Keindahan Curug Luweng Sampang yang Tak Tergantikan

 

Keindahan Curug Luweng Sampang yang Tak Tergantikan

Wisata alam di Jogjakarta sangatlah beragam. Jika Anda senang berkunjung ke tempat-tempat yang asri seperti air terjun, pantai, pegunungan maka bisa memilih kota Jogjakarta. Di sana terdapat objek wisata menarik yang akan memukau mata salah satunya adalah Curug Luweng Sampang.

Objek wisata ini termasuk sebagai wisata yang sangat indah di Yogyakarta. Lokasinya berada di kabupaten Gunungkidul. Tempat ini cocok sekali dikunjungi oleh siapa saja terutama yang ingin memanjakan mata dan merefresh pikiran.



Keunikan Curug Luweng Sampang

Curug atau air terjun memang memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Curug Luweng Sampang Jogja memiliki keunikan yang membuat wisatawan merasa kagum ketika berkunjung ke sana.

Kabupaten Gunungkidul memiliki ciri khas permukaan tanah berbatu. Di sana banyak air terjun dengan batuan cadas warna putih dengan air berwarna biru. Ketika Anda berkunjung ke air terjun luang Sampang, nantinya akan melihat air terjun yang mengalir di atas bebatuan putih.

Air terjun yang mengalir akan menuju ke sebuah lubang yang bentuknya seperti luweng. Luweng merupakan alat memasak tradisional yang masih digunakan oleh masyarakat Jogja hingga sekarang. Hal ini juga yang mendasari air terjun memiliki nama luweng Sampang. Luweng dalam bahasa memiliki arti lubang. Sedangkan Sampang merupakan kata yang berarti air terjun.

Air terjun luweng Sampang memiliki ketinggian hanya sekitar 5 m saja. Meskipun demikian, ketika debit air sedang tinggi, air terjun tersebut terlihat begitu indah. Saat musim kemarau, air yang mengalir berwarna putih kehijauan. Sedangkan saat musim hujan biasanya air berwarna coklat karena tercampur dengan tanah.

Debit air yang mengalir di air terjun ini juga tergantung dari musim. Di sekitar air terjun terdapat kolam kecil. Di musim kemarau, di kolam tersebut terdapat genangan air berwarna tosca yang membuat tempat ini begitu indah.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menemukan ketenangan. Di sana, setiap pengunjung bisa menyusuri air sungai di sekitar dan bermain air di sekitar air terjun. Di dekat Curug Luweng Sampang juga terdapat air terjun lain yang lokasinya tidak terlalu jauh.



Kegiatan Seru di Curug Luweng Sampang

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan ketika berkunjung di wisata Curug Luweng Sampang. Beberapa kegiatan seru yang menarik dilakukan adalah:

Bersantai

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menikmati suasana alam di sekitar Curug. Tempat ini memiliki pesona yang luar biasa yaitu berupa pemandangan air terjun yang indah yang dikelilingi pepohonan hijau. Udara di sekitar Curug juga masih sangat asri. Siapapun akan merasa betah bersantai di dekat air terjun ini.

Berfoto

Kegiatan selanjutnya adalah berfoto di dekat air terjun. Anda akan merasa puas dengan hasil foto di objek wisata ini. Bukan hanya untuk kebutuhan sosmed saja akan tetapi banyak juga yang sengaja hunting foto prewedding di Curug Luweng Sampang.

Mandi dan Bermain Air

Banyak dari wisatawan yang juga senang untuk mandi dan bermain air di kolam dekat air terjun. Saat musim kemarau, air kolam sangatlah tenang dengan air begitu jernih menyegarkan.



Lokasi

Air terjun ini lokasinya berada di Desa Sampang,  Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari pantai Paros Gunung kidul. Untuk menikmati keindahan pantai ini, Anda bisa langsung menuju ke kabupaten Gunungkidul. Harga tiket masuk ke tempat ini hanyalah membayar biaya parkir saja.

Jika Anda ke sana menggunakan sepeda motor, biaya parkir yang harus dibayar adalah Rp2.000. sedangkan jika Anda datang menggunakan mobil, tarif parkirnya adalah Rp5.000.

Fasilitas

Curug Luweng Sampang ini masih sangat asri sehingga fasilitas yang tersedia juga belum lengkap. Setiap wisatawan dihimbau untuk membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri. Di sana masih jarang ada orang yang menjual makanan dan minuman jadi penting sekali untuk mempersiapkan segala sesuatu ketika ingin berlibur di air terjun.

TRANSAKSI PAKET WISATA AMAN

TRANSAKSI PAKET WISATA AMAN
via TOKOPEDIA kami