12 Tips Sehat saat Liburan Berwisata di Jogja Yogyakarta


1. Minum yang Cukup


Jangan Lupa penuhi kebutuhan Cairan Tubuhmu saat Liburan... Saking senengnya jalan jalan sampai lupa minum...

Akhirnya dehidrasi dan radang tenggorokan sampai panas dalam dan masuk angin...

Jangan sampai sakit saat Liburan !!!
Minum yang Cukup!!!
Berlebih juga Nggak Masalah...!!!
Jangan Takut Sering Kencing... Itu Bagus... Buang Racun dan Mendinginkan suhu Tubuh...!

Bila Perlu Minum Larutan Penyegar



2. Kurangi Porsi Makan namun Sering

Nah ini Gaes.. Saat liburan nih GAes.. kurangi porsi makan kita... selain berat buat jalan trus bawaannya ngantuk selain itu juga bisa merugi Gaes,,, karena saat jalan kita melihat ada kuliner unik kita malah udah kekenyangan hehehe... kalo mau makan banyak ya dibanyakin lauknya aja Gaes... hahahaha... jangan lupa juga cemilan bergizi seperti rumput laut atau sayuran gituu... berhubung mingkin lebih banyak jalan maka makan juga ga perlu banyak tapi sering...



3. Tidur saat sempat di Perjalanan

Nah tips yang satu ini khusus buat yang sedang tidak nyopir Gaes... hehehe.. kebayang khan kalo sopir tidur saat nyetir... hehehehe... buat si Driver nih... kalo memang ngantuk ya harus istirahat atau bergantian yah nyerirnya supaya ngga jenuh dan kecapaian berkonsentrasi... penumpangnya lebih baik tidur bila memang ngga ada pemandangan yang berarti... OK?  

Saat malam pastikan kurangi begadang... Istirahat dan tidur yang cukup supaya esok hari bangun dengan kondisi yang segar. Kurang tidur menyebabkan pasokan Oksigen ke otak berkurang dan menyebabkan kepala sakit pusing ya Bro and Sis.



4. Kurangi skala Pedas dan Asam Makanan

Sakit perut sangat mengganggu liburan kita... jadi nggak bisa menikmati perjalanan atau bahkan harus sering berhenti cari WC umum buat setoran encer Gaes... Njijiki thooo... hehehehe... makanya kurangi skala pedas dan makanan yang asam kecut ya Gaes... biar perut aman bersahabat. Selain itu jajan makanannya harus pilih yang bersih yah.. jangan sembarangan, setujuh yah...! 



5. Rileks Santai Woles (Fokus Berwisata tidak Disambi Pekerjaan)

Hindari stres dan konfrontasi tidak perlu dan Lupakan sejenak pekerjaan kantor apalagi pekerjaan rumah seperti cucian dan setrikaan yah hahahaha.... Berhubungan nih dengan kondisi kejiwaan kita, apalagi kita tuh liburan khan maunya mau reset NOL lagi nih Gaes... suupaya ketika aktif kembali di kenyataan dunia nyata yang pahit ini bisa segar dan kuat menghadapi Kenyataan.



6. Bersikat Gigi lebih sering disertai Kumur dengan Cairan Antiseptik Khusus Mulut

Bisa dibilang 70% penyakit datangnya dari mulut Gaes.. lewat makanan dan proses pembusukan pencernaan yang pertama yaitu MULUT. So kebersihan kondisi Mulut harus dijaga supaya terhindar dari penyakit2 seperti sariawan, panas dalam, dan Influenza. Dengan membersihkan mulut dengan bersikat gigi minimal 2x saat mandi dan setelah makan dan berkumur cairan antiseptik khusus mulut maka 90% peluang sakit bisa Hilang Gaes... Percaya deh.. Buktikan aja sendiri. APalagi buat yang merasa sering sakit flu. 



7. Mandi dengan Air Hangat dengan Sabun Antiseptik

Mandi dengan air hangat membantu membuka pori dan membuat kotoran yang menempel di kulit lebih mudah terbuang bersama sabun. Selain itu Air hangat dapat membuat syaraf dan otot kita yang seharian dipakai bekerja untuk liburan dapat cepat kembali rileks sebelum diajak tidur nih Gaes... juga dengan badan yang dihangatkan dengan air panas maka bisa membantu tubuh membuang gas gas di dalam tubuh terbuang bersama Kentut... hahahaha... Ciyuz... cobain deh...



8. Seringlah mencuci tangan 3 jam sekali dan sebelum dan sesudah makan

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa dengan mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan dapat mengurangi potensi peluang sakit sampai 90%. Itu bener bingitz Gaes... nyatanya semua yang dipegan oleh tangan kita itu bisa disalurkan ke bagian tubuh lain yang lebih beresiko terhadap bakteri. Cucilah tangan dengan sabun antiseptik khususnya sebelum dan sesudah makan dan setelah menyentuh benda yang berpotensi terinfeksi bakteri. Uang juga material yang sangat besar potensinya terhadap penyebaran bakteri, dan saat kita liburan biasanya kita lebih sering menerima dan memberi transaksi uang fisik ke lebih banyak orang lain.



9. Memakai Baju yang Menyerap Keringat dan Seringlah Berganti Baju

Saat kita liburan biasanya kita lebih banyak beraktifitas di luar dengan gerakan yang memproduksi keringat lebih banyak Bro and Sis.. Tul ngga...? Justru itu keringat itu baik untuk menormalkan suhu tubuh... tapi bila tidak segera kering atau menguap bisa berakibat fatal nih buat tubuh kita... bisa IN WIND atau Masuk Angin... #bukanmasukpakeko hehehehe... apalagi anak anak... Harus lebih sering ganti baju ya Gaes... dan pastikan bajunya mudah menyerap dan menguapkan kering, jadi selalu kering. Bawalah ganti baju lebih saat perjalanan... jangan khawatir sama cucian yang menumpuk.. sekarang sudah banyak loundry kiloan di tempat tujuan wisata... Ga percaya? cari aja di google dengan kata kunci pencarian "loundry kiloan terdekat" pasti ada deh... 



10. Minum Obat Wajib tepat Waktu dan Jamu Suplemen Anti Masuk Masuk Angin

Sedia payung sebelum hujan... Sedia Obat sebelum sakit... khususnya penyakit yang sering datangnya tiba tiba dan jika memang anda punya riwayat penyakit bawaan yang memang harus membawa obat khusus. Periksalah kondisi kesehatan atau Medical Checkup sebelum liburan. Meminimalkan resiko sakit saat harus bersenang senang.



11. Tetap Berolah raga dan Stretching Ringan di Pagi Hari

Berhubung saat liburan kita akan bergerak dan berjalan lebih banyak dari biasanya maka tubuh kita juga harus dilatih dipersiapkan dan dipanaskan lebih dulu Gaes... Olah raga ringan setelah bangun pagi atau sebelum mandi dengan stretching ringan atau bahkan berenang sedikit sekitar 50 meter saja sudah cukup. Kalo bisa cari hotelnya yang ada kolam renangnya ya GAes... dan kalo bisa kamarnya yang deketan kolam renang biar nggak malas jalan ke kolamnya heheheh...



12. Menggunakan Tetes Mata Sebelum Tidur dan Sesudah Bangun Tidur

Seringnya aktifitas diluar ruangan membuat mata kita lebih sering dan besar resiko terkena debu yang mungkin berbahaya buat kesehata mata kita.. Khan nggak mungkin liburan dengan mata yang tertutup atau merem Gaes... jadi mata juga menjadi bagian yang sangat penting buat dijaga kesehatannya. Teteskan cairan pembersih mata sebelum tidur dan sesudah mandi pagi ya Gaes supaya mata kita sehat cerah bening dan bersinar saat kita harus berselfie.

Nah itu Tip Kesehatan Jasmani Rohani saat liburan Gaes... 
Trus Kalau....
TIPS KESEHATAN DOMPET???? Tunggu Artikel selanjutnya yah... 



GLORYDUO TOUR TRAVEL
WA 081328113366

#tipssehatsaatliburan #tipssehat #tipswisatasehat #jangansakit