Monday, August 31, 2015

Gua Maria Kaliori - Purwokerto

Pembangunan Gua Maria Kaliori dimulai pada tanggal 15 Agustus 1989 dengan ditandai Peletakan Batu Pertama oleh Uskup Purwokerto Mgr. P. S. Hardjasoemarta MSC. Suatu peristiwa bersejarah bagi Gua Maria Kaliori dimulai pada tanggal 10 Oktober 1989, dimana di dalam Misa Agung di Yogyakarta, Bapa Suci Yohanes Paulus II berkenan memberkati Patung Bunda Maria dan menandatangani Prasasti Gua Maria Kaliori, selanjutnya pada tanggal 8 Desember 1989 Gua Maria Kaliori diberkati dan diresmikan penggunaannya.


Semenjak itu pembangunan tempat ziarah umat Katolik tersebut berlanjut terus. Berbagai fasilitas, seperti : Kapel Ratu Surga, Jalan Salib, Taman Rosario Hidup, Pendopo bagi para peziarah, dan yang terakhir dibangun adalah Rumah Retret Maria Immaculata, dengan kapasitas 150 orang sekarang sudah tersedia bagi peziarah sehingga Gua Maria Kaliori menjadi salah satu tempat ziarah yang terlengkap di Indonesia.

Dalam rangka pengembangan lokasi tempat ziarah ini, maka Keuskupan Purwokerto menyerahkan pengelolaan Gua Maria Kaliori kepada Konggregasi Oblat Maria Immaculata (OMI) yang memiliki kharisma di dalam pengelolaan Gua Maria di berbagai negara di dunia.

Gua Maria Kaliori – Tempat Ziarah Bagi Umat Katolik Terlengkap Di Indonesia, Banyumas – Jawa Tengah, Gua Maria Kaliori. Gua ini merupakan tempat untuk berziarah bagi umat Katolik yang banyak diserbu jamaat pada waktu-waktu tertentu. Tempat ini berada di Desa Kaliori Kecamatan Kalibagor Kabupaten, Jawa Tengah. Lokasinya berada sekitar 20 km dari kota Purwokerto dan masuk ke dalam keuskupan Purwokerto. Kalau kita menilik sejarah, sebenarnya pembangunan dari Gua Maria Kaliori ini dimulai sejak 15 Agustus tahun 1989 yang ditandai dengan adanya peletakan batu pertama oleh Uskup Purwokerto Mgr. P. S Hardjasoemarta MSc.

Selanjutnya, pada tanggal 10 Oktober 1989, terjadilah peristiwa bersejarah dimana dalam acara Misa Agung di Yogyakarta, Bapa Suci Yohanes Paulus II mau memberkati Patung Bunda Maria. Ini menandakan dimulainya prasasti dari Gua Maria Kaliori yang kemudian dilanjutkan pada tanggal 8 Desember 1989, untuk bisa diresmikan bagi masyarakat luas.

Sejak saat itu, proses pembangunan tempat ziarah untuk umat Katolik yang ada di wilayah Banyumas ini pun terus dikembangkan sehingga dapat memberi kenyamanan bagi para pengunjung yang datang kesana. Fasilitas itu berupa Jalan Salib, Kapel Ratu Surga, pendopo yang disediakan untuk peziarah, Taman Rosario, dan juga Rumah Retret Maria Immaculata yang dapat menampung 150 orang.

Bisa dikatakan kalau Gua Maria Kaliori yang ada di Banyumas ini sebagai satu tempat ziarah paling lengkap di Indonesia. Dan untuk lebih memberikan kebebasan dan ke-profesionalan dalam hal pengelolaan, Keuskupan Purwokerto kemudian menyerahkan Gua Maria Kaliori pada Konggragasi OMI atau Konggregasi Oblat Maria Immaculata.

Gua Maria Kaliori ini sebenarnya dibangun diatas sebuah bukit kecil. Dulunya, tempat itu begitu tandus, gersang dan kering sehingga sungkan untuk berkunjung kesana. Tapi kini, tempat tersebut telah disulap menjadi bukit yang hijau sehingga bisa menyegarkan mata para jamaat yang berkunjung kesana. Pemandangan alam yang ditawarkan di kawasan gua pun sangat menakjubkan dan tentu saja dapat membuat para pengunjung merasa betah. Luas kawasan dari Gua Maria Kaliori ini sekitar 5,6 hektar yang tentu saja dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas untuk berdoa.

Kalau anda tertarik untuk berkunjung ke Gua Maria Kaliori, ada beberapa jalur yang dapat anda lalui. Pertama dari arah Purwokerto. Kalau anda berkendara dari arah kota Purwokerto, anda akan melewati Sokaraja. Dari sana, anda dapat berbelok ke arah kanan untuk dapat sampai ke Kaliori. Setelah itu, anda dapat berbelok ke kiri dengan melewati daerah perbukitan agar anda dapat tiba di Gua Maria Kaliori. Sedangkan bagi anda yang datang dari arah Yogyakarta, anda harus melewati Kebumen dan Buntu.

Dari Buntu, anda dapat berbelok ke arah kanan menuju ke kota Banyumas. Sebelum tiba di Sokaraja, anda akan sampai ke Kaliori. Selanjutnya, anda ikuti saja petunjuk jalan untuk bisa sampai ke Gua Maria Kaliori. Papan penunjuk jalannya cukup banyak. Jadi, anda tidak usah takut tersesat. Selain itu, anda jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk lokal yang anda temui di jalan. Mereka pasti akan bersedia menunjukan arah menuju ke Gua Maria Kaliori.

Setelah sampai, anda dapat memarkirkan kendaraan anda. Disana, anda dapat beristirahat sejenak di sebuah pendopo dengan ukuran cukup besar. Jadi, anda bisa ‘ngadem’ setelah melakukan perjalanan menuju ke tempat ziarah ini. Setelah selesai beristirahat, anda dapat berkeliling sebentar sebelum masuk ke dalam gua. Disebelah kanan pendopo, anda akan mendapati area pemakaman. Disana, batu nisan yang dibuat cukup besar.

Bentuknya pun bermacam-macam, seperti setengah lingkaran, atap yang mirip gereja, dan masih banyak lagi lainnya. Bentuk yang dipasang disana cukup unik dan menarik karena ada patung-patung malaikat untuk memperindah pemakaman. Ada lagi hal unik yang dapat anda temui dalam nisan-nisan tersebut. misalnya, tidak hanya nama orang meninggal yang tertulis disana, tetapi juga nama keluarga dan juga kalimat-kalimat yang dinukil dari al-kitab.

Setelah puas menyaksikan area pemakaman, anda dapat berkeliling lagi. Tepat di ujung anak tangga, berdiri patung Bunda Maria dengan nuansa warna putih yang tengah merentangkan kedua tangan. Menurut sebagain orang, ini merupakan simbol bahwa Bunda Maria akan menerima roh orang yang telah meninggal. Selain itu, pada pintu gerbang terdapat juga patung Yesus yang tengah merentangkan kedua tangan yang mengisyaratkan kalau Yesus akan menerima siapapun orang yang datang kepada-Nya.

Setelah mengitari semua kawasan disana, anda dapat mendaki untuk dapat sampai ke Gua Maria. Disana, anda akan mendapati tempat yang sengaja dibangun untuk menjual cinderamata atau barang-barang rohani yang bermanfaat bagi para pengunjung. Terdapat pula patung Pieta dengan ukuran yang lumayan besar.

Patung Pieta itu sendiri menceritakan kepada kita tentang derita Bunda Maria ketika menerima Putranya Yesus Kristus saat meninggal dan diturunkan dari kayu salib. Ia pun kemudian memangkunya. Dan yang lebih membuat patung Pieta ini memiliki nilai sejarah adalah karena patung ini telah diberkati oleh Mgr Leopoldo Gireli, yaitu seorang Dubes Vatikan di Indonesia pada 21 September 2008.

Di areal Gua Maria Kaliori ini juga dibangun Gereja bernama Gereja Ratu Surga Kaliori untuk melayani misa kudus hari Minggu pada jam 09.00 WIB. Dalam gereja sendiri memiliki nuansa berwarna putih dan terlihat begitu sederhana. Disana hanya ada beberapa baris untuk para jamaat, tempat duduk yang terbuat dari kayu untuk misdinar dan pastor, altar, dan juga pernak-pernik lain yang terlihat begitu sederhana. Sedangkan di luar gereja terdapat halaman cukup luas yang dipenuhi oleh pohon-pohon besar untuk memberikan rasa sejuk dan nyaman bagi para pengunjung serta dinding batu yang unik.

Nah, kalau anda tertarik untuk berziarah ke Gua Maria Kaliori, datang saja ke Banyumas. Tempatnya begitu asri dan rindang sehingga dapat menyejukan hati dan pikiran saat anda datang kesana. Selamat berkunjung.

GLORYDUO TOUR 081328113366

agrowisata salib putih alamat alamat telephone jasa wisata city tour yogyakarta alamat telpon wisata rohani aman ambarawa angker arsitektur gereja arsitektur jawa asrama van lith awal umat katholik ayam babi bandara bandara adisucipto bantul bapa suci bayat belanja berdoa berdoa di gua maria tritis bersih biarawan biaya biaya paket wisata religi biaya wisata rohani bis wisata boyolali bukit bulan maria bulan maria di gua maria pereng bulan rosario bunda bunda maria cafe cara booking paket wisata cara pemesanan paket wisata rohani city tour citytour jogja daftar gereja di yogyakarta daftar gereja katholik jogja dekat dekat ambarukmo Plaza dekat amplaz devosi doa doa berkelompok doa devosi doa gua maria doa meditasi doa permintaan doa permohonan donomulyo fanatisme sesaat free gamelan ganjuran gereja Gereja Paroki Girisonta gereja tertua di yogyakarta gereja unik peninggalan belanda di yogyakarta goa goa maria klaten goa maria pereng salatiga goa maria sriningsih golgota googlemap gratis griya hening grup gua gua lawangsih gua maria gua maria di kediri jawa timur gua maria di semarang gua maria di solo gua maria di surakarta gua maria fatima gua maria indonesia gua maria kaliori gua maria katholik gua maria kendal gua maria kereb gua maria kerep ambarawa gua maria lawangsih gua maria lawangsing gua maria lourdes pohsarang gua maria marganingsih gua maria mojosongo solo gua maria pereng gua maria pohsarang gua maria ratu besokor gua maria ratu kenyo gua maria salatiga gua maria sendang purwaningsih gua maria talangsih gua maria tritis gua maria weleri gua maria yogyakarta gua sendang maria lawangsih gua sendang purwaningsih purworejo malang guesthouse gunung gondel gunung kidul gunungkidul harga harga dan biaya harga paket tour rohani hati hostel hostel dekat ambarukmo plaza hostel dekat stadion sleman hotel hotel baru murah yogyakarta jogjakarta hotel di jogjakarta yogyakarta hotel wisata IAIN ibadat iman indonesia jalan jalan menuju gua maria pereng jalan salib jalan salib di gua maria jalur jasa city tour jogjakarta jatiningsih jawa jawa tengah jawa timur jawa timur indonesia jlegong jogja jogja expo centre jogjakarta kabupaten kendal kaliori kamar kampus katholik kediri keindahan gua maria tritis kelayu kelompok kelompok wisata keluarga rohani kemah camping salib putih kematian kepercayaan kerajaan allah keuskupan Khalwat kisah klaten klepu kompleks kompleks perguruan pendidikan van lith kompleks salib putih salatiga komunal komunitas kopeng magelang kopi kristen kroncong kudus kulonprogo Latihan Rohani letak lokasi gua maria mawar lokasi gua maria solo lokasi gua maria talangsih semarang losmen makam Girisonta makam romo sanjoyo muntilan malam jumat pertama malang maria maria dan yesus martir pertama indonesia meditasi membangun gereja menghitung menyenangkan misa mojosongo motel muntilan nomor Novisiat Santo Stanislaus Girisonta nuansa jawa nyaman pack paket paket komunitas paket wisata rohani pantai paroki paroki santa maria patung bunda maria patung bunda maria terbesar di dunia patung yesus patung yesus raja paus pemandangan salib putih pemandu jalan salib pemandu wisata pembabtisan tur pemesanan penginapan penginapan dekat penitensi pereng slatiga perjalanan perjalanan wisata rohani semarang pertapaan pertobatan peta pondok retret posisi prambanan prasasti promasan puhsarang purbowardayan purwokerto purworejo Pusat Spiritualitas Girisonta Puspita rahib rate rate wisata ratu kenyo ratu perdamaian rawaseneng rekor patung maria terbesar rekreasi Retret rohani rombongan Romo rumah retret rute salatiga salib salib putih sandal jepit sapi sejarah kaliori sejarah sendangsono semarang sendang sendang klayu sendang lawangsih sendang purwaningsih sendang ratu kenyo sendang sriningsih sendangsono sengsara seni jawa sewa kamar siwir SJ SJ Sarikat Yesus Girisonta sleman sma van lith solo souvenir surakarta tebu teh telepon temanggung tempat ziarah tengah ternak tertua tiruan gua maria lourdes di indonesia trappist tujuan wisata rohani UIN umat umat katholik vanlith watulumbung wisata wisata rohani wisata goa maria klaten sendang sriningsih wisata gua maria kerep ambarawa jawa tengah wisata ke rawaseneng wisata kelompok wisata keluarga religi wisata religi wisata religi kelompok wisata religi semarang wisata rohani boyolali wisata rohani di solo wisata rohani gua maria lourdes puhsarang wisata rohani katholik wisata rohani kendal wisata rohani salib putih salatiga wisata yogyakarta wonogiri wonosari yesus yogya yogyakarta ziarah ziarah iman ziarah makam romo sanjoyo ziarah religi ziarah rohani ziarek