Liburan Asyik di Wisata Gunung Gentong Gunung Kidul Jogja Yogyakarta



Kabupaten Gunung kidul menjadi salah satu kabupaten di Jogja yang tidak pernah berhenti berinovasi dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di sana. Saat ini semakin banyak ditemukan lokasi wisata baru yang menarik dan juga cukup populer dikalangan masyarakat. Salah satu yang merupakan objek wisata baru di kabupaten Gunung Kidul ini adalah wisata Gunung Gentong.

Objek wisata ini memang masih terbilang baru. Meskipun demikian, sudah ada banyak pengunjung yang datang ke lokasi wisata Gunung Gentong ini. Lokasi dari Gunung Gentong berada di dusun Manggung, desa Ngalang, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunungkidul. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat ini apalagi saat ini sudah ada yang namanya google maps yang akan membantu untuk memudahkan perjalanan menuju kesana.

Gunung Gentong merupakan tempat yang sangat menarik karena menawarkan keindahan pemandangan alam yang eksotis. Awalnya gunung ini bukan merupakan lokasi wisata dan bahkan seringkali digunakan sebagai tempat untuk bertapa dan juga mencari pesugihan. Namun seiring berjalannya waktu, kini Gunung Gentong telah disulap menjadi lokasi wisata yang ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai wilayah.

Untuk menuju ke lokasi wisata Gunung Gentong ini, anda harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Nantinya rute atau jalan yang harus dilalui adalah jalanan yang masih kurang bagus sehingga anda harus berhati-hati ketika melalui jalan menuju ke objek wisata yang satu ini. Meskipun jalanannya kurang bagus, pemandangan di sepanjang jalan terbilang mneyenangkan karena Gunung Kidul memiliki jenis tanah yang sedikit tandus sehingga akan memberikan suasana pemandangan yang berbeda.


Sesampainya di lokasi parkir, anda nantinya harus melakukan perjalanan kaki menuju ke puncak Gunung Gentong. Perjalanan ini cukup melelahkan karena ada anak tangga yang cukup tinggi menanti anda. Sesampainya diatas gunung, anda akan merasa takjub dengan pemandangan alam yang ditawarkan. Dari atas gunung, anda bisa melihat jajaran bebatuan yang cantik sehingga terlihat seperti gunung batu.

Dari atas ketinggian  Gunung Gentong,anda juga bisa melihat pemandangan ahmparan sawah milik warga yang terlihat begitu luas. Di sekitar gunung ini biasanya banyak ditemukan beberapa sesaji. Mungkin saja sesaji tersebut digunakan untuk acara adat warga setempat atau memang dilakukan oleh orang-orang yang masih melakukan kegiatan mistis seperti bertapa dan melakukan pesugihan.
Kegiatan seru lain yang bisa dilakukan di atas Gunung Gentong selain menikmati pemandangan alam yang indah adalah melakukan foto atau selfi. Di atas bukit yang hijau nan sejuk ini anda bisa mendapatkan hasil foto dengan background pemandangan alam yang luar biasa. Selanjutnya anda bisa bersantai menikmati indahnya alam sambil melepas lelah.

Ketika anda berkunjung Gunung Gentong sebaiknya jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan dan minuman karena di lokasi wisata ini akan sangat sulit ditemukan pedagang makanan. Dengan membawa bekal makanan dan minuman anda tidak akan merasa kebingunan ketika merasa haus atau lapar saat berada diatas Gunung.

Untuk bisa menikmati keindahan alam di Gunung Gentong ini, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Bahkan tiket parkir disini juga gratis. Jadi anda bisa menghemat banyak pengeluaran ketika berlibur ke Gunung Gentong ini. Meskipun gratis, anda harus mengikuti aturan yang ada. Jangan sampai melakukan perbuatan tidak baik di tempat ini. Hindari berkata kotor, berperilaku asusila dan juga membuang sampah sembarang.

Bagi yang ingin menikmati pemandangan Gunung Gentong dengan lebih lama, di sini juga bisa dilakukan kegiatan camping. Anda bisa meminta izin kepada pengelola apabila memang berencana camping. Namun memang tempat ini tidak banyak dipilih sebagai lokasi camping karena disana aura mistisnya masih sangat terasa.

Tips bagi anda yang ingin datang ke Gunung Gentong akan kita bagikan agar libruan terasa lebih menyenangkan. Tips yang pertama adalah anda harus gunakan kendaraan yang dalam kondisi baik dan rem juga harus benar-benar terawatt. Selain itu jangan lupa gunakan pakaian yang sopan dan jangan gunakan sepatu hak tinggi. Pastikan anda membawa kantung plastic untuk membawa sampah yang anda hasilkan baik dari bungkus makanan, tissue atau lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membawa kamera. Dimanapun kita berlibur, menjega kebersihan dan kelestarian lingkungan adalah kewajiban. Mungkin itu saja yang dapat disampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Selamat berlibur.

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366