Thursday, June 16, 2016

WISATA SEJARAH & BUDAYA di KERATON YOGYAKARTA (NGAYOGYAKARTA HADININGRAT)

Keraton Yogyakarta (Jogja) atau sering disebut dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat terletak di jantung provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY), Indonesia. Karena tempatnya berada di tengah-tengah Jogja, dimana ketika di ambil garis lurus antara Gunung Merapi dan Laut Kidul, maka Keraton menjadi pusat dari keduanya. Keraton atau Kraton Jogja merupakan kerajaan terakhir dari semua kerajaan yang pernah berjaya di tanah jawa. Ketika kerajaan hindu-budha berakhir kemudian di teruskan dengan kerajaan islam pertama di Demak, lalu berdiri kerajaan yang lain seperti Mataram islam yang di dirikan oleh Sultan Agung lalu berjalan dan muncul Keraton Jogja yang didirikan oleh Sultan Hamengku Bowono I. Hingga sekarang, keraton Jogja masih menyimpan kebudayaan yang sangat mengagumkan.


Dalam perkembangannya, Keraton Jogja banyak mengalami masa pasang surut kepemimpinan dan terjadi perpecahan. Yang paling terkenal adalah perjanjian Giyanti pada tahun 1755, dimana kerajaan dibagi menjadi 2 (dua) yaitu wilayah timur yang sekarang menjadi keraton surakarta (solo – petualangan selanjutnya ) dan wilayah barat yang disebut dengan Keraton Jogjakarta. Namun, Keraton Jogja juga banyak menyimpan sejarah yang tak bisa dilupakan begitu saja oleh bangsa Indonesia, termasuk dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Cukup banyak untuk di kaji dan ditulis.

Selain itu, Keraton Jogja sangat kental dengan warisan budaya etnik jawa yang sangat menajubkan yang masih bisa di temukan di sekitar dan dalam keraton sendiri. Ketika Petualang ke Keraton Jogja maka, itulah gambaran sederhana tentang budaya dan keindahan tanah jawa. Semua hampir terwakilkan dalam satu tempat yang menarik dan sangat memukau. Bagaimana tidak, di Keraton masih banyak menyimpan tentang berbagai kesenian, hasil budaya, ragam pakaian adat dan bentuk rumah ala jawa yang indah. Tidak berhenti disitu saja, di Keraton Jogja juga mempertunjukkan bagaimana supelnya orang jawa dalam berkomunikasi dan bersapa dengan semua orang yang datang disana. Sangat eksotis dan menarik.

Untuk menuju Keraton Jogja sangat mudah, karena letaknya persis di pusat kota Jogjakarta. Walaupun begitu, Petualang juga harus cekatan dan bisa menghafal rute yang bisa di lewati untuk menuju Keraton Jogja. Untuk Petualang yang melaju dari Semarang atau Wonosobo (kretek – langsung ke ring road barat) silakan melewati rute :  Ungaran- Ambarawa - Magelang – Jl magelang jogja – Terminal Jombor – Jl Diponegoro (Tugu Jogja belok kanan) – Jl Mangkubumi – Jl Malioboro – Jl Ahmad Yani – Jalan Senopati – Jl Brigjend Katamso – Jl Ibu Roswo – Jl William – Jl Kesatriyan – Keraton Jogja. Untuk yang dari Solo atau Klaten atau Kebumen juga hampir sama hanya berbeda cara rute masuk dalam kota saja. Tidak usah pusing, karena plang jalan di Jogjakarta sangat membantu menemukan Keraton Jogja.

Tiket masuk ke Keraton Jogja sangat terjangkau, hanya menyisihkan uang sekitar Rp. 10.000,- bisa menikmati hampir semua lingkungan istana yang berdiri megah dan indah. Petualang di haruskan untuk tidak memakai topi atau kaca mata bila masuk ke lingkungan keraton, bukan apa-apa hanya untuk menghormati kebudayaan jawa. Jam berkunjung ke Keraton untuk hari Ahad dan hari lainnya di batasi dari jam 07 am – 12 am. Tips : Silakan untuk datang ke Keraton Jogja sekitar jam 9, karena ada pementasan tari khas jawa seperti Serimpi yang dilakukan secara apik dan menajubkan.

Istana Jogja, sebagai representasi dari budaya jawa bisa ditemukan ketika Petualang masuk ke dalam Keraton, seperti pergelaran tari-tari jawa tentang berbagai cerita (babad tanah jawa, epic ramayana) yang dipentaskan oleh penari yang handal dan mampu memukau menarik penonton seperti terbawa suasana sakral yang sangat menghipnotis. Di iringi suara gemelan yang mengalun indah bercampur dengan bait-bait jawa dilantunkan indah oleh pesinden dan warangono Keraton Jogja. Selain tari, juga disajikan pentas wayang orang yang sangat menarik untuk di lihat, wayang orang ini berbeda dengan kebanyakan karena gerakannya hampir mirip dengan gerakan ballet. Pementasan tari jawa tersebut dilakukan di tempat terbuka mirip dengan pendopo Keraton, jadi petualang bebas leluasa menyaksikan dari berbagai sudut. Kesempurnaan dari sebuah budaya jawa, tarian yang indah layak untuk dilihat.

Melihat sudut Keraton yang lain seperti Kedhaton, dimana kedhaton ini merupakan tempat bertemunya Raja dengan semua pemangku Keraton. Dengan suasana bangunan joglo yang indah dengan beberapa ornamen ala jawa arab yang menghiasi di setiap tembok dan pilar, juga berbagai macam tanaman rindang menambah suasana sakral jawa lebih sejuk dan menarik. Pilar-pilar yang berjajar sedemikian rupa menambah gagah dan kuatnya Keraton Jogja waktu itu. Beberapa bangunan taman juga menghiasi setiap sudut komplek Kedhaton Keraton Jogja. Ada yang menarik dikomplek Kedhaton tersebut, ketika Petualang masuk pintu area Karaton maka akan selalu bertemu dengan para penjaga (pekerja khusus) Keraton atau yang biasa di sebut dengan Abdi Dalem.Abdi Dalem tersebut tidak boleh atau dilarang untuk mungkur (ina : membelakangi Kedhaton). Jadi sang Abdi Dalem akan selalu menghadap ke arah Kedhaton, bukan membelakangi kedhaton. Ketika Penulis tanya alasanya, maka dengan bahasa jawa khas dan menarik secara ringkas sang Abdi dalem mengatakan bahwa Kedhaton merupakan simbol Raja, disana tempat Raja duduk dan begitulah salah satu cara untuk menghormati kepada Raja. Menarik sekali bukan?

Didalam Keraton juga disajikan berbagai budaya jawa yang indah seperti batik yang merupakan warisan budaya jawa yang sudah diakui secara internasional. Beberapa lukisan, keris, foto raja-raja jawa, silsilah raja jawa, dan berbagai hasil budaya jawa. Ketika masuk di rumah batik, disana dilarang untuk memotret. Karena semua motif batik disana merupakan ciri Keraton Jogja yang merupakan simbol dari istana jawa yang hanya boleh dicetak dan dipakai di lingkungan istana saja. Beragam motif batik istana sangat menarik memang, desain yang khas dan berbeda dengan kebanyakan batik.

Beberapa alat gamelan juga ditampilkan di Istana Jogja, gamelan berasal dari kata gamel yang berarti memukul. Gamelan sendiri merupakan alat musik khas jawa dimana permainan musik ini dilakukan dengan mengunakan alat seperti kenong, kempul, kendhang, gong, suling, kecapi dan lain sebagainya. Gamelan sendiri dimainkan bersama penyanyi yang disebut dengan Sinden (perempuan) atau Warangono (lelaki) seperti yang di pentaskan ketika masuk ke komplek Istana Jogja dimuka. Ketika memasuki ruang lukisan, banyak dijumpai lukisan bersejarah seperti raja-raja jogja, istri dan anak-anak raja jogja, lukisan tentang kemerdekaan, dan berbagai macam pengambaran tentang keraton. Jika Petualang masuk ke area lukisan jangan lupa untuk masuk ke lukisan yang sakral dan penuh misteri, begitu kata abdi dalem. Lukisan tersebut hanya ada beberapa saja, di tempatkan tersendiri.

Misterinya adalah ketika petualang melihat lukisan raja jawa tersebut, maka lihat sepatu slop yang dipakai sang raja, ketika Petualang berada di sebelah kiri lukisan maka sepatu tersebut akan mengarah ke arah petualang. Nah, cobalah untuk berjalan ke sebelah kanan sambil melihat arah sepatu Raja tersebut, ajaib memang, sepatu itu seolah-olah mengikuti kemana Petualang melangkah. Dari sudut manapun melihat, sepatu tersebut selalu mengarah kemanapun ke arah orang yang melihat.

Keraton Jogja sendiri sangat sejuk dan nyaman, jadi Petualang ndak usah takut apabila lelah dan capek. Karena rindangnya pepohonan dan kursi gazebo tersedia disana untuk duduk-duduk dan bersantai sejenak ketika habis berjalan disekitar Istana. Keraton Jogja, budaya dan keindahan jawa ada disana. Jadi, 

jadwalkan kesana apabila Petualang berada di Jogjakarta.

GLORYDUO TOUR
081328113366

acara agrowisata salib putih akpram uin alamat alamat jogjabay alamat telephone jasa wisata city tour yogyakarta alamat telpon wisata rohani aman ambarawa angker arsitektur gereja arsitektur jawa asli asrama van lith atmajaya awal umat katholik ayam babi bandara bandara adisucipto bangunan kraton bantul bapa suci batik bayat belanja berdoa berdoa di gua maria tritis bersih biarawan biaya biaya paket wisata religi biaya wisata rohani bis wisata boyolali bukit bulan maria bulan maria di gua maria pereng bulan rosario bunda bunda maria cafe cara booking paket wisata cara pemesanan paket wisata rohani city tour citytour jogja daftar gereja di yogyakarta daftar gereja katholik jogja dekat dekat ambarukmo Plaza dekat amplaz dekat kampus devosi doa doa berkelompok doa devosi doa gua maria doa meditasi doa permintaan doa permohonan donomulyo event di jogjabay fanatisme sesaat free gamelan ganjuran gereja Gereja Paroki Girisonta gereja tertua di yogyakarta gereja unik peninggalan belanda di yogyakarta goa goa maria klaten goa maria pereng salatiga goa maria sriningsih golgota googlemap gratis griya hening grup gua gua lawangsih gua maria gua maria di kediri jawa timur gua maria di semarang gua maria di solo gua maria di surakarta gua maria fatima gua maria indonesia gua maria kaliori gua maria katholik gua maria kendal gua maria kereb gua maria kerep ambarawa gua maria lawangsih gua maria lawangsing gua maria lourdes pohsarang gua maria marganingsih gua maria mojosongo solo gua maria pereng gua maria pohsarang gua maria ratu besokor gua maria ratu kenyo gua maria salatiga gua maria sendang purwaningsih gua maria talangsih gua maria tritis gua maria weleri gua maria yogyakarta gua sendang maria lawangsih gua sendang purwaningsih purworejo malang guesthouse gunung gondel gunung kidul gunungkidul hadiningrat harga harga dan biaya harga paket tour rohani harga tiket jogja bay hati hostel hostel dekat ambarukmo plaza hostel dekat stadion sleman hostel dekat waterboom jogjabay hotel hotel baru murah yogyakarta jogjakarta hotel dekat keraton jogja hotel di jogjakarta yogyakarta hotel wisata IAIN ibadat iman indonesia jalan jalan menuju gua maria pereng jalan salib jalan salib di gua maria jalur jasa city tour jogjakarta jatiningsih jawa jawa tengah jawa timur jawa timur indonesia jlegong jogja jogja expo centre jogjabay jogjakarta kabupaten kendal kaki lima kaliori kamar kampus katholik kediri keindahan gua maria tritis kelayu kelompok kelompok wisata keluarga rohani kemah camping salib putih kematian kepercayaan kerajaan allah kerajinan keraton keraton yogyakarta keuskupan Khalwat kisah klaten klepu kompleks kompleks perguruan pendidikan van lith kompleks salib putih salatiga komunal komunitas kopeng magelang kopi kraton ngayogyokarto kristen kroncong kudus kulonprogo Latihan Rohani lesehan letak lokasi lokasi gua maria mawar lokasi gua maria solo lokasi gua maria talangsih semarang lokasi jogjabay losmen makam Girisonta makam romo sanjoyo muntilan makan malam jumat pertama malang malioboro mall maria maria dan yesus martir pertama indonesia meditasi membangun gereja mendaftar sekolah kuliah menghitung menyenangkan misa mojosongo motel muntilan musisi negri nomor Novisiat Santo Stanislaus Girisonta nuansa jawa nyaman pack paket paket komunitas paket wisata rohani pantai pariwisata jogja paroki paroki santa maria patung bunda maria patung bunda maria terbesar di dunia patung yesus patung yesus raja paus pedagang pemandangan salib putih pemandu jalan salib pemandu wisata pembabtisan tur pemesanan penginapan penginapan dekat penitensi pereng slatiga perjalanan perjalanan wisata rohani semarang pertapaan pertobatan peta pondok retret posisi prambanan prasasti proklamasi promasan puhsarang purbowardayan purwokerto purworejo pusat budaya pusat jogja Pusat Spiritualitas Girisonta Puspita rahib rakyat rate rate wisata ratu kenyo ratu perdamaian rawaseneng rekor patung maria terbesar rekreasi Retret rohani rombongan Romo rumah retret rute salatiga salib salib putih sandal jepit sapi sejarah kaliori sejarah sendangsono semarang sendang sendang klayu sendang lawangsih sendang purwaningsih sendang ratu kenyo sendang sriningsih sendangsono sengsara seni jawa seniman sewa kamar siwir SJ SJ Sarikat Yesus Girisonta sleman sma van lith solo souvenir sttnas sunankalijaga surakarta surga belanja swasta tebu teh telepon temanggung tempat ziarah tengah ternak tertua tiruan gua maria lourdes di indonesia toko trappist tujuan wisata rohani UIN umat umat katholik universitas upn vanlith warung waterboom waterboom jogjabay waterpark waterpark jogjabay watulumbung wisata wisata rohani wisata anak yogyakarta wisata belanja wisata budaya wisata goa maria klaten sendang sriningsih wisata gua maria kerep ambarawa jawa tengah wisata ke rawaseneng wisata kelompok wisata keluarga religi wisata religi wisata religi kelompok wisata religi semarang wisata rohani boyolali wisata rohani di solo wisata rohani gua maria lourdes puhsarang wisata rohani katholik wisata rohani kendal wisata rohani salib putih salatiga wisata sejarah wisata yogyakarta wonogiri wonosari yesus yogya yogyakarta ziarah ziarah iman ziarah makam romo sanjoyo ziarah religi ziarah rohani ziarek