masih kental dengan adat budaya rutin seperti Merti Bumi sebagai bentuk rasa syukur biasayanya dilakukan pada bulan sapar atau sebelum panen. 

29. Desa Wisata Pulesari

Letak Wisata Pulesari berada dilereng gunung merapi. Terkenal dengan Desa wisata budaya dan tradisi. Setiap Rabu safar di Desa ini melakukan kegiatan upacara rutin pagar bumi sebagai ucaparan rasa syukur. Kita juga difasilitasi outbond, fun fame, dan trekking., selain itu kita juga bisa mencicipi salak dengan berbagai macam olahan.

30. Desa Wisata Garongan
Di Desa Wisata Garongan ini kita bisa menikmati fasilitas outbond, sejuknya air terjun dan disini juga terdapat pondok pondok untuk berrbagai macam pertemuan.